Relair Cinema FIB Unand Sukses Helat Film Week

12 April 2017
Dekan FIB Unand Prof. Dr.phil. Gusti Asnan sedang membuka acara helat film week

FIB—Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Relair kembali menggelar Layar Terkembang dengan tajuk Film Week. Selama satu minggu, dari 22 Maret hingga 30 Maret 2017, kegiatan ini berlangsung dengan melibatkan penggiat film tingkat unit kegiatan mahasiswa dan komunitas film. Film week ini diadakan dalam rangka memperingati hari film nasional yang jatuh pada tanggal 30 Maret 2017 lalu.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. phil. Gusti Asnan memberikan sambutan positif terkait kegiatan ini. Hal ini ditunjukkan dengan kehadiran Dekan FIB pada pemutaran film yang berjudul “Sebuah Nasib Manusia” yang diputarkan pada hari pertama Film Week.

“Saya apresiasi sekali kegiatan seperti ini. Pemutaran film salah satunya film dokumenter, mengungkapkan realita masyarakat secara jernih,” tutur Prof. Dr. Phil. Gusti Asnan usai menonton film.

Dalam Film Week, Relair memutarkan sebanyak 25 film dari berbagai rumah produksi. “Kami memutarkan 25 film dari dua puluh rumah produksi dan 21 sutradara lintas generasi,” ungkap Mahareta Iqbal Jamal, Direktur Utama Relair Cinema.

Kedua puluh lima film tersebur ditayangkan dalam layar terkembang di berbagai tempat di Kota Padang. Hal tersebut menjadi bentuk kegiatan road show Relair Cinema ke beberapa kampus di Kota Padang, cafe, dan Taman Budaya.

“Dalam Film Week ini, kita melakukan road show ke beberapa kampus, di antaranya Universitas Bung Hatta, Universitas Dharma Andalas, Universitas Negeri Padang, STKIP PGRI Padang, Cafe Rimbun, dan Taman Budaya,” ungkap Mahareta Iqbal Jamal, mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia FIB Unand.

Beny Sumarna, alumni FIB Unand yang juga merupakan penggiat dunia perfilman memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Relair Cinema ini. “Pemutaran nonkomersil merupakan hal yang baru di Kota Padang. Kegiatan seperti ini perlu didukung untuk terus menyebarluaskan film-film indi kepada masyarakat,” jelasnya.

 

Reporter: Sonia, Editor: Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

Read 295 times