Prof. Herwandi, Peroleh Suara Terbanyak dalam Pemilihan Calon Dekan FIB Unand Periode 2017-2021

17 April 2017

6 Balon Dekan periode 2017-2021 sedang memaparkan Visi, Misi dan Program Kerja (VMPK)FIB—Prof. Dr. Herwandi, M.Hum., bakal calon dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas mendapatkan suara terbanyak dalam rapat forum dosen/pemilihan tingkat dosen untuk pemilihan calon dekan periode 2017—2021, pada Senin, 17 April 2017. Sebanyak 28 suara diperoleh bakal calon nomor 4 tersebut dari 79 dosen aktif FIB Unand yang memberikan hak suara di Ruang Seminar Fakultas.

Selanjutnya, secara berturut-turut suara terbanyak yang diperoleh masing-masing bakal calon dekan lainnya ialah Dr. Rina Marnita, M.A. sebanyak 15 suara, Dr. Hasanuddin, M.Si. sebanyak 12 suara, Prof. Dr. Oktavianus, M.Hum. sebanyak 10 suara, Dr. Gusdi Sastra, M.Hum. sebanyak 4 suara, dan Dr. Maizufri, M.S. sebanyak 2 suara. Sementara itu, sebanyak 8 suara dinyatakan batal karena pemilih menyilang surat suara dan memilih lebih dari satu balon dekan.

Ketua Panitia Pemilihan Dekan FIB Unand periode 2017—2021, Dr. Syafril, M.Hum., menyampaikan terima kasih kepada seluruh dosen FIB Unand karena telah menggunakan hak suara dalam penjaringan bakal calon dekan menjadi calon dekan FIB Unand Periode 2017—2021. Selanjutnya, pada 26 April 2016, ketiga calon dekan tersebut akan dipilih oleh anggota senat menjadi Dekan FIB Unand periode 2017—2021.

Terkait balon dekan FIB Unand, Dr. Syafril, M.Hum. mengungkapkan bahwa panitia telah mengundang dan mendaulat sejumlah dosen yang dianggap memenuhi persyaratan umum. “Sebanyak 15 orang dosen dinyatakan memenuhi syarat, lalu panitia menghubungi secara langsung dan memberikan berkas pendaftaran kepada bakal calon dekan tersebut,” ungkap Dr. Syafril, M.Hum.

“Alhamdulillah, pada hari terakhir pendaftaran, sebanyak enam bakal calon dekan mendaftar kepada panitia,” ujar Dr. Syafril, M.Hum.

Dengan jumlah enam orang bakal calon dekan tersebutlah, panitia melakukan dua tahap pemilihan dekan, yaitu melalui rapat forum dosen (RFD) yang diselenggarakan hari ini, 17 April 2017 dan rapat senat pemilihan calon dekan terpilih pada 26 April 2017.

Dr. Syafril, M.Hum. mengungkapkan bahwa jumlah enam orang bakal calon dekan tersebut telah menunjukkan bahwa dosen FIB Unand memiliki kepedulian untuk keberlangsungan FIB pada masa yang akan datang agar fakultas menjadi lebih baik.

Dekan FIB Unand, Prof. phil. Gusti Asnan, juga mengungkapkan bahwa pemilihan calon dekan FIB tahun ini merupakan pemilihan dengan jumlah balon dekan terbanyak sepanjang sejarah FIB Unand. “Dalam pemilihan ini, keenam calon memiliki talenta. Masing-masing juga mempunyai sesuatu untuk FIB.”

Lebih lanjut, Prof. phil. Gusti Asnan menyatakan bahwa terpilihnya tiga calon dekan FIB periode 2017—2021 menunjukkan bahwa dosen FIB Unand telah melakukan pemilihan dekan secara intelektual. Menurutnya, pemilihan dekan itu berbeda dengan pemilihan politik. “Ini pemilihan intelektual. Dekan yang akan memimpin FIB harus mampu menstimulasi kita untuk berubah. Saya memang berharap dosen FIB Unand dapat memilih secara intelektual,” jelas Prof. phil. Gusti Asnan.

Sebelum pemilihan calon dekan FIB Unand ini, telah dilakukan penyampaian visi, misi, dan program kerja oleh keenam bakal calon dekan FIB Unand periode 2017—2021. Lalu, dilaksanakan debat calon yang dimoderatori oleh dosen Jurusan Sastra Inggris, Dr. Diah Tjahaya Iman, M.Litt.

Dalam menyampaikan visi, misi, dan program kerja (VMPK), keenam bakal calon dekan memiliki waktu selama 15 menit secara bergiliran sesuai dengan nomor urut bakal calon dekan. Keenam calon tersebut telah mengungkapkan visi, misi, dan program kerja yang akan dilaksanakan jika terpilih sebagai dekan FIB Unand. Dosen FIB Unand pun menentukan pilihan salah satunya berdasarkan visi, misi, dan program kerja tersebut.

Pada saat penyampaian visi, misi, dan program kerja, beberapa balon dekan mengungkapkan bahwa terpilih atau tidaknya mereka sebagai dekan, diharapkan visi, misi, dan program kerja yang telah dirancang dan dinyatakan dapat membangun keberlangsungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas ke depannya, diharapkan dapat dilaksanakan oleh dekan terpilih.

 

Humas FIB: Ria Febrina dan Gading Rahmadi

 

Read 351 times