Dr. Hasanuddin, M.Si., Dekan Terpilih FIB Unand Periode 2017—2021

27 April 2017
Dari kiri : Dr. Hasanuddin, M.Si (Dekan terpilih periode 2017-2022), Prof. Dr. Herwandi, M. Hum, Dr. Rina Marnita, MA.

FIB—Dr. Hasanuddin, M.Si., terpilih sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Periode 2017—2021. Dalam rapat pemilihan senat fakultas yang diadakan di Ruang Seminar FIB Unand pada Rabu, 25 April 2017, Dr. Hasanuddin berhasil meraih suara terbanyak, yakni 13 suara. Sementara calon dekan lainnya, Prof. Dr. Herwandi, M.Hum. berada pada urutan kedua dan meraih sebanyak 8 suara, serta Dr. Rina Marnita, M.Hum. berada pada urutan ketiga dan meraih sebanyak 5 suara.

Perolehan suara tersebut berbanding terbalik dengan perolehan suara pada rapat forum dosen yang diadakan pada Senin, 17 April 2017 lalu. Pada pemilihan tersebut, suara terbanyak diraih oleh Prof. Dr. Herwandi, M.Hum., lalu diikuti oleh Dr. Rina Marnita, M.Hum., dan Dr. Hasanuddin, M.Si. (Baca juga link http://fib.unand.ac.id/index.php?option=com_k2&view=item&id=110:prof-herwandi-peroleh-suara-terbanyak-dalam-pemilihan-calon-dekan-fib-unand-periode-2017-2021&Itemid=303)

Meskipun berbanding terbalik, terpilihnya Dr. Hasanuddin, M.Si. sebagai Dekan FIB Unand periode 2017—2021 menunjukkan bahwa proses pemihan dekan telah berlangsung sesuai dengan Peraturan Senat FIB Unand No. 01 Tahun 2017 tanggal 16 Februari 2017. Dalam peraturan tersebut, dinyatakan bahwa seorang dekan dipilih berdasarkan suara terbanyak melalui rapat senat terbuka. Jika calon dekan lebih dari tiga, pemilihan harus dilakukan melalui dua tahap, yaitu melalui rapat forum dosen dan rapat senat terbuka.

Dr. Hasanuddin, M.Si.
Dekan terpilih periode 2017-2022 Dr. Hasanuddin, M.Si.

Sejak pemilihan calon dekan melalui rapat forum dosen, Dr. Hasanuddin telah mengungkapkan bahwa ia bertekad untuk mewujudkan Fakultas Ilmu Budaya sebagai fakultas yang dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak. Ia menyatakan bahwa keadaan FIB Unand selama empat tahun ke depan harus memiliki identitas yang kuat dan memberi manfaat kepada masyarakat luas. “Ibarat sebuah pohon, FIB tidak hanya menjadi pohon yang rindang, melainkan harus menjadi pohon yang memberi manfaat bagi masyarakat sekitar,” ungkap Dr. Hasanuddin, M.Si.

Dr. Hasanuddin, M.Si. yang saat ini sedang menjabat sebagai wakil dekan bidang kemahasiswaan FIB periode 2013—2017 menyatakan secara khusus melalui wawancara dengan tim redaksi website fakultas (Kamis, 13/4/2017), ia akan memberikan perubahan yang lebih baik jika terpilih menjadi dekan.

“Saya telah menyampaikan permasalahan yang ada di fakultas. Sebagai dekan terpilih, saya juga akan menampung semua pendapat dan niat calon dekan yang tidak terpilih. Terpilihnya saya, ini merupakan suatu hal yang berat dan amanah yang harus dipertanggungjawabkan nantinya. Tentunya, saya perlu dukungan dari berbagai pihak,” ungkapnya.

Dra. Efri Yades, Dosen Jurusan Sastra Indonesia mengungkapkan bahwa terpilihnya Dr. Hasanuddin, M.Si. untuk periode selanjutnya diharapkan dapat memimpin FIB lebih baik. Setiap persoalan yang dihadapi, baik oleh mahasiswa, dosen, dan tenaga akademik, diharapkan dapat diperhatikan oleh dekan terpilih. “Semoga setiap program kerja yang disampaikan pada rapat forum dosen dan juga rapat senat terbuka dapat direalisasikan dan tidak hanya menjadi janji semata.”

Dr. M. Yusdi, M.Hum., Ketua Program Studi S2 Linguistik mengungkapkan bahwa pemilihan dekan periode ini dilaksanakan dengan baik berkat kerja sama panitia. “Ucapan selamat dan terima kasih patut kita sampaikan kepada Dr. Syafril dan panitia pemilihan dekan lainnya karena berhasil menyelenggarakan pemilihan hingga diperoleh Dr. Hasanuddin, M.Si. sebagai dekan terpilih,” ujarnya ketika memberikan selamat kepada Dr. Syafril, M.Hum.

Prof. Dr. phil. Gusti Asnan Dekan FIB Periode 2013-2017

Dekan FIB Unand, Prof. phil. Gusti Asnan mengungkapkan bahwa Dr. Hasanuddin, M.Si. yang terpilih sebagai Dekan FIB periode selanjutnya sesungguhnya memiliki kemampuan dan keunggulan yang tentunya diharapkan dapat membawa FIB menjadi lebih baik ke depannya. “Kita berharap FIB semakin baik ke depannya,” ungkapnya.

Humas FIB: Dini Alvionita, Ria Febrina, dan Gading Rahmadi

Read 941 times