FIB Unand Buka Pendaftaran Prodi S2 Ilmu Sastra

10 Mei 2017

FIB—Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas secara resmi membuka program studi Strata 2 (S2) Ilmu Sastra. Terhitung mulai semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 ini, program studi S2 Ilmu Sastra akan melakukan proses perkuliahan.

Dr. Khairil Anwar, M.Si., Ketua Prodi Pascasarjana Ilmu Sastra mengungkapkan bahwa sejak tahun 2016, FIB telah memberitahukan kepada masyarakat, khususnya lulusan ilmu sastra. Pemberitahuan kepada khalayak umum berkaitan dengan keluarnya SK pendirian program studi S2 Ilmu Sastra.

Follow up dimulai dari tahun 2016. Pada tahun 2016, sejumlah dosen bidang Ilmu Sastra dan juga segala dokumen terkait sudah memadai. Di FIB, dosen yang sudah menyelesaikan S3 Prodi Ilmu Sastra sebanyak sembilan orang. Lalu, akhir Februari 2017, SK sudah diterima. Kita sudah diizinkan untuk menerima mahasiswa baru,” ujar Dr. Khairil Anwar, M.Si.

Pembukaan pendaftaran bagi mahasiswa baru pascasarjana Ilmu Sastra sudah dimulai pada gelombang pertama, yaitu pada 6 Maret 2017 s.d. 28 April 2017. Sementara itu, gelombang kedua akan dibuka pada bulan Mei hingga Juni 2017. Selanjutnya, perkuliahan awal semester akan dimulai pada Agustus 2017.

Menurut Dr. Khairil Anwar, M.Si., dibukanya Program Pascasarjana Prodi S2 Ilmu Sastra merupakan tuntutan masyarakat dan civitas akademika. “Fakultas yang dulu bernama Fakultas Sastra ini, justru tidak mempunyai program pascasarjana prodi S2 Ilmu Sastra. Oleh karenanya, pimpinan memperjuangkan hal tersebut. Saat ini, Fakultas Ilmu Budaya sudah layak membuka program pascasarjana prodi S2 Ilmu Sastra dengan harapan agar dapat menjadikan Fakultas Ilmu Budaya semakin jaya,” ungkapnya.

Dr. Khairil Anwar, M.S. juga menjelaskan bahwa permintaan semakin meningkat setiap tahun terkait jadwal pembukaan Program Pascasarjana Prodi S2 Ilmu Sastra. Oleh karenanya, pimpinan dan dosen-dosen FIB tergerak untuk berjuang membuka Prodi S2 Ilmu Sastra.

Dosen yang akan mengajar di Program Pascasarjana Prodi S2 Ilmu Sastra ialah Dr. Khairil Anwar, M.Si., Dr. Ferdinal, M.A., Dr. Sulastri, M.Hum., Dr. Silvia Roza, Dr. Rima Devi, M.Si., Dr. Pramono, M.Hum., Dr. Syafril, M.Hum., Dr. Hasanuddin, M.Si., Dr. Maizufri, serta guru besar Prof. Hasanuddin W.S., dan Prof. Suardi Endaswara, M.Hum.

Dr. Khairil Anwar, M.Si. menyatakan bahwa sudah banyak calon mahasiswa yang menanyakan prosedur penerimaan mahasiswa baru Prodi S2 Ilmu Sastra. “Alhamdulillah, kita sudah bisa memberikan titik terang terkait prosedur tersebut. Pembukaan Prodi S2 Ilmu Sastra ini merupakan kado lustrum FIB ke-7 atau hadiah ulang tahun FIB ke-35,” ujar Dr. Khairil Anwar, M.Si.

Untuk informasi lebih lengkap tentang profil program studi S2 Sastra, silahkan baca link http://fib.unand.ac.id/index.php?option=com_k2&view=item&layout=item&id=102&Itemid=344

 Reporter: Dini Alvionita, Editor: Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

Read 160 times