HMJ Sastra Indonesia Helat Pelatihan Sastra dan Pengabdian Masyarakat (PSPM) di Pantai Tiram, Padangpariaman

07 Juni 2017

FIB--Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Indonesia sukses mengadakan Pelatihan Sastra dan Pengabdian Masyarakat (PSPM) pada 5--7 Mei 2017 di Pantai Tiram Korong Gantiang, Nagari Ulakan Tapakis, Padangpariaman. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa aktif Jurusan Sastra Indonesia tahun 2016. Sasaran dari kegiatan PSPM ini ialah memberikan pelatihan teater dan kepenulisan untuk mahasiswa Sastra Indonesia tahun pertama dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Mahasiswa Sastra Indonesia tahun pertama diperkenalkankan dengan dasar-dasar dalam berteater dan dasar-dasar kepenulisan. “Materi yang diberikan ialah teater dan kepenulisan. Pelatihan teater berupa olah tubuh, vokal, imajinasi, blocking, grouping, dan masing-masing peserta mendalami satu karakter. Output dari materi teater ini, peserta bisa melakukan pertunjukan di hadapan masyarakat dan tamu undangan yang hadir,” ujar Deola Indriana, panitia PSPM.

Sementara itu, dalam pelatihan sastra, peserta diminta untuk melakukan observasi dan menuliskannya. “Peserta diperintahkan untuk mengamati perjalanan menuju lokasi PSPM dan kemudian menuliskan dalam bentuk tulisan yang mereka inginkan, sebelumnya diberikan pengarahan tentang dunia kepenulisan oleh instruktur,” tambah mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia angkatan 2014 ini.

Nadya Aisy Hamevta, salah seorang peserta, mengungkapkan pengalaman pertamanya dalam mengikuti kegiatan teater ini. “Saya mendapatkan pengalaman yang menarik, mendapatkan sesuatu yang baru dan pertama kali, seperti melakukan monolog,” ujar mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia angkatan 2016 ini.

Selain peserta, dalam kegiatan ini, masyarakat sekitar juga mendapatkan pengetahuan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dicanangkan oleh HMJ Sastra Indonesia. Di antara kegiatan yang dilaksanakan ialah mengenalkan Jurusan Sastra Indonesia kepada masyarakat dan melakukan aksi bersih lingkungan. “Kami memberikan pertunjukan teater kepada masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai dan sekaligus membersihkan pantai serta lokasi kegiatan,” ujar Deola Indriana.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Ketua Jurusan Sastra Indonesia, Dr. Gusdi Sastra, M.Hum. Menurutnya, kegiatan ini bermanfaat untuk pengembangan softskill mahasiswa. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dapat menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan softskill mahasiswa. Mahasiswa berbaur dan bersilaturahmi dengan masyarakat, serta mempererat hubungan senior dengan junior,” sambutnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Budaya,  Prof. Dr. phil. Gusti Asnan juga memberikan dukungan kepada panitia dan peserta kegiatan PSPM. Menurutnya, Fakultas Ilmu Budaya memiliki tugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keilmuan yang diperoleh di kampus, baik berupa kepenulisan maupun keteateran.

“Kita merupakan bagian dari salah satu fakultas yang berkomitmen terhadap kegiatan ini. Kita akan terus melaksanakan kegiatan ini agar masyarakat mendapatkan pengetahuan yang sama,” ujar Prof. Dr. phil. Gusti Asnan.

Dekan FIB Unand juga berpesan agar panitia dan peserta dapat menjaga amanah yang telah dipercayakan. “Tingkatkan apa yang sudah kita peroleh. Jalan kegiatan sebagaimana yang telah disusun, jangan melenceng dari apa yang telah disepakati," ungkap Prof. Dr. phil. Gusti Asnan.

Kegiatan ini juga mendapat sambutan baik dari Wali Nagari Ulakan Tapakis. “Saya percaya kegiatan ini dilandasi dengan niat yang baik. Ananda telah memberikan pengarahan kepada adik tingkat dan bersilaturahmi dengan masyarakat. Untuk itu, kegiatan ini tidak lepas dari tanggung jawab saya,” imbuh Nurdin S, Wali Nagari Ulakan Tapakis.

 

Reporter: Sonia, Editor: Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

Read 69 times