Dua Mahasiswa FIB Unand Melaju ke Tingkat Nasional dalam Pekan Tilawatil Quran (PTQ) RRI di Surakarta

19 Juni 2017

FIB—Dua mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas berhasil berhasil melaju ke tingkat nasional dalam Tilawatil Quran (PTQ) yang diselenggarakan di RRI Surakarta pada tanggal 2—8 Juni 2017. Mereka membawa nama harum FIB Unand setelah berhasil meraih peringkat pertama dalam Tilawatil Quran (PTQ) RRI Padang yang digelar pada 26 hingga 27 Mei 2017 kemarin.

Siraajul Uhad, mahasiswa semester dua angkatan 2016 dari Jurusan Sejarah Unand berhasil keluar sebagai Juara 1 Lomba Tilawah Kategori Putra. Sementara itu, Siti Ainur Rahim, mahasiswi semester dua angkatan 2016 dari Jurusan Sastra Indonesia berhasil meraih Juara 1 Lomba Tilawah Kategori Putri.

PTQ tahun ini diikuti oleh sekitar 40 qori dan qoriah dari berbagai wilayah di Sumatera Barat. Selain piala dan piagam penghargaan, Siraajul Uhad dan Siti Ainur Rahim juga memperoleh Tabanas, serta diutus mengikuti PTQ tingkat nasional tersebut.

Pada masa perlombaan TQ tingkat nasional tersebut, Sirajul Uhad yang berhasil diwawancarai melalui ponsel menyatakan, “Ajang tahunan RRI ini, diikuti oleh qori dan qoriah se-Indonesia. Saya sebelumnya tidak memasang target sebab para peserta sudah ada yang pernah melaju di tingkat nasional. Alhamdulillah, kebetulan saya tampil maksimal sehingga mendapat hasil yang memuaskan pula.”

Siraajul Uhad mengungkapkan bahwa pada tingkat nasional ini, saingan juga semakin berat, “Para peserta ada yang pernah meraih juara tiga tingkat internasional. Saya kebetulan mengikuti PTQ untuk cabang dewasa. Sejauh ini, alhamdulillah, saya sudah mengikuti lomba dan meraih juara untuk MTQ propinsi, serta juga sudah mengikuti tingkat nasional sebanyak dua kali. Namun, untuk PTQ tingkat nasional baru sekali ini. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih baik lagi.”

Siraajul Uhad dan Siti Ainur Rahim sudah tampil dalam PTQ RRI di tingkat nasional pada 5—8 Juni 2017 lalu. Mereka tampil bersama 128 orang. Dalam satu hari, peserta yang tampil dibatasai untuk 45 orang. Meskipun keduanya tidak meraih posisi pertama, mereka senang berhasil menjadi wakil Sumatera Barat dalam pentas nasional. Bahkan, Siraajul Uhad meminta doa dan dukungan untuk perlombaan MTQ tingkat mahasiswa yang akan diikutinya pada Juli mendatang.

 

Reporter: Dini Alvionita, Editor: Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

Read 77 times