Rabu, 20 September 2017 08:19

Dekan FIB Unand Sambut Wakil Dekan I, II, dan III Periode 2017—2021

FIB—Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas (FIB Unand), Dr. Hasanuddin, M.Si., menyambut tiga orang pejabat baru FIB Unand yang dilantik oleh Rektor Universitas Andalas pada 31 Agustus 2017 lalu sebagai Wakil Dekan I, II, dan III. Ketiga orang pejabat baru yang disambut itu ialah Dr. Ferdinal, M.A., (Wakil Dekan I), Dr. Rumbardi, M.Sc. (Wakil Dekan II), dan Imelda Indah Lestari, S.S., M.Hum. (Wakil Dekan III). Ketiga pejabat tersebut disambut dalam acara “Serah Terima Teknis Jabatan Wakil Dekan I, II, III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas” pada Selasa, 3 September 2017, di Ruang Seminar FIB Unand.

Dekan FIB Unand Periode 2013—2017, Prof. Dr. phil. Gusti Asnan, membuka serah terima tersebut dengan mengucapkan selamat kepada pejabat baru FIB Unand. “Pertama-tama, saya, Pak Oktavianus, dan Pak Nopriyasman mengucapkan selamat kepada Bapak Hasanuddin, Bapak Ferdinal, Bapak Rumbardi, dan Ibu Imelda karena terpilih menjadi dekan dan wakil dekan baru FIB Unand. Merujuk kepada statement akhir dari Pak Dekan, saya setuju sekali mengenai kebersamaan yang dibangun di FIB ini. Insha Allah, kebersamaan tersebut dapat dibangun. Saya berharap kebersamaan itu dapat ditonjolkan di samping sikap-sikap dan harapan-harapan yang kita tuju. Yang kedua, saya pribadi dan juga atas nama tim yang lama, mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang telah bekerja sama selama ini bersama kami,” tuturnya.

Wakil Dekan I Periode 2013—2017, Prof. Dr. Oktavianus, M.Hum. juga mengucapkan selamat kepada Dekan FIB Unand, Dr. Hasanuddin, M.Si. beserta para wakil yang terpilih menjadi pejabat FIB yang baru. “Sudah menjadi tren di Unand, Wakil Dekan III itu dijabat oleh perempuan. Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dijabat oleh Ibu Era, Wakil Dekan FISIP dijabat oleh perempuan juga, Wakil Dekan Ilmu Keperawatan juga perempuan. Memang jarang sekali perempuan yang menjabat selama ini, kecuali Direktur Pascasarjana yang lama, Ibu Prof. Dr. Nurhayati Hakim. Bagi kita, perubahan ini juga patut diapresiasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Dr. Oktavianus, M.Hum. mengucapkan penghargaan yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada segenap sivitas akademika Fakultas Ilmu Budaya Unand. “Pada awal saya dilantik sebagai WD I, pada tahun pertama itu, sistem drop out (DO) sudah ketat diberlakukan. Pada saat yang sama, sistem LAD juga dimulai. Artinya, dinamika perkerjaan sangat tinggi sekali. Perlu saya singgung di fakultas mengenai manajemen tim bahwa manajemen tim FIB sangat diapresiasi dan dicontoh oleh fakultas lain. Mengapa demikian? Dekan dan wakil dekan saiyo sakato, sehilir semudik. Jarang-jarang saya lihat di Unand bahwa dekan dan wakil dekan bisa berada dalam satu mobil bersama dan pergi makan bersama,” ungkap Prof. Oktavianus yang berharap agar tradisi tersebut dapat dipertahankan oleh Dekan FIB yang baru beserta jajaran.

Sambutan Dekan dan Wakil Dekan FIB Unand Periode 2013—2017 tersebut menjadi catatan bagi Dekan FIB Unand Periode 2017—2021 agar ke depannya dapat menata FIB dengan kebersamaan yang sama. Selanjutnya, acara serah terima pun dilaksanakan antara pejabat tersebut. Wakil Dekan I yang lama memberikan data arsip kepada Wakil Dekan I yang baru dalam bentuk sebuah laptop dan tab. Penyerahan data dan arsip juga dilakukan oleh Wakil Dekan II lama, Dr. Nopriyasman, M.Hum. kepada Wakil Dekan II yang baru, Dr. Rumbardi, M.Sc.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pejabat baru, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Hasanuddin, M.Si. menyerahkan kenang-kenangan kepada Dekan dan Wakil Dekan FIB Periode 2013—2017.  

 

Humas FIB: Rafli Aditya, Ria Febrina, Gading Rahmadi

Read 788 times