Jurusan Sastra Inggris FIB Unand Hadirkan Dosen ITB untuk Kembangkan Pembelajaran Berbasis Teknologi

25 Oktober 2017

FIB—Jurusan Sastra Inggris FIB Unand mengadakan kuliah umum dengan tema “Technology Integration for Teaching and Learning in the 21st Century” pada Senin (23/10/17) di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya Unand. Acara ini merupakan rangkaian acara lustrum ke-7 FIB Unand.

Kuliah umum yang menghadirkan Dr. Anuncius Gumawang Jati, dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai pembicara ini diikuti oleh dosen, mahasiswa, dan guru bahasa Inggris se-Kota Padang. Dra. Lucy Suraiya, M.A., ketua panitia, memberikan sambutan dengan menyatakan bahwa kuliah umum ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi agar pengajar dan pelajar dapat berpikir kritis.

Dalam sambutannya, Dekan FIB Unand, Dr. Hasanuddin, M.Si. juga menyampaikan hal yang senada bahwa segala hal, termasuk pendidikan, perlu terus dikritisi. “Persoalan kehidupan perlu dikritisi. Namun, kritis harus dengan tolok ukur sehingga menghasilkan solusi,” ujar Dr. Hasanuddin, M.Si.

Menurut Dr. Anuncius Gumawang Jati, dosen Institut Teknologi Bandung (ITB), pada era digital ini, mau tak mau seorang pengajar haruslah pandai bermain teknologi. “Zaman dahulu tak ada pilihan lain, suka tidak suka dengan penyampaian dosen, mahasiswa harus terus memperhatikan dosennya. Sekarang, jika mahasiswa tidak menyukai penyampaian dosennya, ia akan mengalihkan perhatian pada smartphone. Ini tentu saja tantangan tersendiri bagi seorang dosen,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dr. Anuncius Gumawang Jati menyatakan bahwa jika cara mengajar tidak diubah, siswa atau mahasiswa tidak akan mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru atau dosen. “Seorang pengajar harus pandai memilih kata-kata dalam melarang. Jangan sampai menggunakan kata ‘jangan’ karena generasi sekarang semakin dilarang akan semakin dilakukannya,” ungkapnya.

Terkait hal tersebut, Dr. Anuncius Gumawang Jati memberikan materi terkait inovasi yang perlu dilakukan seorang pengajar, baik guru maupun dosen dalam mengajar. Salah satunya dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran.

Menyikapi inovasi tersebut, sejumlah dosen yang menjadi peserta dalam kuliah umum ini pun dibekali dengan workshop pembuatan bahan ajar berbasis teknologi oleh Dr. Anuncius Gumawang Jati. Dengan tema “Technology Integration in ELT Classroom and Beyond”, workshop diselenggarakan di Ruang Diskusi Lantai 3 Perpustakaan Unand pada Selasa, 24 Oktober 2017.

 

Reporter: Lusi Andriani, Editor: Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

Read 141 times