FIB Unand dan Wikimedia Adakan Wikilatih untuk Mahasiswa Sastra Daerah

05 Februari 2018

FIB—Jurusan Sastra Daerah Minangkabau FIB Unand mengadakan kerja sama dengan wikimedia. Bertempat di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) pada Kamis, 1 Februari 2018, kerja sama diwujudkan dalam bentuk memberikan pelatihan kepada Mahasiswa Jurusan Sastra Daerah, khususnya mengenai wikilatih. Wikilatih merupakan kegiatan untuk memperkenalkan dan mengajak masyarakat umum untuk belajar menyunting dan berkontribusi di Wikipedia.

“Kerja sama dengan wikilatih ini dilakukan untuk menulis banyak artikel tentang Minangkabau yang juga ditulis dengan bahasa Minangkabau,” ungkap Dr. Pramono, Ketua Jurusan Sastra Daerah Minangkabau.

Lebih lanjut, Dr. Pramono menyatakan bahwa kehiatan tersebut merupakan pelatihan yang pertama dan dibatasi untuk 30 orang peserta saja. “Untuk pertama ini, peserta dari Jurusan Sastra Daerah dibatasai hanya 30 peserta. Peserta ini kemudian akan disaring. Hanya peserta yang aktif menulis saja yang berhak mengikuti pelatihan selanjutnya”.

Oleh karenanya, kerja sama tersebut berwujud pelatihan menulis dan penyuntingan artikel yang kemudian akan diunggah di Wikipedia. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa diharapkan aktif menulis dan menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang keminangkabauan.

“Dengan adanya ini, mahasiswa akan terlibat aktif menulis kecendikiawan Minangkabau untuk masyarakat global,” terang Dr. Pramono. Sebab, kerja sama ini merupakan kerja sama berkelanjutan yang akan diadakan untuk seluruh mahasiswa FIB.

“Ke depannya tidak hanya mahasiswa Jurusan Sastra Daerah saja yang terlibat, tetapi seluruh mahasiswa FIB akan mendapatkan kesempatan yang sama,” pungkasnya.

Senada dengan Dr. Pramono, Wakil Dekan II, Drs. Rumbardi, M.Sc. juga menuturkan bahwa program ini akan diadakan secara berkelanjutan. “Fakultas sangat mendukung kegiatan ini. Ke depannya tidak hanya Jurusan Sastra Daerah saja, tetapi juga mahasiswa dari semua jurusan,” ujarnya.

“Dengan adanya media ini (wikipedia), mahasiswa diharapkan lebih aktif menginformasikan kebudayaan,” ungkap Dr. Rumbardi.

Bahkan, Wakil Dekan II FIB Unand juga berharap agar dosen FIB juga aktif menulis di wikicommons, salah satu bagian dari ruang wikipedia untuk penulisan artikel ilmiah. “Kita akan informasikan kepada dosen-dosen dan nantinya tidak hanya mahasiswa, namun seluruh civitas akademika menulis di wikipedia”.

Sementara itu, Dimetrio Irvand, salah seorang peserta pelatihan mengaku terbantu dengan adanya pelatihan ini. “Kami terbantu dengan adanya wikipedia sebagai media untuk menyalurkan tulisan,” ujarnya.

Hal tersebut disebabkan oleh jadwal pelatihan yang dimulai dengan pembuatan akun wikipedia dan cara mengunggah artikel ke Wikipedia. “Kami benar-benar diajarkan mulai dari pembuatan akun hingga pemuatan artikel apa saja yang menarik dan penting untuk ditulis,” tuturnya.

Sementara itu, Faisal Wafiq Zaky, salah seorang bagian dari anggota komunitas Wikipediawan menuturkan bahwa artikel yang ditulis oleh kontributor yang berasal dari mahasiswa tersebut akan diedit oleh pihak editor terlebih dahulu.

“Artikel di wikipedia akan diedit oleh pihak editor untuk menjaga kevalidan informasinya. Namun, ada juga artikel yang teridentifikasi secara otomatis,” ungkapnya.

 

(Reporter: Sonia, Editor: Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi)

Read 168 times