Dekan FIB Unand Resmi Membuka Dies Natalis FIB Unand ke-36 "Memperkuat Persatuan dalam Keberagaman Budaya"

27 Februari 2018
Foto 1 : Dr. Hasanuddin, M.Si, Dekan FIB Unand

 

FIB--Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas (FIB Unand) kembali merayakan hari jadinya. Pembukaan Dies Natalis FIB Unand yang ke-36  dilakukan di Ruang Seminar FIB Unand pada hari Senin 26 Februari 2018. Dies Natalis FIB kali ini yang mengangkat tema "Memperkuat Persatuan dalam Keberagaman Budaya" akan dilakukan selama dua minggu hingga tanggal 7 Maret nanti dan  akan diisi dengan serangkaian acara dan lomba dari masing-masing jurusan. Acara ini dihadiri oleh Dekan, Ketua jurusan, dosen, mahasiswa/i FIB Unand dan siswa SMA yang akan mengikuti lomba yang diadakan hari Senin ini. Acara Pembukaan Dies Natalis dimulai dengan sambutan Dekan FIB Unand, Dr. Hasanuddin, M.Si.

"Tanggal 7 maret nanti FIB akan genap berusia 36 tahun, jika diibaratkan seorang manusia maka usia ini merupakan usia yang matang.  Tema yang kita angkat cocok dan sangat relevan karena Indonesia merupakan negara Bhinneka Tunggal Ika yakni meskipun berbeda tetap satu juga. Dalam keanekaragaman budaya, perbedaan itu penting karena dengan itu  dalam hidup kita dapat mempertahankan identitas etnis budaya ditengah perbedaan tersebut. Meski ada paradoks dan antagonis dalam sisi suatu budaya, tetapi yang kita pentingkan adalah harmonisasi dalam keanekaragaman itu", ujar Bapak Hasanuddin, M.Si dalam sambutannya.

Lebih lanjut Dekan FIB Dr. Hasanuddin, M.Si mengungkapkan disamping adanya berbagai rangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan, pada hari H diharapkan ada kegiatan pameran dan launching wirausaha batik. Berdasarkan pada penelitian, dosen FIB Unand menemukan berbagai motif batik khas Minangkabau dan sudah mematenkan puluhan motif batik khas Minangkabau. Kegiatan membatik ini akan diawali oleh rektor. Ada puluhan motif batik yang sudah dipatenkan dosen FIB. Alangkah baiknya pegawai  dan dosen di lingkungan FIB menggunakan salah satu motif sebagai baju seragamnya. Begitu juga sekolah-sekolah dapat menggunakan pilihan motif-motif yang ada.

Foto 2 : Rika Handayani, M.AAPD, M.Hum, Sekretaris Panitia Dies Natalis ke-36

 

Rika Handayani, M.AAPD, M.Hum, Sekretaris Panitia Dies Natalis ke-36 mengungkapkan bahwa tema Dies Natalis kali ini dilatarbelakangi dengan semakin gencarnya ancaman terhadap persatuan bangsa, karena itu perayaan hari jadi kali ini , FIB sebagai salah satu fakultas  peduli akan isu-isu persatuan termasuk nilai-nilai bangsa. "Kita begitu rentan untuk mempersoalkan perbedaan yang sangat runcing di dalam masyarakat, seperti perbedaan Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan yang membuat kita lupa bahwa bangsa Indonesia dibangun atas perbedaan-perbedaan tersebut, dari perbedaan itu sebenarnya kita memiliki tujuan yang sama yaitu mewujudkan persatuan bangsa", ujarnya.

Eka Meigalia, M.Hum, Ketua Panitia Dies Natalis ke-36 setelah acara pembukaan mengungkapkan perayaan hari jadi FIB tahun ini untuk mengeratkan ikatan diantara civitas akademika FIB dan membangun kebersamaan diantara civitas akademika FIB, dosen, tendik dan mahasiswa FIB itu sendiri.

Foto 3 : Rangkaian kegiatan dies "Speeling Bee"

 

Persiapan untuk Dies Natalis ke-36 ini sendiri merangkul Himpunan Mahasiswa (HIMA) di Fakultas Ilmu Budaya untuk mengadakan  lomba-lomba seperti Speeling Bee yang diadakan oleh jurusan sastra Inggris, lomba Bunkasai seperti Kana Contest, Kanji Umum, Kanji Dasar, Cerdas Cermat, dan Anime Contest yang diadakan oleh jurusan Sastra Jepang, lomba debat bahasa Minang yang diadakan oleh jurusan Sastra Minangkabau, dan  lainnya. Dies Natalis tahun ini juga bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FIB seperti Mapastra yang bekerja sama dengan PMI Kota Padang yang membuka stand Donor Darah di Laga-laga. Selain itu juga terdapat stand-stand bazaar di sepanjang koridor FIB Unand.

Sementara itu, Ernida, S.Pd, guru Bahasa Inggris yang mendampingi murid-muridnya dari SMA Muhammadiyah yang hadir pada acara pembukaan mengatakan persiapan untuk mengikuti lomba speeling Bee kali ini hanya seminggu sebelum acara,  "Saya berharap persiapan untuk Dies Natalis selanjutnya lebih ditingkatkan lagi", ungkapnya.

(Humas FIB: Ayendi dan Ananda, Admin: Gading Rahmadi)

Read 234 times