Rahmadi, M.Kom., Tendik Berprestasi FIB Unand Tahun 2018, Selalu Konsisten Bekerja dengan Berbagai Prestasi yang Telah Diraih

01 April 2018

FIB - Rahmadi, M.Kom. berhasil terpilih sebagai pemenang pertama kategori Tenaga Pendidik (Tendik) Berprestasi tahun 2018 pada satu rangkaian acara Dies Natalis FIB Unand yang ke-36 yang berlangsung pada Rabu (7/3) bertempat di Ruang Seminar FIB Unand. Untuk pemenang peringkat kedua dan ketiga pada kategori yang sama berturut-turut diraih oleh Yukasnedi, S.S., M.Hum. dan Roni Saputra, S.T.

Penilaian Tenaga Pendidik (Tendik) Berprestasi ini dilakukan oleh empat orang tim penilai, yakni: Wakil Dekan II FIB, Drs. Rumbardi, M.Sc.; Kepala Tata Usaha (KTU), Amirdas, S.E; dan dua orang Kepala Subbagian (Kasubbag), Dafruddin, S.Pt., dan  Nursyam, S.H.

Drs. Rumbardi, M.Sc., menyampaikan bahwa ada tiga penilaian utama dalam menentukan Tenaga Pendidik (Tendik) Berprestasi ini, yaitu: kerajinan, kemampuan, dan inisiatif.

“Untuk menentukan tendik berprestasi itu kita menilai dengan beberapa kriteria penilaian. Pertama sekali itu kerajinan, apakah tepat waktu datang dan pulang bekerjanya. Ia juga tidak meninggalkan pekerjaan pada jam pekerjaan. Kedua, kemampuan dia dalam mengerjakan pekerjaannya. Masing-masing tendik itukan ada tupoksi (tugas pokok dan fungsi). Kita menilai apakah dia mengerjakan tugas dan fungsi-fungsinya. Ketiga, ada sesuatu dalam diri seseorang, apabila dibutuhkan dia berinisiatif, tidak disuruh-disuruh memang inisiatif dari dia. Jadi kita menilai juga dari situ,” jelasnya saat ditemui.

Lebih lanjut, Drs.Rumbardi, M.Sc. menyampaikan bahwa diadakannya pemilihan Tendik Berprestasi tersebut bertujuan agar tendik yang terpilih menjadi model bagi tendik lainnya. Pemilihan Tenaga Pendidik (tendik) Berprestasi tersebut juga akan diagendakan rutin dan anggarannya dimasukkan dalam rencana kerja fakultas tiap tahunnya.

“Tujuan diadakannya Tendik Berprestasi ini adalah supaya memicu tendik-tendik lain agar bisa mencontoh tendik berprestasi. Tendik berprestasi adalah tendik model, misalnya Bapak Rahmadi,S.Kom., bagaimana dia bekerja. Kita ingin tendik yang lain itu mencontoh dia, dan kita juga ke Bapak Rahmadi, M.Kom., berpesan agar ilmu dan kebiasaannya bisa ditularkan ke tendik yang lain. Kegiatan penghargaan tendik berprestasi ini juga akan kita adakan secara rutin kedepannya karena kegiatan ini akan kita masukkan ke dalam rencana kerja fakultas. Rencana kerja fakultas itu tertuang dalam perencanaan anggaran. Jadi ini ada di dalam rencana anggaran,” ujarnya.

Dr.Rumbardi, M.Sc. berharap agar tendik berprestasi yang terpilih tetap menjaga kebiasaan kerja yang baik selama ini, tidak menyombongkan diri, dan menularkan kebiasaan baiknya dalam bekerja kepada tendik lainnya.

“Harapan saya kepada tendik berprestasi yang terpilih yaitu agar mereka menjaga kebiasaan yang baiknya itu, dia tetap bekerja seperti itu. Mereka tidak menyombongkan diri karena terpilih sebagai tendik berprestasi. Terakhir saya berharap agar mereka bias menularkan kebiasaan bagus dan baiknya dalam bekerja ketendik-tendik yang lain,” harapnya.

Rahmadi, M.Kom., selaku pemenang pertama Tendik Berprestasi merasa sangat bersyukur senang saat dinobatkan menjadi salah satu Tendik Berprestasi. Ia menyampaikan bahwa sebelumnya ia juga pernah menang dalam Unand award pada tahun 2016.

“Perasaannya ya sangat bersykur. Dari awal ketika Saya jadi pegawai ada beberapa prestasi juga yang pernah saya dapatkan. Salah satunya ketika tahun 2016 saya juga pernah menjadi pemenang Unand Unand Award Terbaik II Kategori Tenaga Kependidikan Bidang Pelayanan dan Keterampilan. Cuma tentu semua pencapaian ini bukan pencapaian yang mudah. Semua ini butuh usaha dan kerja keras, ” katanya saat ditemui disela-sela kesibukannya.

Rahmadi, M.Kom. juga menambahkan bahwa upayanya untuk tetap mempertahankan Tendik Berprestasi adalah dengan peningkatan kinerja. Menurutnya, semua pekerjaan berbasis pada kinerja. Ia juga menyampaikan bahwa dengan menjadi pemenang Tendik Berprestasi pada tingkat FIB merupakan suatu tantangan besar baginya untuk mewakili FIB nantinya di tingkat Universitas.  

“Untuk tetap mempertahankan ini semua tentu hal pertama yang harus ditingkatkan itu kinerja. Kita kan kerja itu sekarang berbasis kinerja. Kinerja akan kita tingkatkan lagi. Terutama bagaimana inovasi-inovasi kita dalam bekerja Kemudian ini juga mejadi tanggungjawab bagi Saya karena selaku pemenang pertama Tendik Berprestasi untuk yang tingkat fakultas tentu akan dibawa ke tingkat universitas nantinya. Nah, kan sebenarnya tendik ini ada beberapa kategoriya, ada dibidang akademik, keuangan, laboran, pustakawan, dan sebagainya. Nah, kategori itu nanti akan disesuaikan dengan kategori kita disini untuk perwakilan ketingkat universitas. Saya disini di bagian keuangan. Nanti mungkin masuk ke kategori keuangan untuk mewakili FIB ketingkat universitas,” tambahnya.

(Reporter: Mita Handayani, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi)

 

 

 

Read 117 times