Rafiq Gusly Razak, Mahasiswa Sastra Minangkabau FIB Unand, Raih Peringkat Pertama Lomba Lukis di Ajang PEKSIMA Unand 2018

30 April 2018

FIB - Rafiq Gusly Razak, mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau angkatan 2017 FIB Unand,  berhasil mendapat peringkat pertama dalam Lomba Lukis PEKSIMA 2018 yang diumumkan pada tanggal 28 Maret 2018 lalu.  PEKSIMA (Pekan Seni Mahasiswa) adalah kegiatan perlombahan tahunan yang diselenggarakan oleh Unand untuk mahasiswanya yang berbakat seni.

Tema yang diusung oleh panitia pada lomba lukis itu adalah “Harmoni Budaya Minangkabau. Terkait dengan tema tersebut, Rafiq, nama kecilnya, lebih memilih konsep mengenai kalauak paku kacang balimbiang, anak dipangku kamanakan dibimbiang. Maksud dari konsepnya itu sendiri jelasnya Minangkabau menganut sistem Matrilineal atau garis keturunan ibu, jadi saudara laki-laki ibu itu disebut sebagai mamak. Mamak bertugas sebagai penanggung jawab kehidupan kemenakannya atau anak dari ibu.

Rafiq memiliki pandangan untuk bekarya tidak hanya dalam sastra saja, namun bisa juga diwujudkan dalam seni rupa. Ia berpikiran mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Unand  memiliki potensi yang sangat bagus untuk menghasilkan karya-karya yang berkualitas.

Kendala yang ia rasakan selama mengikuti perlombaan lukis tersebut, yaitu seperti waktu yang kurang efektif karena mengganggu waktu perkuliahannya. Dia merasakan juga kurang persiapan dari panitia untuk menyiapkan alat-alat lukis yang di perlukan.

Kebanggaan tersendiri bagi Rafiq yang ia sebutkan adalah ia mampu mengalahkan mahasiswa lain dimana seni lukis adalah dunianya. Ia juga merasa sangat senang jika konsep lukisannya itu berkenaan dengan budaya Minangkabau.

Tahap selanjutnya bagi Rafiq adalah mengikuti PEKSEMIDA, yaitu perlombaan antar universitas di Sumatera Barat.

Rafiq mengatakan persiapan yang akan dilakukan untuk ajang lomba yang tingkatannya lebih tinggi tersebut adalah mempersiapkan diri semaksimal mungkin, banyak belajar, dan selalu mencari pengetahuan mengenai seni rupa karena pada lomba itu ia akan menghadapi mahasiswa yang sudah paham dengan seluk-beluk seni rupa.

Rafiq memiliki harapan untuk PEKSIMA 2019 “Semoga lebih seru lagi, tidak mengganggu jadwal perkuliahan, dan peserta banyak yang mengikuti rangkaian lombanya dan panitianya lebih siap lagi,” ucapnya.

Reporter : Widya Glawri Masperi, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 96 times