FIB Unand Bentuk Unit Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Menuju Akreditasi dan Terindeks Scopus

12 Mei 2018

FIB - Unsur pimpinan FIB Unand yang terdiri atas Dekan, Wakil Dekan I, Ketua Prodi S-2, Ketua Jurusan S-1, dan dosen pengelola jurnal adakan pertemuan terkait pembentukan Unit Publikasi dan Pengelolaan Jurnal di Ruang Sidang Dekanat FIB Unand pada Kamis (26/4/2018).

Acara dimoderatori oleh Wakil Dekan I FIB Unand, Dr. Ferdinal, M.A. Ia mengawali pertemuan dengan menyebutkan persoalan dan keadaan terkini dari jurnal-jurnal yang ada di lingkungan FIB Unand.

“Kita melihat perjalanan jurnal kita selama ini sepertinya ada yang berjalan, ada yang antara jalan dan tidak jalan, ada yang seperti mati suri. Kendala yang kami lihat selama ini salah satunya ialah kendala IT karena sekarang semuanya sudah harus online dan ada sebagian jurnal terkendala di situ,” jelas Dr. Ferdinal, M.A.

Kemudian, lanjutnya, inti dari pertemuan tersebut ialah untuk membentuk tim Koordinator Jurnal FIB Unand. “Salah satunya, kami berfikir, alangkah baiknya kita satukan pemahaman tentang ini. Nanti ada tim koordinator yang membantu keseluruhan dari jurnal yang ada di FIB.  Jadi, tim pengelola jurnal bisa mengeluh kepada tim yang akan kita bentuk ini. Apa kebutuhannya, termasuk kebutuhan IT dan juga termasuk review jurnal,” lanjut Dr. Ferdinal, M.A. 

Sebelum berdiskusi, Dekan FIB Unand, Dr. Hasanuddin, M.Si. memberikan pandangan. “Memang, kita ingin jurnal ini segera terakreditasi dan terindeks scopus. Jadi, ada enam jurnal kita dan rapat ini harus segera mengarah ke situ,” ungkap Dr. Hasanuddin, M.Si.

Lebih lanjut, Dr. Hasanuddin, M.Si. mengungkapkan, “Kita selama ini hanya menyumbang tulisan-tulisan yang terakreditasi dan terindeks scopus, sementara jumlahnya terbatas dan kita banyak yang membutuhkan. Tentu lahannya sempit. Bagi pihak lain juga berfikir, kenapa Unand tidak punya jurnal sehingga mereka juga bisa mengirim tulisan ke jurnal kita. Untuk bisa setara dengan mereka, tentu saja kita harus terakreditasi nasional dan terindeks scopus.”

“Langkah-langkah ke arah itu memang harus kita lakukan dengan segera secara jelas dan tegas, termasuk pendanaan dan program yang terukur sehingga kita bisa evaluasi dari tahap ke tahap. Oleh karena itu, perlu suatu unit yang merupakan wadah pengelola jurnal. Karena salah seorang di antara kita juga ada di ICT LPTIK, yaitu Pak Handoko, meski SK-nya belum keluar, kami harapkan beliau  komit untuk membantu,” tuturnya.

Kemudian, Dr. Hasanuddin, M.Si. mengakhiri sambutan dengan menyebutkan tugas dari unit yang dibentuk itu nanti akan memfasilitasi, serta memediasi jurnal yang ada apakah sudah layak atau belum. Unit itu juga nantinya akan bekerja sebagai lintas penerjemah, mencari artikel yang relevan, lalu mencarikan jurnal yang paling tepat untuk topik yang ditulis.

Setelah melakukan diskusi yang dipandu oleh Dr. Ferdinal M.A., akhirnya didapat kesepakatan beberapa poin, yaitu menunjuk beberapa orang dosen FIB Unand untuk mengisi beberapa jabatan dalam unit yang telah dibentuk.

Prof. Dr. Phil Gusti Asnan terpilih sebagai Koordinator Unit Publikasi dan Pengelolaan Jurnal FIB Unand dan Handoko, S.S., M.Hum. dipercaya sebagai sekretaris.

Sementara itu, dibentuk pula beberapa seksi dari unit publikasi dan pengelolaan jurnal FIB Unand, di antaranya Seksi Penerbitan, Seksi Akreditasi/Indeksasi Jurnal, Seksi Pengembangan Website Jurnal + Layout, dan Seksi Peningkatan Kapasitas Publikasi.

Koordinator Seksi Penerbitan dipercayakan kepada Idrus, S.S., M.Hum., dengan anggota Herry Nur Hidayat, S.S., M.A., Rika Handayani S.S., M.Hum., Ana Fitria, S.S., MA., Ronidin, S.S., M.A., Alex Dharmawan, S.S., M.A., Gindho Rizano, S.S., M.Hum., dan Israr, S.S., M.Si.

Seksi Akreditasi/Indeksasi Jurnal, yaitu Ria Febrina, S.S., M.Hum. dengan anggota Sonezza Ladyanna, S.S., M.A. dan Rona Almos, S.S., M.A.

Seksi Pengembangan Website Jurnal + Layout, yaitu Ayumi, S.S., M.Hum., Darni Enzimar, S.S., M.Hum., dan Ayendi S.S., M.Hum. 

Seksi Peningkatan Kapasitas Publikasi terdiri atas Dr. Ike Revita, M.Hum., Rachmidian Rahayu, M.Hum., Yudhi Andoni, S.S., M.A., dan Donny Eros, S.S., M.A.

Unit publikasi dan pengelolaan jurnal FIB Unand ini memiliki beberapa tugas, di antaranya membantu menyelenggarakan jurnal sampai dengan terindeks, membantu proses publikasi (download artikel, review artikel, persyaratan jurnal, dan sebagainya), serta membantu penyelenggaraan seminar/konferensi menuju publikasi.

Di sisi lain, unit publikasi dan pengelolaan jurnal FIB Unand ini juga memiliki beberapa target dalam waktu dekat. Pertama, pendataan jurnal yang ada di FIB dan yang akan dibina sampai dengan terindeks/terakreditasi. Harapannya, enam jurnal sudah siap diindeks DOAJ, Copernicus, ACI, dan sebagainya. Kedua, jurnal yang akan diindeks atau diakreditasi tahun depan, yaitu Puitika dan Arbitrer. Ketiga, akan dibuat SK untuk tim koordinator pengelola jurnal-jurnal yang ada di FIB Unand.

 

Reporter: Jusman dan Mita Handayani, Editor: Ayendi dan Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

Read 105 times