Forprossi V Resmi Dibuka Dekan FIB Unand

13 Mei 2018

FIB- Senin, 7 Mei 2018, Temu Akademisi Program Studi Sastra Indonesia dan Wisata Ranah Minang resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Hasanuddin, M.Si. Bertempat di Hotel Grand Inna Muara, Padang, pembukaan Forum Program Studi Sastra Indonesia (Forprossi) V dihadiri oleh Ketua dan Dosen Program Studi Sastra Indonesia se-Indonesia.

Dr. Syafril, M.Si. selaku ketua panitia mengucapkan selamat datang kepada para peserta. “Selamat datang dan terima kasih kepada para peserta, khususnya kepada ketua dan pengurus Forprossi nasional, beserta empat orang pembicara utama,” tutur Dr. Syafril, M.Si.

Dr. Hasanuddin, M.Si., Dekan FIB Unand, juga mengucapkan selamat datang kepada para peserta. “Selamat datang para peserta. Selamat datang di Ranah Minang yang mungkin selama ini hanya Bapak dan Ibu ketahui lewat media,” ujar Dr. Hasanuddin, M.Si.

Lebih lanjut, Dr. Hasanuddin, M.Si. juga mengucapkan selamat berwisata di Ranah Minang yang memiliki makanan terenak di dunia.

“Selamat datang dan selamat berwisata nantinya pada hari ke-3. Semoga pertemuan ini nantinya bisa menghasilkan paling tidak dua hal, yakni temu akademisi dan rekomendasi ataupun sikap yang tegas terhadap nomenklatur karena selama ini masih ada kebimbangan dalam menentukan sikap,” tutur Dr. Hasanuddin, M.Si.

“Sastra dan bahasa adalah dua hal yang berbeda. Lalu, apakah akan tetap menjadi satu program studi atau dijadikan dua program studi dengan akreditasi yang sama? Ini masih menjadi kebimbangan selama ini. Oleh karena itu, semoga pertemuan ini memberikan rekomendasi ataupun sikap yang tegas untuk suatu kebijakan,” tutur Dr. Hasanuddin, M.Si. dalam sambutan sekaligus membuka pertemuan Forprossi V secara resmi.

Sebelumnya, peserta makan siang bersama di Hotel Grand Inna Muara, Padang. Peserta telah ada yang berada di lokasi pada hari sebelumnya. Ini sebagai bukti antusias peserta mengikuti temu Forprossi V.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi paralel. Diskusi paralel dilakukan dengan membagi empat kelompok, yakni dua kelompok atau ruangan untuk bidang sastra dan dua kelompok atau ruangan lainnya untuk bidang linguistik.

Selanjutnya, para peserta temu Forprossi V akan diajak mengunjungi kampus Universitas Andalas, dan khususnya Fakultas Ilmu Budaya sebagai tuan rumah Forprossi V. Setelah mengunjungi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, peserta selanjutnya akan diarahkan ke Convention Hall Universitas Andalas untuk makan malam.

Reporter: Lusi Andriani, Editor: Ayendi dan Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

Read 92 times