Jelang Ramadan 1439 H, Pimpinan FIB Unand Bersilaturahmi dengan Tendik

18 Mei 2018

FIB - Jelang tiga hari sebelum puasa Ramadan 1439 H, segenap unsur pimpinan FIB Unand melakukan ramah tamah dan silaturahmi dengan seluruh tenaga kependidikan (tendik) yang ada di lingkungan FIB Unand, yaitu pada Senin (14/5/2018) di Ruang Sidang Dekanat FIB Unand.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Dekan FIB Unand, Dr. Hasanuddin, M.Si., Wakil Dekan I, Dr. Ferdinal, M.A., Wakil Dekan II, Drs. Rumbardi, M.Sc., Wakil Dekan III, Imelda Indah Lestari, S.S., M.Hum.,  Kabag Tata Usaha, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan, Kasubag Umum dan Keuangan, dan seluruh tendik yang ada di FIB Unand.

Acara silaturahmi dimoderatori oleh Kabag Tata Usaha, Amirdas, S.E. Pada pengantarnya, Amirdas, S.E. menyampaikan pentingnya untuk saling bermaaf-maafkan di bulan yang berkah ini. “Karena pertemuan kita hari ini ialah silaturahmi dan ramah tamah, penting bagi kita untuk saling bermaaf-maafan sebelum datangnya bulan suci Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi,” ujarnya memulai acara.

Amirdas, S.E. kemudian memberikan kesempatan kepada Dekan FIB Unand, Dr. Hasanuddin, M.Si. untuk memberikan sambutan terkait acara silaturahmi bersama tendik menjelang Ramadan 1439 H.

Dr. Hasanuddin, M.Si. menyampaikan bahwa kesempatan silaturahmi menjelang Ramadan 1439 H merupakan momen yang baik untuk mereka bersama. 

“Ramadhan itu sebenarnya tidak hanya soal puasa, tetapi juga berkaitan dengan menahan diri. Menahan diri dalam arti menahan segala sesuatu yang tidak biasanya, menahan nafsu makan, dan sebagainya. Menjelang Ramadan ini, kita perlu membenahi diri agar semakin siap untuk menjalani segala kegiatan selama Ramadan,” ungkapnya.

Kemudian, Dr. Hasanuddin, M.Si. mengaitkan kinerja dan ibadah selama bulan puasa. “Selama Ramadan, kita memang masih bekerja, tapi tentu kita juga harus meningkatkan kualitas ibadah kita. Jadi, selama Ramadan ini, dua hal yang hendaknya kita lakukan ialah bekerja dan meningkatkan kualitas ibadah. Ini merupakan momen untuk mengevaluasi diri,” jelasnya.

Mengakhiri sambutan, Dr. Hasanuddin, M.Si. mengungkapkan, “Kita bekerja tentu tidak hanya dengan aturan saja, tetapi perlu adanya keikhlasan. Kalau kita bekerja dengan ikhlas, semua aturan yang telah ada tentu tidak akan menjadi masalah. Kita berharap semua yang telah kita kerjakan mendapat balasan yang baik nantinya. Mari kita bekerja dengan lillahi ta’ala. Mari kita bekerja dengan ikhlas sebagai pelayan, melayani client kita dengan baik, siapa pun yang memerlukan bantuan, hendaknya kita bantu mereka dengan baik dan ikhlas,” pungkasnya.

Melanjutkan penyampaian Dekan FIB Unand, Wakil Dekan I FIB Unand, Dr. Ferdinal, M.A. juga memberikan sambutan. “Kita memang bekerja untuk melayani, baik mahasiswa, dosen, tamu, dan semua stakeholder, seperti yang disampaikan oleh Dekan tadi,” ujarnya memulai pembicaraan.

Lalu, ia melanjutkan, “Dari pengamatan saya beberapa bulan ini selama bertugas, secara umum kita sudah mengerjakan hal itu. Akan tetapi, barangkali ada kekhilafan, baik sengaja maupun tidak sengaja yang ternyata tindakan itu tidak melayani dengan baik. Kita harus saling mengintrospeksi diri, apakah kita selama ini sudah bekerja dan melayani dengan baik. Kalau belum, mari kita ubah, sama-sama berbagi karena kita ditugaskan untuk melayani, untuk membantu mahasiswa, teman sendiri, dan siapa pun yang ada di FIB Unand.”

Dr. Ferdinal, M.A. juga menambahkan, “Kita bekerja memang berdasarkan ketentuan, dari waktu ke waktu kita mencoba membukukan segala aturan-aturan yang harus diikuti, SOP misalnya. Jadi, kita bekerja hendaknya betul-betul memahami kerja dan SOP yang telah ada. Jangan kemudian, yang kita kerjakan itu berlama-lama, misalnya keperluan mahasiswa yang seharusnya bisa siap 5 menit, tapi akhirnya sampai dua hari dan sebagainya. Jadi, mari pahami SOP dengan baik dan bekerja berdasarkan ketentuan yang sudah ada.”

Di samping aturan-aturan yang ada pada SOP, Dr. Ferdinal, M.A. mengakhiri sambutan dengan berharap adanya kreativitas dari tendik FIB karena ada aktivitas kerja yang belum tertuang pada SOP.

Mendapat kesempatan berbicara, Wakil Dekan II FIB Unand, Drs. Rumbardi, M.Sc. juga memiliki pemikiran yang senada dengan kedua pimpinan FIB.

“Itu adalah kerja kita bersama, seperti yang disampaikan oleh Dekan tadi, bekerja dengan tulus dan ikhlas, juga seperti pemikiran Wakil Dekan I agar kita bekerja dengan kreatif. Kita memiliki satu tujuan. Kita akan tingkatkan segala kebutuhan yang diperlukan. Jadi, marilah kita bekerja dengan baik dan ikhlas agar yang dikerjakan mendapatkan hasil yang baik pula,” ungkap Drs. Rumbardi, M.Sc.

Melengkapi pembicara sebelumnya, Wakil Dekan III FIB Unand, Imelda Indah Lestari, S.S., M.Hum. menyampaikan apresiasi yang baik kepada semua pihak yang telah bekerja, tidak terkecuali tim Humas FIB yang juga telah diundang untuk silaturahmi bersama.

“Saya kira selama saya di sini banyak hal yang baik meskipun kadang juga banyak hal yang merepotkan Bapak dan Ibu. Akan tetapi, dari segi prestasi, juga banyak yang sudah diraih. Mahasiswa kita juga sudah mendapatkan prestasi yang bagus, baik lokal maupun nasional. Tim Humas kita saat ini juga mendapatkan peringkat yang baik pada pemberitaan di website. Berita kita sangat banyak jika dibandingkan dengan fakultas lain,” ungkapnya.

“Saya berharap kita bisa terus bekerja sama, seperti halnya dalam waktu dekat, kita akan melakukan penerimaan mahasiswa baru. Semoga pertemuan ini juga menjadi moment bagi kita semua agar bisa lebih baik lagi. Marilah kita saling bermaaf-maafan. Semoga apa yang kita kerjakan selama ini mendapatkan balasan yang baik dan kita bisa menjalankan kegiatan yang baik pula selama Ramadan,” tambah Imelda Indah Lestari, S.S., M.Hum. sambil mengakhiri ucapannya.

Sebelum pertemuan berakhir, segenap unsur pimpinan dan tendik FIB Unand saling bersalaman dan bermaaf-maafan. Acara silaturahmi diakhiri dengan makan siang bersama.

Reporter: Jusman, Editor: Ayendi dan Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

Read 57 times