Kamis, 24 Mei 2018 00:11

Selama Ramadhan 1439 H, FIB Unand Giatkan Kultum di Mesjid Al-Munir

FIB- Ronidin, S.S., M.A., memberikan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) tentang “Pentingnya Saling Berbagi Selama Bulan Ramadhan” pada jama’ah Shalat Dzuhur di Mesjid Al-Munir FIB Unand pada Senin, (21/5/ 2018).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengurus Mesjid Al-Munir FIB Unand kembali melaksanakan kegiatan Kultum selama Ramadhan jelang shalat Dzuhur. Pemberi Kultum ditentukan oleh pengurus mesjid, biasanya berasal dari segenap civitas akademika FIB Unand dan undangan lainnya.

Ronidin, S.S., M.A., menjadi yang pertama menyampaikan Kultum pada minggu pertama Ramadhan 1439 H. Pada Kultumnya, Ronidin, S.S., M.A., terlebih dulu membacakan ayat dan arti yang terkandung dalam ayat suci Al-Qur’an yang menjelaskan tentang kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan.

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Albaqarah:183).”

Dalam Kultumnya, Ronidin, S.S., M.A., mengisyaratkan kepadah jema’ah agar sejenak merenung. “Salah satu hikmah yang bisa kita dapatkan pada bulan Ramadhan adalah adanya kualitas nilai lebih yang bisa kita peroleh pada bulan Ramadhan. Segala kebaikan yang kita perbuat mendapatkan nilai dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT,” tuturnya.

Lebih lanjut Ronidin, S.S., M.A., menyampaikan pesan agama sesuai dengan topik yang ia angkat.  “Berbagi tentu tidak hanya pada bulan Ramadhan saja, tetapi pada bulan Ramadhan menjadi penting untuk saling berbagi. Penting untuk kita melihat sekeliling kita, tetangga kiri dan kanan kita. Mungkin ada diantara mereka yang tidak mendapatkan makanan untuk berbuka puasa,” ungkapnya.

Kemudian ia melanjutkan, “Sebagian besar dari kita mungkin hanya pada saat Ramadhan ini merasakan haus dan lapar, tapi ada orang lain diluar sana yang mungkin hampir setiap hari kesulitan mendapatkan makanan. Jangankan makanan yang enak, makanan seadanya saja mungkin mereka masih sangat kesulitan.”

Lalu ia menyimpulkan, “Oleh karena itu, di bulan yang penuh berkah ini, marilah kita sama-sama saling berbagi kepada satu sama lain. Jangan tetangga kita hanya mencium aroma masakan kita saja, tapi hendaknya kita melebihkan masakan untuk kemudian diberikan juga kepada tetangga-tetangga disekitar kita”.

Ronidin, S.S., M.A., mengakhiri Kultumnya dengan harapan semoga Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang kualitas ibadahnya semakin meningkat bagi semua jema’ah dan  termasuk dirinya.

Reporter: Jusman, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 84 times