Prodi S2 Linguistik FIB Unand Perkenalkan Hibrida Keilmuan Linguistik Sembari Jalin Kerjasama dan Sosialisasi Prodi ke Unja

31 Mei 2018

FIB - Dr. Sawirman, M.Hum. bersama Dr. M. Yusdi, M.Hum., melaksanakan Roadshow Sosialisasi Program Pascasarjana FIB Unand khususnya Prodi Linguistik dan sekaligus memberi kuliah umum kepada mahasiswa S1 Unja, serta membina hubungan kerjasama antara Unand dengan FKIP Unja, dimana ketiga aktifitas tersebut berlangsung dari tanggal 2 – 4 April 2018 lalu

Dr. Sawirman, M.Hum. mengklarifikasi bahwasanya dalam acara roadshow tersebut terdapat tiga agenda kegiatan. Pertama, menjadi utusan Dekan FIB Unand untuk membina kerjasama  yang baik antara FKIP Universitas Jambi (Unja) dengan FIB Unand. Kerjasama antara kedua pihak saat itu berlangsung dengan baik, yang ditandai dengan penandatanganan surat kerjasama. Kedua, melaksanaan kuliah umum dengan pembicara oleh ia sendiri, dimana saat itu acaranya dihadiri sekitar 350-an mahasiswa S1 Unja beserta para dosen. Ketiga, memperkenalkan prodi-prodi S2 yang terdapat di FIB Unand, seperti Prodi S2  linguistik, S2 Ilmu Sejarah, S2 Kajian Budaya, dan S2 Sastra.

Terkait dengan kuliah umum, Dr Sawirman, M.Hum. kali itu membahas tema “Hibrida Keilmuwan di Bidang Linguistik dan Perkembangan Riset Terkini dalam Bidang Agrolinguistik dan Museum”. 

“Intinya saya hanya berpesan pada linguis se-Indonesia, se-Sumatra, dan lainnya bisa berani dan bersatu untuk menciptakan sebuah pengetahuan baru. Kita tidak bisa hanya menjadi konsumen dalam ilmu pengetahuan yang bersumber dari ilmuwan barat, tetapi kita harus bisa menjadi produsen dalam ilmu pengetahuan. Contohnya saja ilmu pengetahuan yang saya ajukan yaitu agrolingustik salah salatu cabang ilmu yang menggabungkan lingustik dan pertanian. Saat ini ilmu tidak lagi dipandang dengan sekat – sekat yang tinggi, pada titik tertentu semua ilmu itu bergabung untuk menjadi satu,” paparnya.

Antusias para mahasiswa Unja sangat tinggi untuk mengikuti kuliah umum tersebut. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya  pertanyaan yang diajukan saat diskusi dalam kuliah umum. Tidak ketinggalan para mahasiswa juga sangat antusias untuk berfoto dengan Beliau selaku pemateri.

Di lain acara, ketika sosialisasi tentang informasi dari ke empat Prodi S2 Pasacasarjana Unand yang diperkenalkan saat roadshow, tidak lupa mahasiswa S1 yang hadir diberi brosur tentang segala perihal prodi-prodi tersebut, dengan tujuan para mahasiswa S1 di Unja dapat mengetahui lebih banyak informasi tentang prodi S2 yang di Unand.

Pelaksanaan roadshow sosialisasi itu juga ikut dihadiri oleh FIB UNJA, tetapi fakultas budayanya masih bersatu dengan FKIP.

“Beberapa peserta sebelum roadshow mereka juga sudah tertarik untuk kuliah di Unand, dan mereka sudah ,mencari informasi tentang S2 di Unand. Antusias mereka sangat tinggi terhadap Unand dan pandangan mereka terhadap Unand sangat bagus. Karena itu sambutan mereka juga sangat baik ketika pelaksanaan roadshow,“ ujar Dr. Sawirman, M.Hum. selaku Dosen S2 linguistik Unand.

Berkenaan dengan pelayanan dan sambutan yang diberikan oleh pihak Unja, kemudian Dr. Sawirman, M.Hum. menyampaikan ia dengan Dr. M. Yusdi, M.Hum. diajak untuk berkeliling kampus Unja sembari memperkenalkan informasi seputar Unja.

Reporter : Muthia Delima Putri, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 77 times