Rabu, 06 Juni 2018 00:08

Komunitas Cermin UKMF FIB Unand Berbasis Teater Berbahasa Inggris

FIB - Komunitas Cermin adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Ilmu Budaya Unand yang bergerak dibidang seni teater. Yang membedakan Komunitas Cermin dengan UKMF teater lain adalah naskahnya berbahasa Inggris dan bergaya pementasan Barat.

Komunitas Cermin berdiri pertama kali pada tahun 2008 yang saat itu diketuai oleh Rahmadhani. Tujuan dibentuknya Komunitas Cermin saat itu yaitu untuk menjadi sarana bagi teman-teman Jurusan Sastra Inggris untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam kelas Drama di Sastra Inggris.

Pada awalnya Komunitas Cermin adalah sebagai pendukung kelas matakuliah Drama yang ada di Sastra Inggris. Namun karena banyak peminat dan tidak hanya dari Sastra Inggris saja, Komunitas Cermin berkembang menjadi salah satu UKMF Fakultas Ilmu Budaya.

Pada tahun ini Komunitas Cermin sudah angkatan yang ke-5. Adapun tahun-tahun angkatan tersebut yaitu: 2008, 2014, 2015, 2016, dan 2017. “Beberapa tahun Cermin pernah mengalami vakum dengan alasan tertentu dan mulai aktif kembali pada tahun 2014 hingga sekarang,” tutur Hendri Dunan ketua komunitas cermin angakatan ke-5.

Komunitas Cermin memiliki  beberapa bidang di dalamnya, yakni: teater, musik dan kesusastraan. Namun di beberapa kegiatan komunitas cermin lebih aktif di teater yang membawakan kebudayaan Barat pada setiap naskah drama yang ditampilkan, seperti yang dituturkan oleh salah seorang anggota Komunitas Cermin, Nurul alisa putri. Ia mengatakan bahwa mulai dari Shakespeare di Inggris,  teater mulai mendapatkan kejayaan, sampai teater modern di Amerika dengan tema musikal yang sering dipentaskan di Broadway yang menjadi kiblat pementasam teater/drama di Amerika. Cermin hadir menyajikan hiburan itu sambil memberi pengetahuan kepada penonton, tentang pementasan drama di negara barat itu seperti apa.

Dalam bidang musik, Komunitas Cermin aktif juga dalam menciptakan lagu-lagu berbahasa Inggris yang diciptakan langsung oleh anggota Cermin sendiri hingga memiliki beberapa album.

“Dalam beberapa acara akustik, Cermin selalu ikut andil untuk mengisi acara tersebut, lalu aktif juga sebagai pengisi suara  pada setiap penampilan yg sering ditampilkan pada setiap pementasan drama. Untuk penghargaan, Cermin pernah mendapat piagam dari berbagai acara dan undangan yang selalu hadir pada beberapa tahun belakangan ini pada setiap pergelaran yang diadakan kampus yangg ada di kota Padang. Begitu juga pada setiap acara-acara yg diadakan oleh organisasi yg bergerak di bidang kebudayaan,” ungkap Ketua Komunitas Cermin saat ditanya.

Perihal Pembina Komunitas Cermin periode ini, Hendi Dunan mengatakan bahwa saat ini sedang dalam agenda pemilihan pembina baru. Untuk itu akan diusulkan beberapa kandidat dosen yang nantinya akan menjadi Pembina Cermin pada tahun 2018 ini. Adapun Pembina Komunitas Cermin periode sebelumnya adalah Donny Eros, S.S., M.A.

Reporter: Rafly Adithya, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 110 times