FSI FIB Unand Adakan Vasin dan Buka Bersama di Masjid Al Munir

07 Juni 2018

FIB - Mendekati libur semester, Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Studi Islam (UKMF FSI) FIB Unand, mengadakan Vitamin Sebelum Liburan (Vasin) dan buka bersama pengurus pada Senin, 28/5/2018. Bertempat di Masjid Al Munir FIB Unand.

Vasin merupakan kegiatan rutin yang diadakan FSI FIB sebelum memasuki libur semester. Vasin biasanya diadakan di ruang gedung kuliah bersama atau di masjid. Kali itu, Vasin diadakan di Masjid Al Munir FIB Unand.

Menurut Riski Syukri Zalukhu, Ketua Umum FSI FIB Unand, Vasin diadakan untuk mempersiapkan diri menghadapi liburan.

“Tujuan diadakan vasin untuk mempersiapkan diri menghadapi liburan karena momen liburan rentan terjadi penurunan iman, seperti amalan yaumi. Kita tidak ingin hal itu terjadi. Oleh karena itu, sebelum liburan diadakan Vasin,” tutur Riski Syukri Zalukhu.

Materi Vasin dengan tema ‘Liburan Menjadi Amal, Hijab Jadi Lebih Meningkat’ tersebut disampaikan oleh Ustad Erwin. Memulai materi, Ustad Erwin menyampaikan syarat diterima ibadah dalam Islam.

“Kita harus mengetahui syarat diterima ibadah dalam Islam. Adapun syarat yang paling utama diterimanya ibadah dalam Islam ialah ikhlas dan mengikuti aturan Rasulullah SAW. Sungguh berbahaya jika tidak mengetahui syarat diterima ibadah karena ibadah yang dijalankan akan menjadi sia-sia,” ujar Ustad Erwin.

Usai menjelaskan tentang syarat diterima ibadah dalam Islam, Ustad Erwin menjelaskan tentang cara menjaga hijab. Menurut Ustad Erwin, cara menjaga hijab ialah dengan istikamah.

Acara Vasin berjalan lancar. Akan tetapi, tidak ada sesi diskusi karena Ustad Erwin buru-buru harus pergi.

Setelah penyampaian materi oleh Ustad Erwin dan sambil menunggu waktu berbuka, FSI FIB Unand mengadakan diskusi pengurus.

Kemudian, mendekati waktu berbuka, pengurus FSI FIB Unand yang perempuan menyiapkan minuman dan kurma untuk berbuka. Setelah minum dan makan kurma, dilaksanakan salat berjamaah. 

Setelah salat, barulah pengurus FSI FIB Unand makan bersama dengan menggunakan talam. Sambal untuk makan bersama dimasak oleh pengurus FSI FIB Unand yang perempuan. Buka bersama ini bertujuan untuk memperkuat ikatan sesama anggota FSI FIB Unand.

Reporter: Lusi Andriani, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 55 times