Pengurus HIMA Sejarah FIB Unand Bagi-Bagi Takjil bagi Pengendara dan Pejalan Kaki di Perempatan Jalan Bypass Padang

11 Juni 2018

FIB - Pengurus Himpunan Mahasiswa Sejarah (HIMA) FIB Unand periode 2017/2018  menggelar kegiatan bagi-bagi takjil yang bertujuan untuk saling berbagi kepada pengendara dan pejalan kaki yang melintas di jalan Bypass Padang pada Sabtu, (2/6/2018), sekaligus untuk mempererat silaturahim antar pengurus.

Winda Gusrianti, Sekretaris HIMA Sejarah, menjelaskan bahwa diawal kepengurusan terbentuk, memang sudah ada rencana untuk melakukan kegiatan aksi sosial.

“Jadi di awal kepengurusan, dari kami pengurus memang sudah ada niatan untuk melakukan aksi sosial. Tapi memang belum dibicarakan secara rinci. Jadi, di bulan puasa ini ide itu muncul lagi, dan kami juga melihat, umumnya yang dilakukan banyak orang atau organisasi adalah buka bersama, dan itu memang bagus juga. Kami juga sempat berpikir untuk melakukan kegiatan buka bersama, tapi kami pikir lagi, kalau buka bersama itu sudah biasa dan umum dilakukan, akhirnya kami putuskan untuk bagi-bagi takjil saja,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Winda.

Terkait rencana bagi-bagi takjil itu, Winda mengungkapkan setelah berdiskusi, semua pengurus merespon baik dan mendukung kegiatan tersebut, lalu ditetapkan waktunya.

“Setelah kami berdiskusi, maka disepakatilah pelaksanaan bagi-bagi takjil itu diakhir-akhir ujian, karena manurut kami kalau diakhir-akhir ujian, tentu waktu kami lebih longgar. Disamping itu banyaknya undangan untuk buka bersama juga semakin padat, karena UKM di fakultas juga melaksanakan buka bersama. Jadi untuk mensiasati itu, maka diakhir ujianlah waktu yang paling tepat untuk kami melaksanakannya,” tambah Winda lagi.

“Jadi yang kami siapkan itu sekitar 100 bungkus takjil yang berisi kolak dan gorengan yang kami bikin sendiri. Saat kami bagi-bagikan ada juga yang seperti segan dan malu-malu untuk mengambilnya, dan ada juga yang memang tidak mau mengambilnya dengan alasan sudah membeli bukaan, atau dengan alasan kasih ke yang lain saja. Tapi kami senang, Alhamdulillah semua takjil yang kami siapkan habis terbagi semua. Selesai pembagian itu kira-kira pukul 18:30,” lanjutnya.

Setelah bagi-bagi takjil, Winda mengungkapkan ia beserta anggota pengurus HIMA  meninggalkan Bypass dan melaksanakan buka bersama di Pasar Baru. Setelah itu mereka berdiskusi sambil mempererat silaturahim antar sesama anggota pengurus.

Eka Fitrah Ma’Firoh yang juga ikut serta membagikan takjil menginformasikan jumlah pengurus yang sempat hadir ketika bagi-bagi takjil, serta alasan dipilihnya Bypass sebagai tempat pelaksanaannya.

“Kami dari pengurus yang bagi-bagi takjil waktu itu kurang lebih ada sekitar 15 orang, yaitu pengurus HIMA angkatan 15 dan 16. ... Kenapa memilihnya di ByPass. Pertama kami memang sengaja juga mencari yang ada lampu merah, dan juga, di Bypass kan tidak hanya pengendara dan pejalan kaki yang melintas, tapi ada juga orang yang kurang mampu dan mempunyai keterbatasan fisik disana, dan juga di Bypass memiliki empat arah, jadi kami langsung bisa menyebar di empat arah itu untuk membagikan takjil yang telah kami siapkan,” jelasnya selaku Bendahara Umum HIMA Sejarah FIB Unand.

Diakhir penjelasannya, Eka Fitrah Ma’Firoh merangkum tujuan dan harapan diadakannya kegiatan itu. “Iya,tujuan dan harapan kami dari pengurus adalah, pertama memang untuk saling berbagi, dan sekaligus mempererat tali silaturahim kami sesama pengurus HIMA. Ditambah lagikan mau libur, jadi semoga dengan diadakannya kegiatan ini kami tetap bisa menjaga silaturahim kami dengan baik,” pungkasnya.

Sama halnya dengan Winda dan Eka, kembali Ketua HIMA Sejarah FIB Unand, Salman Alfarisi juga mempertegas pandangannya yang sama tersebut. “Iya, saya tentu bersyukur dan berterima kasih kepada semua pengurus HIMA yang telah meluangkan waktunya ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial bagi-bagi takjil di Bypass. Iya, kita hendaknya saling peduli satu sama lain dan tentunya penting bagi kita untuk saling berbagi apalagi di bulan Ramadhan,” ungkap ketua HIMA sejarah FIB Unand tersebut.

Diakhir komentarnya, ketua HIMA yang biasa disapa Salman merasa senang karena acaranya berjalan dengan lancar sekaligus menyampaikan harapannya untuk semua pengurus HIMA agar tetap bisa secara aktif mengikuti semua kegiatan yang diadakan oleh pengurus HIMA. “Alhamdulillah, acaranya berjalan lancar. Saya berharap kedepannya semua pengurus bisa terus berpartisipasi secara aktif setiap ada kegiatan HIMA. Semoga dengan kegiatan kemarin juga, bisa memperat hubungan silaturahim kami kepada sesama pengurus, sehingga silaturahim kami  tetap terjaga secara baik,” tutup Salman Alfarisi.

Reporter: Jusman, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

 

Read 78 times