Tim Futsal UKOS FIB Unand Raih Peringkat III POMNAND 2018

14 Juni 2018

FIB- Setelah 3 tahun terakhir mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Universitas Andalas (POMNAND), akhirnya TIM Futsal UKOS FIB Unand cukup puas berada pada peringkat III cabang futsal pada POMNAND yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Olahraga Universitas Andalas (UKO Unand). Kegiatan POMNAND berlangsung selama satu minggu, 27 April-4 Mei 2018.

Irwandi, Kapten Tim Futsal UKOS mengakui merasa cukup senang atas prestasi Tim Futsal tahun ini. “Iya, saya kira ini adalah prestasi terbaik Tim Futsal UKOS untuk beberapa tahun terakhir ikut POMNAND ini karena sebelumnya Tim Futsal UKOS hanya kuat sampai pada semi final. Untuk capaian ini tentu kami selaku pemain merasa cukup puas dan bangga meski baru bisa finish di peringkat III,” katanya.

Irwandi menambahkan, “Untuk Tim Futsal UKOS tahun ini, saya kira jauh lebih kompak. Dari segi permainan di lapangan, saya menilai semua pemain cukup sportif. Jadi permainan mengalir saja. Kalau terjadi intensitas permainan yang agak memanas itu wajar saja, karena tim sama-sama letih juga kan, karena jadwal main yang padat.”

Irwandi juga memberikan kritikan kepada panitia penyelenggara. “Tapi kalau dari segi persiapan panitia, saya agak mengkritisi juga bahwa ada beberapa yang sepertinya panitia kurang mengantisipasi khususnya pada cabang futsal. Misalnya dari segi pengamanan, sepertinya panitia tidak cukup siap bahwa terkadang di lapangan ada kontrol pemain yang lepas, sehingga permainan seperti ‘memanas’. Yang jadi soalkan bukan pemain, tapi supporter yang berada di luar lapangan. Saya kira itu salah satu yang kurang diantisipasi oleh panitia. Kemudian, jadwal permainan, iya, jadwal pertandigan yang rapat, jadi tim tidak punya waktu yang cukup untuk istirahat karena harus langsung bermain lagi,”

Irwandi mengakhiri komentarnya dengan harapan yang lebih baik lagi untuk UKOS ke depannya. “Harapan untuk tahun berikutnya semoga Tim Futsal UKOS bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi. Begitu juga dengan cabang olahraga lainnya, sehingga prestasi UKOS tidak hanya satu bidang saja, tapi mampu meraih banyak prestasi dicabang olahraga lainnya,” pungkasnya.

Senada dengan Kapten Tim, Irwandi, Rafi, salah seorang pemain futsal UKOS juga merasa senang atas capaian Tim Futsal UKOS untuk tahun ini di POMNAND. “Saya kira salah satu yang menjadi kekuatan dan kekompakan kami tahun ini adalah kami cukup aktif melakukan latihan,” ujarnya.

Langlang Sandi Buana, yang dipercaya sebagai manager untuk menangani tim futsal UKOS FIB Unand mengapresiasi kerja tim selama bermain. “Saya tentu senang dengan capaian Tim Futsal UKOS tahun ini. Meski baru kuat di peringkat ke-3, tapi kita harus bangga karena sampai pada tahap itu aja kita butuh kerja keras, disamping jadwal permainan yang padat, sehingga pemain tidak punya waktu yang cukup untuk istirahat,” ungkapnya yang akrab disapa Langlang.

Langlang juga membenarkan adanya kritikan yang dilakukan oleh timnya. “Iya, saya kira wajar saja kan kalau tim itu terkadang melakukan protes karena memang ada juga beberapa hal yang menurut penilain kami panitia kurang mengantisipasi.  Misalnya terjadi kontak fisik pemain di lapangan. Harusnya panitia mengantisipasi agar yang di luar lapangan tidak masuk ke lapangan. Itu salah satu antisipasi yang kurang dari panitia menurut kami. Tapi saya berusaha cepat untuk menenangkan pemain agar tidak terpancing untuk melakukan hal yang lebih jauh, dan tetap menjaga sportifitas,” jelasnya.

Langlang lalu menyebutkan jumlah total pemain tim futsal yang diturunkan oleh UKOS FIB. “Jadi kami menurunkan 11 pemain di antaranya: Irwandi, Rafildo, Juan, Wawan, Muslim, Alvin, Putra, Khairil Irsal, Dio, Willy, dan Arif. Total kami bermain itu sebanyak 6 kali sampai final. Sistem yang digunakan adalah grup. Dari grup, dua tim yang lolos kemudian saling bertemu lagi. Untuk final itu final segitiga. Jadi semua tim saling bertemu. Untuk manager tim itu ada dua orang, saya sendiri dan dibantu oleh Joseph,”sebutnya.

Diakhir komentarnya Langlang juga menaruh harapan kepada UKOS. “Saya berharap semoga ke depannya tim UKOS bisa meningkatkan prestasinya di semua cabang olahraga. Sebisa mungkin pemain juga memang secara rutin untuk melakukan latihan. Jadi persiapan untuk mengikuti lomba juga matang,” harapnya.

 

Reporter: Jusman, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 50 times