Senin, 06 Agustus 2018 05:56

Jumlah Mahasiswa Baru S1 FIB Unand Angkatan 2018 Meningkat

FIB - FIB Unand kembali menerima putra-putri terbaik dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Dengan diumumkannya hasil SMMPTN (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri) pada tanggal 27 Juli 2018 lalu, maka total mahasiswa baru (maba) FIB Unand angkatan 2018 berjumlah 403 orang.

Roni Saputra S.T., yang merupakan admin SIA FIB Unand, mengatakan bahwa total mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) di FIB Unand berjumlah 111 orang. Tambahnya, ada sebanyak 237 orang yang lulus melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), 51 orang diterima melalui jalur SMMPTN (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri), 3 orang melalui jalur afirmasi, dan 1 orang mahasiswa asing..

Untuk lebih rincinya jumlah maba angkatan 2018 FIB Unand yang diterima per jurusan, seperti yang dilansir ICT FIB pada tanggal 1 Agustus 2018 adalah seperti dalam tabel berikut:

Dafruddin, S.PT., selaku Kasubag Pendidikan dan Kemahasiswaan, menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa baru pada tahun 2018 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Pada tahun ini jumlah mahasiswa kita lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 total mahasiswa FIB Unand berjumlah 353 orang. Sementara, untuk tahun sekarang jumlah mahasiswa kita berjumlah 403 orang. Jika kita amati, peningkatan ini cukup significant. Melihat hal seperti ini tentunya kita merasa senang karena hal ini mengindikasikan bahwa banyak orang yang sudah mulai mengenal FIB Unand. Kita juga berharap agar jumlah mahasiswa baru di FIB Unand dapat meningkat setiap tahunnya,” ungkapnya.

Menanggapi kenaikan jumlah mahasiswa baru FIB Unand pada tahun 2018 ini, Dekan FIB Unand, Dr. Hasanuddin, M.Si. sangat antusias.

“Kami sangat senang melihat peningkatan mahasiswa baru di FIB Unand pada tahun ini. Pertama, FIB sudah dilihat sebagai fakultas yang layak untuk dimasuki. Seperti yang kita tahu, selama ini orang kan selalu berpikir  kuliah di eksakta karena orientasinya teknologi dan lapangan pekerjaannya jelas. Jika masuk ke FIB mereka bertanya-tanya akan bekerja dimana setelah lulus nanti. Dengan meningkatnya IT kita menduga bahwa masyarakat sudah mulai mengetahui bahwa pendidikan tidak selalu korelasinya dengan pekerjaan yang konkrit. Sesungguhnya, lulusan FIB Unand bisa bekerja dimana saja. Misalnya saja, kita bisa bekerja di Bank karena di Bank mereka membutuhkan orang-orang yang paham dengan budaya. Hal ini juga berlaku di sektor yang lain, misalnya sektor industri, untuk melihat sasaran pasar dan bagaimana karakter pasar juga di butuhkan orang yang paham dengan budaya,” ujarnya.

“Kita percaya bahwa mahasiswa baru (maba) FIB Unand pada tahun 2018 ini adalah putra-putri terbaik bangsa. Kita berharap kepada mereka semua, ketika sudah masuk ke lingkungan FIB Unand, mereka dapat serius, fokus, dan dapat mengikuti proses serta aturan yang ada. Setelah itu, kami juga berharap agar mereka tetap berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas diri sehingga bisa menjadi lulusan yang terbaik nantinya,” pungkasnya.

Reporter: Mita Handayani, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 192 times