Selasa, 07 Agustus 2018 00:08

UKMF FSI FIB Ikut Tampil di BAKTI Universitas Andalas Tahun 2018

FIB – Pada Sabtu (04/08/2018), bertempat di pintu belakang auditorium Universitas Andalas, UKMF FSI FIB, yang berkolabosasi dengan FKI Rabbani dan FSI se-Unand, melakukan latihan bersama untuk persiapan penampilan BAKTI Universitas Andalas tahun 2018 sebagai wujud koordinasi lembaga dakwah kampus di Universitas Andalas.

Universitas Andalas kembali mengadakan kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah atau yang akrab disebut BAKTI. Kegiatannya antara lain pengenalan seputar kampus, dan tidak terkecuali pengenalan Unit Kegaiatan Mahasiswa (UKM).

Pada tahun ini FSI FIB Unand ikut andil dalam pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat universitas. Keikutsertaaan tersebut merupakan wujud dari realisasi koordinasi antara FKI Rabbani dan FSI se-Unand sebagai sesama lembaga yang bergerak dibidang dakwah kampus atau yang lebih dikenal dengan LDK (Lembaga Dakwah Kampus).

Koordinasi antara FSI FIB Unand, FKI Rabbani, dan FSI se-Unand untuk tampil di BAKTI Universitas Andalas Tahun 2018 disepakati melalui rapat yang disebut forum koordinasi (FORKOR). Agenda tersebut menghasilkan beberapa poin, diantaranya: berapa FSI yang ikut andil dalam penampilan saat BAKTI, konsep penampilan, teknis, delegasi antar FSI, dan penjadwalan.

Berdasarkan hal tersebut FSI yang ikut andil dalam kegiatan ini sebanyak 20 FSI termasuk yang dari kampus II Payakumbuh. FSI FIB Unand termasuk sebagai salah satu FSI yang bisa untuk ikut andil dalam penampilan BAKTI Universitas Andalas 2018.

Konsep penampilan berdasarkan hasil rapat forum koordinasi berupa atraksi bendera (bendera masing-masing FSI), pembuatan gambar mozaik yang bertuliskan kata sambutan kepada mahasiswa baru, dan reka adegan peristiwa di Palestina yang diiringi orasi keagamaan.

Andil FSI FIB Unand di kegiatan ini tak terlepas dari konsep acara, dimana delegasi dari FSI FIB ikut berperan dalam reka adegan, atraksi bendera, dan mozaik.

“Ikut sertanya FSI se-Unand dalam kegiatan ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa ukhuwah (persaudaraan) dalam dakwah ini erat, saling bekerja sama dalam satu ikatan seperti ayat di dalam surat Al-Ashr (Demi masa), nasehat- menasehati dalam kesabaran dan kebenaran,” ujar Hazira Qursian selaku PLT Ketua Umum FKI Rabbani.

“Penampilan ini sendiri bertujuan sebagai gerbang awal perkenalan dunia dakwah kepada mahasiswa baru,” tambahnya.

Pentingnya kegiatan ini selain bertujuan memperkenalkan lembaga dakwah kampus pada mahasiswa baru, menurut Amelia Khoirunnisa (Ketua Keputrian FSI FIB Unand) adalah untuk menjadi sarana bagi mahasiswa dalam mengenal lingkungan kampus yang madani, yang nantinya akan berpengaruh pada karakter Islami yang tercermin dalam setiap aktifitas mahasiswa.

Sebagai tambahan katanya itu juga menjadi sarana mahasiswa dalam mendapatkan pengalaman keorganisasian yang nantinya berguna dalam peningkatan soft skill mahasiswa tersebut.

Reporter: Riski Syukri Zalukhu, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 110 times