Sabtu, 11 Agustus 2018 06:14

Untuk Pertama Kali, Humas FIB Unand Sosialiasikan Program kepada Mahasiswa Baru

FIB—Dalam rangka penyambutan mahasiswa baru, Humas FIB Unand juga memperkenalkan diri sebagai salah satu unit yang berada di bawah naungan fakultas. Pada Kamis (9/8/2018), Humas FIB Unand memperkenalkan struktur humas secara langsung di hadapan mahasiswa baru. 

Ananda Sabrina dan Rafly Adhitya mendapat kesempatan sebagai protokoler dalam penyampaian informasi mengenai Humas FIB Unand. Mereka didampingi oleh sejumlah reporter, yakni Jusman (Jurusan Ilmu Sejarah), Mitha Handayani (Jurusan Sastra Inggris), Ahmad Beni Albahri (Jurusan Sastra Jepang), Widya Glawri (Jurusan Sastra Indonesia), Kiata Sadela (Jurusan Sastra Jepang), Sonia (Jurusan Sastra Indonesia), Maysharah Al Hafizah (Jurusan Sastra Jepang), Riski Syukri Zalukhu (Jurusan Ilmu Sejarah), dan Lusi  Andriani (Jurusan Sastra Indonesia).

Dengan mengusung konsep kekompakan, Humas FIB Unand ingin mendapatkan respons atau simpatik dari mahasiswa baru. Masing-masing reporter menyampaikan quote tentang pengalaman mereka selama bergabung dalam dunia jurnalistik. Hal ini ditampilkan agar mahasiswa baru tahu arah yang dituju. Salah satunya akan bergabung menjadi reporter dalam unit Humas FIB Unand.

Selanjutnya, Ananda Sabrina dan Rafly Adhitya mempromosikan Humas FIB Unand sebagai wadah bagi mahasiswa baru berkarya dalam menulis dan juga mengasah kemampuan jurnalistik. Melalui video yang berisi foto-foto kegiatan Humas FIB Unand, Jusman sebagai koordinator Promosi Humas FIB mengungkapkan agar ada yang tertarik untuk bergabung.

“Pada awalnya, kami, para reporter, diminta untuk menyiapkan diri untuk tampil sebagai perwakilan Humas FIB Unand. Berhubung ini kesempatan bagus untuk menambah jumlah reporter, saya dan reporter lain berinisiatif membuat video dan menyusun skenario untuk ditampilkan di hadapan mahasiswa baru. Alhamdulillah, kami berhasil melakukan,” jelasnya.

Jusman melihatnya dari animo mahasiswa baru dalam menerima informasi yang diberikan. “Arahan yang diberikan oleh Humas FIB diterima baik oleh mahasiswa baru. Bahkan, mereka bersemangat ketika Humas FIB Unand mengadakan permainan tebak gambar. Mahasiswa baru tunjuk tangan untuk menjawab teka-teki yang diberikan,” ungkapnya. 

Tidak hanya itu, diskusi pun berjalan lancar karena banyak  mahasiswa yang memberikan pertanyaan seputar Humas FIB Unand.  Oleh karena itu, pada akhir acara, reporter menyerahkan hadiah berupa stiker khusus yang dibuat untuk mahasiswa baru yang berhasil menjawab pertanyaan atau yang berhasil mendapatkan kesempatan bertanya kepada Humas FIB Unand.

Terkait progres dari Humas FIB Unand, Ria Febrina, S.S., M.Hum. selalu dosen pendamping sekaligus editor dalam berita yang ditulis oleh reporter FIB menyatakan bahwa tahun ini merupakan tahun spesial bagi keberadaan humas di FIB Unand.

“Humas sebagai salah satu unit di FIB Unand sudah ada sejak tahun 2015. Kala itu, saya dan Pak Rahmadi bekerja sama untuk menghadirkan berita seputar fakultas dengan melibatkan beberapa orang mahasiswa. Namun, mulai 2018 ini, Humas didukung penuh oleh Dekan FIB Unand. Pak Hasanuddin, Pak Rumbardi, Bu Imelda, dan Pak Ferdinal memberikan ruang khusus untuk Humas FIB di sebelah ruang Bapem Fakultas. Alhamdulillah, sejak Februari 2018 hingga sekarang, Humas FIB secara kontiniu menerbitkan satu berita setiap hari. Ini semua berkat kerja sama reporter, Pak Ayendi, Pak Rahmadi, serta Ibu Sari Suryani,” ujar Dosen Jurusan Sastra Indonesia ini.

“Spesialnya” tahun ini didukung juga oleh kesempatan yang diterima Humas FIB Unand dalam memperkenalkan diri kepada mahasiswa baru. “Ini tahun pertama Humas FIB Unand secara langsung mengadakan sosialisasi kepada mahasiswa baru. Tentunya ini menjadi langkah baik. Semoga pada September 2018 nanti, Humas FIB Unand akan kedatangan banyak calon reporter dari kalangan mahasiswa angkatan 2018, khususnya melalui pelatihan jurnalistik yang akan diselenggarakan pada bulan tersebut,” ungkap Ria Febrina, S.S., M.Hum.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Ria Febrina, S.S., M.Hum. bahwa setiap tahunnya, Humas FIB Unand akan menerima reporter baru. Bahkan, tahun ini, program humas tidak hanya melahirkan reporter, tetapi juga protokoler.

“Kami akan menyeleksi calon reporter dan juga calon protokoler yang akan difasilitasi untuk mendukung setiap kegiatan seminar ilmiah, pelatihan, dan workshop di FIB Unand,” ungkapnya.

Menurut Ria Febrina, S.S., M.Hum., Dekan FIB Unand berharap agar protokoler dan reporter diturunkan sekaligus dalam setiap iven fakultas. Dengan adanya langkah ini, diharapkan Humas FIB Unand semakin jaya dan dikenal oleh semua pihak, baik dosen, mahasiswa, tendik, alumni, bahkan stakeholder.

“Humas FIB Unand merupakan satu-satunya humas yang dikelola secara penuh oleh mahasiswa dan dosen. Semua tim bekerja sama berdasarkan kesadaran dan rasa kekeluargaan sehingga masing-masing saling mengisi ruang yang kosong sesuai dengan proporsi waktu dan tenaga yang ada,” ungkap Ria Febrina, S.S., M.Hum.

Reporter: Widya Glawry, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 103 times