Senin, 13 Maret 2017 15:04

Mahasiswa Ilmu Sejarah Raih Hadiah Utama dalam Jalan Santai Keluarga Besar FIB Unand

Sambutan oleh Dekan FIB Unand dalam rangka Jalan santai Lustrum ke -7 FIB Unand
Sambutan oleh Dekan FIB Unand dalam rangka Jalan santai Lustrum ke -7 FIB Unand

FIB--Medan nan Balinduang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas menjadi riuh ketika pembawa acara menyatakan bahwa Tegar, mahasiswa Jurusan Ilmu Sejarah, mendapatkan hadiah utama dalam kegiatan Jalan Santai Keluarga Besar FIB Unand, Sabtu (11/3/2017). Diiringi oleh teman-temannya, ia mengendarai sepeda dan berkeliling sejenak di atas pentas sebagai bentuk selebrasi mendapatkan hadiah utama.

Inilah kebahagiaan yang dirasakan oleh dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan juga keluarga besar Fakultas Ilmu Budaya Unand dalam memperingati Lustrum VII FIB Unand ini. Sejak pagi, civitas akademika FIB Unand melakukan jalan santai dan kemudian bernyanyi dan bergoyang bersama sembari menerima doorprize.

Perjalanan FIB sejak 7 Maret 1982 hingga 7 Maret 2017 ini memang patut diapresiasi karena perkuliahan yang dilaksanakan sepanjang hari tidak bisa mengumpulkan seluruh civitas akademika bersama. Kegiatan jalan santai ini menjadi ajang untuk bersilaturahmi dengan seluruh keluarga besar FIB Unand itu sendiri.

Jalan santai Lustrum ke -7 FIB Unand
Jalan santai Lustrum ke -7 FIB Unand

Jalan santai yang digelar oleh FIB Unand ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unand, Prof. phil. Gusti Asnan di depan gedung FIB Unand. Dalam sambutannya, Dekan FIB Unand menyampaikan bahwa acara ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk berkumpul dan bergembira bersama.

"FIB Unand tengah merayakan ulang tahun ke-35. Oleh karena itu, seluruh warga FIB harus berbahagia dan bergembira bersama merayakan hari ulang tahun FIB. Acara jalan santai ini harus menjadi ajang bergembira untuk kita semua," ujar Dekan FIB Unand.

Lebih lanjut, Prof. phil. Gusti Asnan mengungkapkan dalam penutupan kegiatan bahwa selama tahun 2017 ini, FIB Unand akan melakukan sejumlah kegiatan untuk merayakan hari jadi. "Saya berharap semua civitas akademika dapat mengikuti semua kegiatan fakultas, khususunya kegiatan pengabdian kepada masyarakat. FIB Unand akan menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat Limau Manis. Acara ini akan diadakan serentak dan diharapkan juga adanya keterlibatan mahasiswa FIB untuk ikut menyelenggarakan kegiatan ini," jelas Dekan FIB Unand setelah diumumkan tiga grup penonton kompak dan terheboh dalam jalan santai ini.

Prof. phil. Gusti Asnan mengungkapkan bahwa FIB Unand telah menyiapkan sejumlah acara berupa kuliah umum, seminar, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karenanya, FIB Unand mengharapkan keterlibatan semua mahasiswa terkait kegiatan tersebut.

"Marilah kita bersama-sama bergembira merayakan rangkaian acara Lustrum ke-7 FIB," ungkap Dekan FIb Unand.

Mengenai acara jalan santai ini, civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya Unand berjalan bersama Dekan FIB Unand mulai dari depan gedung FIB menuju Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, Politeknik Negeri Padang, UPT Peternakan, Lapangan Pramuka, Fakultas Ekonomi, Rektorat, Gedung Convention Hall, Fakultas Hukum, dan FISIP. Jalan santai ini pun berakhir dengan kembali ke Gedung Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Penerima Hadiah Utama Mahasiswa Sejarah FIB Unand
Penerima Hadiah Utama Mahasiswa Sejarah FIB Unand

Selepas jalan santai, seluruh peserta jalan santai diajak bergembira bersama di Medan Nan Balinduang untuk bernyanyi dan bergoyang bersama, serta melakukan pengundian hadiah jalan santai. Sejumlah hadiah berupa kipas angin, jam dinding, lampu charge, senter, sajadah, sendal, kotak tissu, hingga sebuah sepeda pun telah dibawa pulang.

Tak hanya itu, dalam acara tersebut, juga dilakukan pemilihan peserta terheboh yang terbagi atas lima jurusan, yaitu Jurusan Sastra Indonesia, Jurusan Sastra Daerah Minangkabau, Jurusan Sastra Inggris, Jurusan Ilmu Sejarah, dan Jurusan Sastra Jepang. Penyeleksian yang dilakukan telah menobatkan Jurusan Sastra Indonesia sebagai peserta terheboh pertama, Jurusan Sastra Jepang sebagai peserta terheboh kedua, dan Jurusan Sastra Daerah Minangkabau sebagai peserta terheboh ketiga.

Humas FIB: Ria Febrina dan Gading Rahmadi

Read 492 times