Dalam Rangkaian Lustrum VII FIB Unand, Mahasiswa Baru Kembali Dikenalkan dengan UKM, Hima, dan BEM Fakultas

21 Maret 2017

FIB—Panitia penerimaan mahasiswa baru dan Pimpinan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas kembali menyelenggarakan pengenalan UKMF, Hima, dan BEM FIB Unand kepada mahasiswa baru angkatan 2016. Pada Sabtu (11/3/2017), setelah diselenggarakan jalan santai dalam rangkaian Lustrum VII FIB Unand, seluruh mahasiswa angkatan 2016 dikumpulkan di Ruang Seminar FIB Unand.

Pengenalan UKM, Hima, dan BEM FIB ini diselenggarakan kembali karena terhenti pada saat pelaksanaan orientasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2016 beberapa waktu lalu. Penghentian orinetasi disebabkan oleh kesalahpahaman antara panitia dan pimpinan yang membuat keputusan bahwa masa orientasi hanya berlangsung selama satu hari saja. Meskipun sempat dihentikan, perkenalan UKM, Hima, dan BEM FIB ini dilanjutkan kembali untuk keberlangsungan kegiatan mahasiswa baru angkatan 2016.

Dekan FIB Unand, Prof. phil. Gusti Asnan menyatakan bahwa pengenalan UKMF, Hima, dan BEM FIB kepada mahasiswa baru angkatan 2016 sangat diperlukan untuk menunjang kreativitas mahasiswa yang bersangkutan selama melaksanakan perkuliahan.

“Ananda sebagai mahasiswa baru, pendatang baru di lingkungan FIB ini, membutuhkan media serta membutuhkan ruang untuk menampakkan eksistensi. Ruang untuk tampil berekspresi yang bukan hanya eksis di media sosial, seperti WA dan FB saja, melainkan juga tampil dalam UKM yang ada dalam FIB ini dengan harapan Ananda mampu berinovasi,” ungkap Dekan FIB.

Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut, seluruh UKM FIB, di antaranya Teater Langkah, FSI, UKOS, Mapastra, BSTM, Cermin, Sastra Production, LPK, dan Rel Air menampilkan sejumlah prestasi dan juga pertunjukan. Bahkan, Teater Langkah memberikan pertunjukan yang juga diikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2016. Sementara itu, seluruh Hima dan BEM FIB menampilkan profil dan kegiatan yang dilakukan dalam ruang lingkup organisasi tersebut.

Lebih lanjut terkait kesempatan pengenalan UKMF, Hima, dan BEM FIB ini, Dekan berharap agar para pengurus bisa mempresentasikan profil serta prestasi mereka. “Jika ada yang menurut Ananda terbaik, pilihlah untuk bergabung. Masuk dalam sebuah organisasi di FIB ini fardu ain hukumnya,” ujar Prof. Phil Gusti Asnan sambil tertawa.

Dekan FIB Unand juga menyatakan bahwa syarat lulus bagi mahasiswa ialah dengan mengumpulkan SAPS. “SAPS diperoleh dengan mengikuti organisasi. Semakin banyak memperoleh SAPS, semakin besar peluang agar tidak canggung lagi untuk di dunia kerja,” ujarnya.

Prof. phil. Gusti Asnan berharap agar mahasiswa baru angkatan 2016 dapat bergabung dengan UKM di FIB, khususnya untuk menjalin silaturahmi dengan senior, dosen, dan alumni. Dengan terselenggaranya pengenalan UKMF, Hima, dan BEM FIB ini, Dekan pun mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara karena kembali berhasil melaksanakan kegiatan yang sempat terputus.

 

Reporter: Dini Alvionita, Editor: Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

Read 300 times