Jurusan Sastra Inggris Unand Adakan Workshop Pengelolaan Arsip

22 Maret 2017

FIB—Dalam rangka memperingati Lustrum VII Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Sastra Inggris berkerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mengadakan “Workshop Pengelolaan Arsip Pribadi dan Institusi”. Workshop ini menghadirkan Tedi Irawan, S.S., Kepala Pemeliharaan dan Pelestarian Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatra Barat.

Workshop yang diikuti oleh pegawai dari fakultas dan juga pegawai universitas, serta dosen Fakultas Ilmu Budaya, berlangsung pada 15 Maret 2017 di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya. Dr. Rina Marnita, MA, Ketua Jurusan Sastra Inggris menyatakan bahwa pemilihan tema arsip dalam workshop dikarenakan arsip itu penting, salah satunya untuk akreditasi.

“Kita menyadari bahwa arsip itu penting, terlebih untuk akreditasi jurusan. Untuk itu, Jurusan Sastra Inggris mengadakan workshop yang diperuntukkan bagi karyawan dan juga dosen agar mengelola arsip dengan baik,” tuturnya.

Dalam materinya, Tedi Irawan, S.S. menjelaskan pentingnya menjaga arsip pribadi dengan baik. Apalagi, menjaga dan mengelola arsip institusi. ”Saya ingin Universitas Andalas mempunyai pengelolaan arsip yang baik, menggunakan retensi arsip, dan pengkodean arsip yang jelas dan tetap untuk diberlakukan ke semua fakultas,” papar Tedi Irawan, S.S.

Dalam workshop tersebut, Tedi Irawan, S.S. memperagakan cara mengarsipkan bahan yang hanya berupa kertas, amplop, atau map. Menurutnya, masing-masing jenis berbeda perlakukan dan juga dikemas dengan box arsip yang berbeda. Bahkan, Tedi Irawan, S.S. juga mengungkapkan pentingnya mengelompokkan arsip untuk memisahkan arsip yang harus disimpan sepanjang waktu dengan arsip yang sudah bisa dibuang.

Menanggapi materi tentang pengelolaan dan pemeliharaan arsip ini, Dr. Sawirman menyatakan bahwa informasi yang disampaikan Tedi Irawan, S.S., sebagai narsumber tersebut sangat penting. “Informasi ini sangat berharga bagi saya karena salah satu yang penting bagi manusia ialah arsip,” ujar Dosen Jurusan Sastra Inggris ini.

Reporter: Sonia, Editor: Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

Read 414 times