FIB- Diwawancarai oleh Tim Humas FIB Unand disela-sela waktunya menunggu menguji ujian kompre S1 pada Selasa, (10/7/2018), di kala itu ia masih di Ruang Sidang Dekanat FIB Unand, Prof. Dr. Oktavianus, M.Hum., salah seorang professor dari Jurusan Sastra Inggris FIB Unand, menjabarkan tentang bidang keilmuannya yang terkait dengan disertasinya dahulu, lalu penelitian-penelitian lanjutannya setelah itu, dan area penelitiannya baru-baru ini, serta aktivitas akademik lainnya.

FIB - Dr. Ike Revita, M.Hum., dosen Jurusan Sastra Inggris FIB Unand, menjadi pembicara dalam acara Kuliah Umum di Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks), Provinsi Riau pada tanggal 7 Juli 2018 dengan judul Analisis Bertutur Mahasiswa Zaman Now: Antara Teori dan Realita. Kuliah mum ini merupakan acara yang digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniks.

FIB - Jurusan Sastra Minangkabau FIB Unand bekerja sama dengan Diektorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan mengadakan acara Lokakarya Warisan Budaya Indonesia pada tanggal 7-8 September 2018 bertempat di Hotel Grand Zuri Padang.

FIB - Setelah sukses menggelar Andalas Film Exhibition (AFE) pada tahun lalu, tahun 2018 ini Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Metasinema (sebelumnya memiliki nama Relair Cinema)  Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand, kembali mengadakan  festival film dengan nama  ‘Andalas Film Festival’ (Affest).

FIB- Dijumpai di Dekanat FIB Unand pada Jum’at (6/7/2018), Tim Humas FIB Unand langsung mewawancarai Prof. Dr. phil. Gusti Asnan terkait dengan fokus penelitiannya selama ini dan yang ditelitinya saat sekarang, serta aktifitas akademik lainnya yang rutin ia lakukan hingga saat sekarang. 

Menjawab pertanyaan pertama seputar fokus penelitian, Prof. Dr. phil Gusti Asnan menampilkan bahwa selama ini ia fokus meneliti tentang Sejarah Maritim. Apalagi judul disertasinya pada Program Doktor dari tahun 1994-1998 lalu di Fakultaet Fuer Sozial-Und Geisteswissenchaften Universitaet Bremen, Germany, adalah tentang ‘Trading and Shipping Activities: The West Coast of Sumatra 1819-1906’.

“Kebanyakan selama ini memang concern dan meneliti tentang Sejarah Maritim. Tapi tentang disertasi dahulu ambo (saya) juga banyak juga meneliti tentang Sumatera Barat dan Minangkabau khususnya sehingga dak tau pulo ambo (tidak tahu juga saya), orang banyak menyebut ahli Sejarah Minangkabau. Jadi duo (dua) lahan, maritim sebagai yang utama, tapi perhatian yang besar juga tentang sejarah Minangkabau,” ungkapnya.

Yang sangat menarik dan agak berbeda dari fokus penelitiannya selama ini, Prof. Dr. phil Gusti Asnan menyebutkan saat ini ia sedang meneliti sesuatu yang agak kontemporer, yaitu tentang gaya hidup, dunia hiburan, dan kuliner Minang dari perspektif Sejarah. “Karena kan sejarah itu yang menariknya apa yang sedang menjadi perhatian di tengah masyarakat,” katanya.

“Yang lagi sedang hangat-hangatnya diperbincangkan saat ini adalah tentang gaya hidup, dunia entertainment, dan kuliner Minang. Kan banyak pemberitaan informasi-informasi yang tayang di televisi tentang gaya hidup, entertaiment dan kuliner Minang ko (ini),” ungkapnya lagi.

Untuk penelitian terbarunya tersebut, ia melihatnya dari perspektif sejarah. Ia memulainya dari legenda zaman dahulu, mitologi, dan cerita-cerita rakyat sampai kenyataannya hari ini. “Jadi baa (bagaimana) perubahan dan keberlanjutannya dunia hiburan dan kuliner Minang,” tuturnya.

Terkait dengan produk buku dari hasil penelitian tersebut harapnya itu bisa terbit kalau tidak tahun ini atau tahun depan paling lambat. Meskipun secara khusus untuk penelitian tesebut ia mengungkapkan tidak ada yang mendanai, tetapi ia mendapat bantuan, yaitu dari Jepang dan pernah juga dapat bantuan dari The British Broadcasting Corporation (BBC).

Beralih ke aktifitas pengabdiannya, Prof. Dr. phil Gusti Asnan menyampaikan secara khusus ia diminta untuk bekerja di beberapa lembaga dan instansi pemerintahan daerah.

“Saya diminta seperti di Dewan Harian Daerah (DHD) Angkatan 45 Sumatera Barat sebagai narasumber tetap. Di sana sebagai konsultan juga. Juga di beberapa instansi daerah seperti pemerintahan nagari diminta sebagai narasumber dan konsultan. Direktorat Sejarah di Jakarta, tetap, dari awal tahun 2000, sebagai narasumber, sebagai reviewer jurnalnya, jadi penulis buku tentang sejarah yang mereka lakukan. Ada juga universitas di luar Sumatera Barat pun ada kerjasama atau sekolah tinggi lain yang ada di Riau,” jelasnya

“Ada juga diangkat sebagai panitia-panitia seminar dan konferensi, koordinator jurnal FIB Unand, dan juga kegiatan yang dikoordinir atau ada juga yang ditarik di luar Unand. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar, kalimantan, Kepulauan Riau, ikuik ambo (ikut saya) di situ,” tambahnya.

Berkenaan dengan persepsi masyarakat tentang sejarah, Prof. Dr. phil Gusti Asnan menyatakan jika masyarakat tidak tahu tentang sejarah, jadinya pula mereka tidak tahu pula bagaimana memberikan apresiasi yang bagus tentang sejarah. Tapi setelah mereka sadar dan tahu tentang sejarah, mereka akan memberikan apresiasi yang bagus tentang sejarah.

Adapun mata kuliah yang ia ampu yang linier dengan bidang ilmunya, baik untuk S1 di Jurusan Ilmu Sejarah maupun Program S2 di Prodi Ilmu Sejarah FIB Unand adalah sebagai berikut:

Di S1 Jurusan Ilmu Sejarah FIB Unand 

  1. Historiografi Umum
  2. Historiografi Indonesia
  3. Metode Penelitian Sejarah
  4. Teori Metodologi Sejarah
  5. Sejarah Minangkabau
  6. Sejarah Publik
  7. Sejarah Maritim
  8. Geografi Sejarah

Di S2 Prodi Ilmu Sejarah FIB Unand

  1. Sejarah Maritim
  2. Sejarah Publik
  3. Teori dan Metodologi Sejarah
  4. Filsafat Ilmu
  5. Sejarah Asia Tenggara

 

Tim Humas: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

FIB- Dr. M. Yusdi, M.Hum. mengikuti kegiatan Konferensi Internasional Asosiasi Peneliti Bahasa Lokal (APBL) cabang Kupang sebagai presenter, sekaligus melakukan penjajakan kerjasama mewakili Dr. Hasanuddin, M.Si., Dekan FIB Unand, dengan FKIP Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (28/6/2018).

FIB−Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Forum Studi Islam (UKMF FSI) FIB Unand membuka stan Bimbingan Mahasiswa Baru (Bimba) jalur SBMPTN yang mendaftar ulang di Auditorium Unand pada Kamis, 12/7/2018.

FIB: Diwisuda pada tanggal 19 April 2018 lalu, Zurmailis, M.Hum., resmi meraih gelar ‘Doktor’ bidang Sejarah Sastra dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebenarnya ia tidak sendirian saat diwisuda untuk pencapaian jenjang pendidikan akademik tertinggi tersebut, Diah Noverita, M.Hum., teman dan kolega sejawatnya dari Jurusan Sastra Minangkabau FIB Unand juga turut serta.

FIB- Pada lokasi dan waktu yang bersamaan setelah diwawancarai oleh Tim Humas FIB Unand terkait dengan hilirisasi dan komersialisasi ciptaan motif-motif batiknya pada Minggu (8/7/2018) di Lapangan Tenis dekat PKM Unand, kemudian atas wawancara berikutnya, Prof. Dr. Herwandi, M.Hum. memberikan keterangan seputar profil aktifitas Tridharma Perguruan Tinggi yang telah digelutinya selama ini. 

FIB- Bertempat di Lapangan Tenis Unand pada pagi Minggu (8/7/2018) sehabis berolahraga tenis yang menjadi hobinya, Prof. Dr. Herwandi, M.Hum. dalam suasana santai memaparkan kepada Tim Humas FIB Unand yang kebetulan memiliki hobi olahraga yang sama, yaitu tentang bagaimana ia menemukan, menciptakan, menghilirisasikan, dan mengkomersialisasikan motif-motif batik artefek seni yang unik dan menarik.