Berdasarkan surat dari Wakil Rektor I Nomor : 5157/UN16.WR1/PP/2017 perihal Batas Studi Program Studi S2 dan S3 pada Program Pascasarjana Universitas Andalas dengan ini disampaikan bahwa sesuai dengan Peraturan Akademik Universitas Andalas Nomor 3 Tahun 2016 pasal 69 ayat 2 dan 3 bahwa:

  1. Mahasiswa Program Strata dua (S2) yang telah kuliah efektif 8 (delapan) semester (Angkatan 2013 dan sebelumnya) harus sudah selesai tanggal 31 Juli 2017.
  2. Mahasiswa program strata tiga (S3) yang telah kuliah efektif 14 (empat belas) semester (Angkatan 2010 dan sebelumnya) harus sudah selesai tanggal 31 Juli 2017.

Berdasarkan butir 1 (satu) dan butir 2(dua) tersebut di atas, mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan studinya sesuai batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tersebut tidak dapat lagi melanjutkan studi (DO). Universitas Andalas memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan studinya sampai batas waktu tersebut diatas, dapat mengajukan permohonan pengunduran diri yang diketahui oleh Ketua Program Studi dan Dekan/Wakil Dekan I Fakultas dengan melunasi semua tunggakan SPP. Mahasiswa yang bersangkutan dapat mendaftar kembali dengan nomor BP baru dengan mempertimbangkan mata kuliah yang sudah lulus.

Demikian disampaikan, atas perhatian diucapkan terimakasih.

an. Dekan,

ttd

Wakil Dekan I FIB Unand

 

NB : Surat Resmi silahkan unduh dibawah ini:

 

6 Balon Dekan periode 2017-2021 sedang memaparkan Visi, Misi dan Program Kerja (VMPK)FIB—Prof. Dr. Herwandi, M.Hum., bakal calon dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas mendapatkan suara terbanyak dalam rapat forum dosen/pemilihan tingkat dosen untuk pemilihan calon dekan periode 2017—2021, pada Senin, 17 April 2017. Sebanyak 28 suara diperoleh bakal calon nomor 4 tersebut dari 79 dosen aktif FIB Unand yang memberikan hak suara di Ruang Seminar Fakultas.

Selanjutnya, secara berturut-turut suara terbanyak yang diperoleh masing-masing bakal calon dekan lainnya ialah Dr. Rina Marnita, M.A. sebanyak 15 suara, Dr. Hasanuddin, M.Si. sebanyak 12 suara, Prof. Dr. Oktavianus, M.Hum. sebanyak 10 suara, Dr. Gusdi Sastra, M.Hum. sebanyak 4 suara, dan Dr. Maizufri, M.S. sebanyak 2 suara. Sementara itu, sebanyak 8 suara dinyatakan batal karena pemilih menyilang surat suara dan memilih lebih dari satu balon dekan.

Ketua Panitia Pemilihan Dekan FIB Unand periode 2017—2021, Dr. Syafril, M.Hum., menyampaikan terima kasih kepada seluruh dosen FIB Unand karena telah menggunakan hak suara dalam penjaringan bakal calon dekan menjadi calon dekan FIB Unand Periode 2017—2021. Selanjutnya, pada 26 April 2016, ketiga calon dekan tersebut akan dipilih oleh anggota senat menjadi Dekan FIB Unand periode 2017—2021.

Terkait balon dekan FIB Unand, Dr. Syafril, M.Hum. mengungkapkan bahwa panitia telah mengundang dan mendaulat sejumlah dosen yang dianggap memenuhi persyaratan umum. “Sebanyak 15 orang dosen dinyatakan memenuhi syarat, lalu panitia menghubungi secara langsung dan memberikan berkas pendaftaran kepada bakal calon dekan tersebut,” ungkap Dr. Syafril, M.Hum.

“Alhamdulillah, pada hari terakhir pendaftaran, sebanyak enam bakal calon dekan mendaftar kepada panitia,” ujar Dr. Syafril, M.Hum.

Dengan jumlah enam orang bakal calon dekan tersebutlah, panitia melakukan dua tahap pemilihan dekan, yaitu melalui rapat forum dosen (RFD) yang diselenggarakan hari ini, 17 April 2017 dan rapat senat pemilihan calon dekan terpilih pada 26 April 2017.

Dr. Syafril, M.Hum. mengungkapkan bahwa jumlah enam orang bakal calon dekan tersebut telah menunjukkan bahwa dosen FIB Unand memiliki kepedulian untuk keberlangsungan FIB pada masa yang akan datang agar fakultas menjadi lebih baik.

Dekan FIB Unand, Prof. phil. Gusti Asnan, juga mengungkapkan bahwa pemilihan calon dekan FIB tahun ini merupakan pemilihan dengan jumlah balon dekan terbanyak sepanjang sejarah FIB Unand. “Dalam pemilihan ini, keenam calon memiliki talenta. Masing-masing juga mempunyai sesuatu untuk FIB.”

Lebih lanjut, Prof. phil. Gusti Asnan menyatakan bahwa terpilihnya tiga calon dekan FIB periode 2017—2021 menunjukkan bahwa dosen FIB Unand telah melakukan pemilihan dekan secara intelektual. Menurutnya, pemilihan dekan itu berbeda dengan pemilihan politik. “Ini pemilihan intelektual. Dekan yang akan memimpin FIB harus mampu menstimulasi kita untuk berubah. Saya memang berharap dosen FIB Unand dapat memilih secara intelektual,” jelas Prof. phil. Gusti Asnan.

Sebelum pemilihan calon dekan FIB Unand ini, telah dilakukan penyampaian visi, misi, dan program kerja oleh keenam bakal calon dekan FIB Unand periode 2017—2021. Lalu, dilaksanakan debat calon yang dimoderatori oleh dosen Jurusan Sastra Inggris, Dr. Diah Tjahaya Iman, M.Litt.

Dalam menyampaikan visi, misi, dan program kerja (VMPK), keenam bakal calon dekan memiliki waktu selama 15 menit secara bergiliran sesuai dengan nomor urut bakal calon dekan. Keenam calon tersebut telah mengungkapkan visi, misi, dan program kerja yang akan dilaksanakan jika terpilih sebagai dekan FIB Unand. Dosen FIB Unand pun menentukan pilihan salah satunya berdasarkan visi, misi, dan program kerja tersebut.

Pada saat penyampaian visi, misi, dan program kerja, beberapa balon dekan mengungkapkan bahwa terpilih atau tidaknya mereka sebagai dekan, diharapkan visi, misi, dan program kerja yang telah dirancang dan dinyatakan dapat membangun keberlangsungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas ke depannya, diharapkan dapat dilaksanakan oleh dekan terpilih.

 

Humas FIB: Ria Febrina dan Gading Rahmadi

 

Universitas Andalas bekerjasama dengan Yayasan Pusako Minangkabau akan menyelenggarakan pemutaran Film "Mawar Putih" karya aktris legendaris malaysia Dato' Rosnani Jamil dann pemutaran Trailer "Surau Silek" karya Arief Malin Mudo yang akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal : Selasa, 18 April 2017
Pukul : 09:00 - 12:00 WIB
Tempat : Conversation Hall Universitas Andalas
     

Untuk itu kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara(i) untuk hadir menyaksikan kegiatan tersebut. Kehadiran Bapak/Ibu/Saudara(i) sangat kami hargai, atas kehadirannya kami ucapkan terimakasih.

Turut Mengundang

     
Prof. Dr. Tafdil Husni, SE., M.BA   Prof. Dr. phil. Gusti Asnan
Rektor Unand   Dkan FIB Unand/Dewan Pembina YPM
Dekan FIB Unand Prof. Dr.phil. Gusti Asnan sedang membuka acara helat film week

FIB—Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Relair kembali menggelar Layar Terkembang dengan tajuk Film Week. Selama satu minggu, dari 22 Maret hingga 30 Maret 2017, kegiatan ini berlangsung dengan melibatkan penggiat film tingkat unit kegiatan mahasiswa dan komunitas film. Film week ini diadakan dalam rangka memperingati hari film nasional yang jatuh pada tanggal 30 Maret 2017 lalu.

FIB—Dr. Aslinda, M.Hum., Dosen Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas membincangkan “Penggunaan Bahasa Minang di Kampus oleh Mahasiswa” di stasiun televisi republik Indonesia (TVRI) Sumatera Barat pada Minggu (19/3/2017).

Sesuai dengan agenda pemilihan yang telah ditetapkan dan didasarkan pada jumlah Bakal Calon yang ada, maka tahap pertama Pemilihan Dekan FIB Unand periode 2017-2021 adalah tahap pemilihan/penyaringan oleh dosen atas 6 orang Bakal Calon yang ada menjadi 3 orang Calon Dekan. Tahap pemilihan/penyaringan oleh dosen tersebut dilaksanakan dalam Rapat Forum Dosen.

Berdasarkan penetapan Kalender Akademik Universitas Andalas Tahun Akademik 2017/2018 dan Surat Edaran Wakil Rektor I tentang pelaksanaan dan Persyaratan wisuda II Tahun 2017  bahwa pelaksanaan Wisuda II dilaksanakan tanggal 19 Mei 2017 untuk program pascasarjana dan 20 Mei 2017 untuk program Sarjana, adapun hal-hal yang menjadi perhatian calon wisudawan  untuk pelaksanaan wisuda tersebut antara lain :

NO. Kegiatan  Tanggal
1. Jadwal Registras online dan verifikasi format ijazah 19 dan 20 April 2017
2. Verifikasi Transkrip Nilai 19 dan 20 April 2017
3. Pengumpulan berkas dan Verifikasi ke BAK 25 April 2017

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada panduan berikut :

1. Panduan Registrasi online dan verifikasi format ijazah unduh 

2. Panduan Upload SAPS unduh

3. Panduan Validasi transkrip nilai unduh

 

Demikian informasi ini disampaikan untuk dapat menjadi perhatian, terima kasih.

 

Admin SIA/ICT FIB

FIB—Mahasiswa Jurusan Ilmu Sejarah angkatan 2016 diajak berkunjung ke Desa Muara Takus, Kecamatan Tiga Belas Koto, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kunjungan ini merupakan praktik mata kuliah “Sejarah Indonesia pada Abad ke-16” yang diampu oleh Dr. Mhd. Nur, M.S., dosen Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

FIB—Selama tiga hari, Senin s.d. Rabu (27—29 Maret 2017), Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pembekalan Wawasan Historis dan Nilai-nilai Karakter kepada Tour Guide dan Masyarakat Sekitar Destinasi Wisata Sejarah”. Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dan kerja sama Jurusan Ilmu Sejarah dengan BUMN Jamkrindo serta Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA).

Patut disukuri bahwa undangan untuk menjadi Bakal Calon yang disampaikan kepada 14 orang dosen FIB Unand yang dipandang memenuhi persyaratan umum mendapat sambutan yang sangat menggembirakan. Dalam rentang waktu pendaftaran yang berlangsung tanggal 13-27 Maret 2017, sejumlah 6 orang dosen menyatakan kesediaan dan mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon. Jumlah itu merupakan yang pertama kali terjadi dalam sejarah pemilihan dekan di FIB Unand.

Panitia telah melakukan verifikasi. Melalui berkas dokumen yang diminta sebagai persyaratan khusus yang mesti dipenuhi, keenam orang dosen tersebut dinyatakan lulus verifikasi dan ditetapkan secara resmi sebagai Bakal Calon untuk Pemilihan Dekan FIB Unand Periode 2017-2021. Keenam Bakal Calon itu adalah sebagai berikut (ditulis berdasarkan urutan pendaftarannya).

  1. Dr. Hasanuddin, M.Si
  2. Dr. Gusdi Sastra, M.Hum
  3. Prof. Dr. Oktavianus, M.Hum
  4. Prof. Dr. Herwandi, M.Hum
  5. Dr. Rina Marnita, M.A
  6. Dr. Maizufri, M.S

Sesuai dengan tata tertib pemilihan yang menjadi acuan, proses pemilihan akan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama adalah tahap pemilihan tingkat dosen, atau tahap pemilihan yang dilakukan oleh dosen, berlangsung dalam Rapat Forum Dosen pada tanggal 17 April 2017. Tahap pertama tersebut merupakan tahap penyaringan untuk menentukan tiga orang Calon. Sedangkan tahap kedua adalah tahap pemilihan tingkat senat, atau pemilihan yang dilakukan oleh para anggota senat, dan berlangsung dalam Rapat Senat pada tanggal 26 April 2017. Calon Dekan Terpilih yang akan diajukan kepada Rektor untuk menjadi Dekan FIB Unand periode 2017-2021, ditentukan dalam tahap pemilihan tingkat senat tersebut.

Perlu digarisbawahi bahwa dalam kedua tahap itu berlangsung penyampaian Visi Misi dan Program Kerja oleh setiap Bakal Calon/Calon Dekan dan tanya-jawab dengan audiens.

Panitia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para Bakal Calon/Calon karena bagaimanapun keikutsertaan mereka tidak saja merupakan wujud keinginan untuk menjadi orang nomor satu di FIB tetapi lebih dari itu menjadi bukti kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi pada keberlangsungan FIB yang terus-menerus untuk menjadikannya semakin lebih baik.

Selamat menjadi Bakal Calon. Selamat dipilih!

Padang, 2 April 2017

Panitia Pildek FIB Unand 2017