FIB—Selama tiga hari, Senin s.d. Rabu (27—29 Maret 2017), Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pembekalan Wawasan Historis dan Nilai-nilai Karakter kepada Tour Guide dan Masyarakat Sekitar Destinasi Wisata Sejarah”. Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dan kerja sama Jurusan Ilmu Sejarah dengan BUMN Jamkrindo serta Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA).

Patut disukuri bahwa undangan untuk menjadi Bakal Calon yang disampaikan kepada 14 orang dosen FIB Unand yang dipandang memenuhi persyaratan umum mendapat sambutan yang sangat menggembirakan. Dalam rentang waktu pendaftaran yang berlangsung tanggal 13-27 Maret 2017, sejumlah 6 orang dosen menyatakan kesediaan dan mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon. Jumlah itu merupakan yang pertama kali terjadi dalam sejarah pemilihan dekan di FIB Unand.

Panitia telah melakukan verifikasi. Melalui berkas dokumen yang diminta sebagai persyaratan khusus yang mesti dipenuhi, keenam orang dosen tersebut dinyatakan lulus verifikasi dan ditetapkan secara resmi sebagai Bakal Calon untuk Pemilihan Dekan FIB Unand Periode 2017-2021. Keenam Bakal Calon itu adalah sebagai berikut (ditulis berdasarkan urutan pendaftarannya).

  1. Dr. Hasanuddin, M.Si
  2. Dr. Gusdi Sastra, M.Hum
  3. Prof. Dr. Oktavianus, M.Hum
  4. Prof. Dr. Herwandi, M.Hum
  5. Dr. Rina Marnita, M.A
  6. Dr. Maizufri, M.S

Sesuai dengan tata tertib pemilihan yang menjadi acuan, proses pemilihan akan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama adalah tahap pemilihan tingkat dosen, atau tahap pemilihan yang dilakukan oleh dosen, berlangsung dalam Rapat Forum Dosen pada tanggal 17 April 2017. Tahap pertama tersebut merupakan tahap penyaringan untuk menentukan tiga orang Calon. Sedangkan tahap kedua adalah tahap pemilihan tingkat senat, atau pemilihan yang dilakukan oleh para anggota senat, dan berlangsung dalam Rapat Senat pada tanggal 26 April 2017. Calon Dekan Terpilih yang akan diajukan kepada Rektor untuk menjadi Dekan FIB Unand periode 2017-2021, ditentukan dalam tahap pemilihan tingkat senat tersebut.

Perlu digarisbawahi bahwa dalam kedua tahap itu berlangsung penyampaian Visi Misi dan Program Kerja oleh setiap Bakal Calon/Calon Dekan dan tanya-jawab dengan audiens.

Panitia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para Bakal Calon/Calon karena bagaimanapun keikutsertaan mereka tidak saja merupakan wujud keinginan untuk menjadi orang nomor satu di FIB tetapi lebih dari itu menjadi bukti kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi pada keberlangsungan FIB yang terus-menerus untuk menjadikannya semakin lebih baik.

Selamat menjadi Bakal Calon. Selamat dipilih!

Padang, 2 April 2017

Panitia Pildek FIB Unand 2017

 

 

 

 

FIB—Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas bekerja sama dengan BUMN Jamkrindo (Jaminan Kredit Indonesia) akan menyelenggarakan “Pembekalan Wawasan Historis dan Nilai-nilai Karakter kepada Tour Guide dan Masyarakat Sekitar Destinasi Wisata Sejarah di Kota Padang, Sawahlunto, dan Bukittinggi” pada Senin—Rabu (29—29 Maret 2017) di Hotel Inna Grand Muara, Padang.

Panduan Beasiswa PPA 2017

Untuk dapat menjadi calon dan penerima beasiswa PPA, mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

Persyaratan diiberikan kepada mahasiswa:

  1. Jenjang S1/Diploma IV paling rendah pada semester II dan paling tinggi pada semester VIII dan masih menjadi mahasiswa aktif sekurang-kurangnya 6 bulan tahun anggaran berjalan.
  2. Diploma III, paling rendah pada semester II dan paling tinggi pada semester VI.
    Mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Direktur/Ketua atau pejabat perguruan tinggi yang ditunjuk, dengan melampirkan berkas sebagai berikut:

a) Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif;
b) Fotokopi transkrip nilai yang disahkan oleh pihak perguruan tinggi dengan IPK minimal 3,00;
c) Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya pada bidang ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler (jika memiliki);
d) Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan;
e) Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan/Departmen;
f) Persyaratan lain yang dapat ditambahkan oleh perguruan tinggi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan diunduh Panduan Beasiswa PPA

 

Dalam rangka Gerakan Kampus Nusantara Mengaji yang sudah diluncurkan oleh Menristekdikti beberapa bulan yang lalu di Universitas Andalas, Forum Studi Islam (FSI) UKM FIB Universitas Andalas menindaklanjuti dan akan melaksanakan kegiatan rutin FIB Mengaji yang akan dilaksanakan pada  setiap Kamis pukul 16:00 di Mesjid Al-Munir FIB. Marilah berarami-ramai kita sukseskan acara ini.

Hadist Riwayat Muslim : "Bacalah olehmu Al-Qur'an sesungguhnya ia akan menjadi pemberi Syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya"

Pascasarjana Universitas Andalas Gelombang I tahun 2017 menerima mahasiswa baru yang mana terdiri dari 40 Program Studi Magister (S2) dan 10 Program studi Doktor (S3).

Untuk  informasi leboih lanjut silhakn klik tautan  http://pasca.unand.ac.id/id/berita/item/314-penerimaan-mahasiswa-baru-pascasarjana-universitas-andalas-gelombang-i-tahun-2017

FIB—Dalam rangka memperingati Lustrum VII Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Sastra Inggris berkerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mengadakan “Workshop Pengelolaan Arsip Pribadi dan Institusi”. Workshop ini menghadirkan Tedi Irawan, S.S., Kepala Pemeliharaan dan Pelestarian Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatra Barat.

FIB—Panitia penerimaan mahasiswa baru dan Pimpinan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas kembali menyelenggarakan pengenalan UKMF, Hima, dan BEM FIB Unand kepada mahasiswa baru angkatan 2016. Pada Sabtu (11/3/2017), setelah diselenggarakan jalan santai dalam rangkaian Lustrum VII FIB Unand, seluruh mahasiswa angkatan 2016 dikumpulkan di Ruang Seminar FIB Unand.

Idrus, S.S., M.Hum., mendapat penghargaan dari Kota Saitama, Jepang
Idrus, S.S., M.Hum., mendapat penghargaan dari Kota Saitama, Jepang

FIB—Dosen Jurusan Sastra Jepang FIB Universitas Andalas,  Idrus, S.S., M.Hum., mendapat penghargaan dari Kota Saitama, Jepang. Tepatnya pada 22 Februari 2017, ia meraih penghargaan Honorary Citizen of Saitama City Japanさいたま市国際友好名誉市民(Saitama shi Kokusai Yuukou Meiyo Shiminshou).

FIB—Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Relair Cinema kembali mengadakan pemutaran dan diskusi film di Ruang Seminar Gedung I Universitas Andalas. Pada Kamis, 9 Maret 2017, film Turah karya Wicaksono Wisnu Legowo ini diputar.