FIB—Hendri Vertiwel, pengusaha asal Sumatera Barat, diundang oleh Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Unand untuk memberikan kuliah umum tentang teknik komunikasi dan sistem lobby. Dengan judul tema Lobby and Communicative Skills in Bussiness Would, kuliah umum ini diadakan di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya pada 7 Februari 2017.

FIB—Film karya mahasiswa FIB Unand dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Relair berhasil masuk seleksi pemutaran film di Brazil, yaitu Amazon Underground Film Festival.

FIB—Program Intensif Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Busan University of Foreign Studies (BUFS) pada Liburan Musim Dingin 2017 telah berakhir pada Sabtu, 11 Februari 2017. Sebanyak 16 mahasiswa BUFS telah menyelesaikan beberapa mata kuliah berupa membaca, menyimak, menulis ilmiah, menulis kreatif, berbicara, tata bahasa, budaya, dan kuliner Indonesia.

FIB--Hima Jurusan Sastra Inggris atau yang lebih dikenal dengan EDSA menyelenggarakan kuliah umum pada Jumat, 27 Januari 2017 dengan tema “Peluang Kerja dan Peningkatan Kualitas Diri di Era Globalisasi”.  Kuliah umum yang menghadirkan Drs. Renaldi Zein ini diadakan dengan harapan agar mahasiswa lulusan Fakultas Ilmu Budaya, khususnya Jurusan Sastra Inggris, dapat mempersiapkan diri menjadi lulusan terbaik.

FIB--Pusat Studi Humaniora (PSH) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas bekerja sama dengan k-pauleh.com mengadakan Serial Panel Forum pada Kamis, 19 Januari 2017. Bertempat di Ruang Sidang Dekanat FIB Unand, serial panel pertama yang dimoderatori oleh Edi Utama ini mengangkat tema mengenai "Nagari versus Negara".

FIB—Awal tahun 2017, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas kembali menggelar kuliah umum. Bertempat di Ruang Sidang FIB Unand, Prof. Dr. Tsuyoshi Kato memaparkan “Sistem Matrilineal: Suatu Perbandingan dengan Sumatera Barat, Rantau Kuantan, dan Negeri Sembilan”.

FIB—Jurusan Sastra Daerah Minangkabau bekerja sama dengan Minangkabau Corner mempersembahkan acara peluncuran dan bedah buku "Perjalanan Panjang Musik Minang Modern" karya Dr. Agusli Taher. Acara yang diadakan di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya ini dihadiri oleh pelaku musik Minang, penikmat musik Minang, sastrawan, budayawan, jurnalis, dan akademisi.

FIB—Universitas Andalas, khususnya BIPA Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, kembali menyambut mahasiswa asal Busan University of Foreign Studios (BUFS). Sebanyak 16 orang mahasiswa BUFS diterima dan disambut oleh Rektor Universitas Andalas yang diwakili oleh Wakil Rektor UII, Prof. Dr. Ir. Hermansyah, M.S., M.Sc.