FIB - Tim Audit Mutu Internal (AMI) dari Lembaga Pengembangan dan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Andalas melakukan audit kepada lima jurusan yang ada di FIB Unand. Kegiatan itu berlangsung di Ruang Sidang Dekanat FIB Unand pada Senin, 26 Maret 2018. 

Dekan FIB Unand, Dr. Hasanuddin, M.Si. bersama Wakil Dekan I, Dr. Ferdinal, M.A. menyambut baik kedatangan Tim Auditor tersebut.

Wakil Dekan I FIB Unand, Dr. Ferdinal, M.A. menjelaskan bahwa kedatangan Tim Audit adalah untuk melihat apakah FIB sudah menerapkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), melalui matakuliah yang ditawarkan, capaian pembelajaran, RPS, dan lain-lain. “Jadi sekarang kita harus mengikuti KKNI yang sifatnya standar nasional. Karena kampus lain sudah menerapkan KKNI ini, FIB akan menerapkan KKNI mulai semester depan,” jelas Dr. Ferdinal, M.A.

Lebih lanjut Dr. Ferdinal, M.A. menjelaskan bahwa secara tidak langsung FIB Unand sudah menerapkan KKNI. Hanya saja formalnya belum. Jadi FIB sepakat pada semester depan akan menerapkan KKNI. FIB harus siap dan Undang-undang sudah mengharuskan mengikuti KKNI. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah lulusan FIB Unand mampu bersaing dengan lulusan lain karena sifatnya nasional.

“Dari sekarang kita akan terus meningkatkan kinerja kita. Dosen harus mampu menjelaskan KKNI. Kalau sekarang yang terbaik adalah KKNI karena bersifat nasional.  FIB termasuk terlambat menerapkan karena ada kemudian di antara Kita yang belum siap. Beratnya itukan ketika belum dicoba. Rintangan pasti ada. Kami dari Pimpinan optimis pasti bisa. Tinggal kemudian bagaimana kontrol dari atas. Setelah masuk nanti akan dapat caranya. Banyak aspek yang harus disiapkan, institusi harus siap, semua prasarana harus ditingkatkan karena KKNI ini sosialisasinya sudah lama. Jurusan-jurusan sesungguhnya sudah melakukan rapat dan melibatkan stakeholder yang berkaitan. Jadi kita yakin bisa,” jelas Dr. Ferdinal, M.A.

Senada dengan Wakil Dekan I FIB Unand, Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Universitas Andalas, Dr. Zednita Azriani, SP, M.Si. menjelaskan bahwa Unand secara menyeluruh memang harus sudah siap menerapkan KKNI tersebut.

”Jadi kita melihat apakah Fakultas sudah menerapkan sesuai dengan yang ditetapkan oleh DIKTI. Sebenarnya Unand dari tahun 2016 semua S-I sudah harus menerapkan KKNI ini. Dari 2016 itu semua Fakultas yang ada di Unand sudah diwajibkan menerapkannya. Hanya saja dari audit ini hasilnya bervariasi. Pada akhir tahun 2016 lalu kita melihat apakah benar-benar sudah dijalankan semua atau hanya sebatas administrasi saja. Memang sudah ada yang benar-benar menerapkannya tapi masih ada juga yang belum. Masih ada poin-poin yang mereka masih kurang” ungkap Dr. Zednita Azriani, SP, M.Si.

Lebih lanjut Dr. Zednita Azriani, SP, M.Si. menjelaskan bahwa AMI secara menyeluruh akan melakukan audit ke seluruh fakultas yang ada di Unand karena memang sudah diwajibkan dari tahun 2016.

“Ini merupakan agenda pertama dari LP3M melakukan audit kurikulum baru KKNI, dan akan dilakukan keseluruh fakultas yang ada di Unand. Tahun depan juga masih diagendakan ada pertemuan audit kurikulum lagi. Jadi, dilihat dari temuan tadi, kita melihat masih ada poin-poin yang kurang. Ketika pertemuan berikutnya kita akan lihat apa yang kemudian sudah dilakukan, apa yang perlu ditambahkan, Ini sifatnya berkala, nantinya akan selalu ada rapat internal lagi,” tutur Dr. Zednita Azriani, SP, M.Si.

Dr. Zednita Azriani, SP, M.Si. menambahkan dengan diterapkannya KKNI ini oleh masing-masing fakultas, diharapkan mampu memberikan pembelajaran lebih baik lagi, dan mendorong akreditasi masing-masing prodi yang ada di fakultas.

“Dengan adanya kurikulum ini, di dalamnya ada peroses pembelajaran kepada mahasiswa, bagaimana cara memberikan proses pembelajaran yang baik, apa yang harus diperbaiki kepada mahasiswa, penilaian juga ada disitu. Jadi, jika diperbaiki baik dari prodi dalam menyusun standarnya itu tentu akan lebih baik bagi prodi dan mahasiswa dan akan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara baik dengan kampus lain,” jelas Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Dr. Zednita Azriani, SP, M.Si.

 

(Reporter: Jusman dan Mita Handayani, Editor: Ayendi, Admin, Gading Rahmadi)

FIB—Dua orang dosen FIB Unand, yakni  Dr. Ferdinal, M.A. dan Dr. Khairil Anwar, M.Si. memberi kuliah umum di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Bertempat di Aula Mini Fakultas Adab dan Humaniora, kuliah umum yang diselenggarakan pada Rabu, 28 Maret 2018 tersebut mengusung tema “Wisata Sastra: Peluang dan Tantangan”.

FIB - Setelah 36 tahun, Ikatan Alumni Sejarah (IKA) Unand kembali adakan Reuni Akbar dan Musyawarah Besar (MUBES) II bertemakan “Saayun Salangkah Untuak Kajayaan Basamo” di gedung Convention Hall (CH) Unand pada Jum’at (30/3/ 2018).

FIB - Rabu, 28 Maret 2018, Jurusan Sastra Inggris FIB Unand mengadakan Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI bersama Narasumber, Alumni dan Stakeholder yang bertempat di Ruang Sidang Dekanat.

FIB - Jurusan Sastra Jepang FIB Unand melaksakan Pengabdian Masyarakat Sastra Jepang (PMSJ) selama tiga hari pada tanggal 23-25 Maret 2018 lalu. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Bibit Ikan (BBI) Padang Panjang tersebut diikuti oleh mahasiswa angkatan 2017, sedangkan kepanitiaannya oleh angkatan 2015 dan 2016.

FIB - Pada Jumat (30/3/2018) di halaman parkir depan Dekanat FIB Unand, Ketua Jurusan Sastra Indonesia, Dr. Gusdi Sastra, M.Hum. dan Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Indonesia, Dr. Zurmalis, melepas mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan Pelatihan Sastra dan Pengabdian Masyarakat (PSPM) berlokasi di Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, dari Jumat hingga Minggu dua hari berikutnya.

FIB - Rahmadi, M.Kom. berhasil terpilih sebagai pemenang pertama kategori Tenaga Pendidik (Tendik) Berprestasi tahun 2018 pada satu rangkaian acara Dies Natalis FIB Unand yang ke-36 yang berlangsung pada Rabu (7/3) bertempat di Ruang Seminar FIB Unand. Untuk pemenang peringkat kedua dan ketiga pada kategori yang sama berturut-turut diraih oleh Yukasnedi, S.S., M.Hum. dan Roni Saputra, S.T.

FIB - Mahasiswa FIB Universitas Andalas yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) membuka lapak bacaan yang bernama “Pojok Harapan” yang terletak di pojok koridor Gedung F disamping depan ruang F 1.14 pada Selasa, 27 Maret 2018. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari tersebut mulai dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

FIB - Vicha Faradika, S.Hum., alumni dari Jurusan Sastra Inggris FIB Unand Angkatan 2011, diundang dalam acara Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI Jurusan Sastra Inggris FIB Unand pada Rabu (28/3/2018) bertempat di Ruang Sidang Dekanat FIB Unand. Tujuan dari kedatangannya adalah sebagai narasumber (selaku alumni) untuk berbagi pengalaman dengan para dosen dari Jurusan Sastra Inggris FIB Unand terkait dengan kurikulum. Pada saat ini Vicha Faradika, S.Hum. bekerja sebagai pewarta bilingual di Antara Sumbar. Selain itu, ia juga sedang melanjutkan pendidikan S2 nya di Unand dengan bidang Ilmu Linguistik.

FIB – Lembaga swasta Nihonggo Achievment Test (NAT) menjalin MOU dengan Unand awal Maret 2018 lalu dalam penyelenggaraan ujian tulis kemampuan bahasa Jepang. Kehadiran NAT di perguruan tinggi sendiri merupakan yang kedua di Indonesia setelah Universitas Indonesia (UI). NAT yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan umum ini direncanakan akan diselenggarakan pada 1 April 2018 mendatang.