24 Juli 2017

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas buka program studi magister (S2) Kajian Budaya. Program studi baru ini menerima mahasiswa melalui tiga gelombang penerimaan.

11 Juli 2017

Sesuai dengan Kelender Akademik Universitas Andalas Tahun AKademik 2017/2018 bahwa pelaksanaan Wisuda III dilaksanakan tanggal 25 dan 26 Agustus 2017, untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut maka dilaksanakan pendaftaran wisuda secara online mulai tanggal 3 Juli s.d 28 Juli 2017 dan bersamaan dengan rentang waktu tersebut dilakukan validasi transkrip nilai calon wisudawan/ti di ICT FIB.

NB : Lampiran

1. Panduan Registrsi Wisuda Online unduh disini

2. Panduan Upload SAPS unduh disini

3. Panduan Validasi Transkrip Nilai unduh disini

4. Contoh Validasi Transkrip unduh disini

Demikianlah disampaikan atas perhatian diucapkan terima kasih.

 

ICT FIB

 

04 Juli 2017

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Andalas Nomor 1103/XIII/A/Unand-2017 tentang Penetapan Kalender Akademik Universitas Andalas Tahun Akademik 2017/2018, berikut disimpulkan beberapa kegiatan untuk Semester Ganjil 2017/2018:

No Kegiatan Tanggal
1 Pembayaran SPP mhs baru S2 Gel I Tahun 2017 22 Mei - 9 Juli 2017
2 Layanan Mhs BSS dan Pindah Kuliah 3-14 Juli 2017
3 Pembayaran SPP mhs lama 7 - 21 Juli 2017
4 Pengisian KRS mahasiswa lama 18-28 Juli 2017
5 Masa kuliah I 7 Agustus - 22 September 2017
6 Masa kuliah II 9 Oktober - 24 November 2017
7 Wisuda III 25 (S2) 26 (S1) Agustus 2017
8 Wisuda IV 24 (S1) dan 25 (S2) November 2017
9 UAS 4 - 15 Desember 201
10 Input nilai online oleh dosen 6-9 Desember 2017

 

Lebih lengkap kalender akademik klik disini

20 Juni 2017

FIB--Ketua Jurusan Sastra Indonesia mengadakan buka bersama keluarga besar. Tak hanya mengundang dosen-dosen Jurusan Sastra Indonesia, anggota keluarga dosen, seperti suami, istri, dan anak-anak juga diundang untuk mempererat silaturahmi. Bahkan, Ketua Jurusan Sastra Indonesia juga mengundang Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unand, Prof. phil. Gusti Asnan beserta wakil dekan, yaitu Prof. Oktavianus, Dr. Nopriyasman, dan Dr. Hasanuddin, serta ketua prodi di lingkungan FIB. Buka bersama ini diadakan di Ruang Seminar FIB Unand pada Selasa, 11 Juni 2017 lalu.

Sebelum berbuka bersama, Siti Ainur Rahim, mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia yang menjadi pemenang pertama Lomba Tilawatil Qur'an yang diadakan RRI Padang pada bulan Mei 2017 hadir membaca kalam ilahi untuk para undangan. Selanjutnya, Ronidin, S.S., M.A., dosen Jurusan Sastra Indonesia, memberikan tausiyah kepada seluruh tamu undangan mengenai pentingnya memperkuat iman dengan membaca al'quran dan Dr. Fajri Usman, juga dosen Jurusan Sastra Indonesia, mengimami shalat maghrib, shalat isya, sekaligus shalat tarawih berjamaah.

Setelah berbuka bersama, Ketua Jurusan Sastra Indonesia memberi sambutan sembari menunggu waktu shalat isya. Dalam sambutannya, Dr. Gusdi Sastra menyampaikan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Jurusan Sastra Indonesia karena dapat hadir pada acara buka bersama. Ia berharap acara tersebut dapat mempererat hubungan silaturahmi antara seluruh anggota keluarga Jurusan Sastra Indonesia dan juga pimpinan Fakultas Ilmu Budaya.

"Melalui buka bersama ini, kita juga dapat bersilaturahim antara keluarga agar bisa saling mengenal, terutama anak-anak agar kelak dapat menjadi anak yang shaleh dan shaleha dan dapat mempertalikan hubungan silaturahim orang tuanya sampai kapan pun," ujar Dr. Gusdi Sastra, M.Hum.

Dalam acara buka bersama ini, Dr. Gusdi Sastra juga kembali mengingatkan bahwa selama tiga tahun terakhir Jurusan Sastra Indonesia telah kehilangan dua dosen, yaitu Dr. Zuriati dan Drs. Arinal, M.Hum. yang meninggal dunia karena sakit.

"Selama tiga tahun terakhir, kita telah kehilangan dan tidak akan kembali lagi, dosen Jurusan Sastra Indonesia, yaitu almarhum Arfinal dan alamrhumah Zuriati. Marilah kita sampaikan alfatihah untuk keduanya," ajak Dr. Gusdi Sastra.

Meskipun demikian, Ketua Jurusan Sastra Indonesia ini juga berbangga bahwa pada tahun 2017, dua orang dosen Jurusan Sastra Indonesia yang telah menyelesaikan S-3 telah kembali, yaitu Dr. Aslinda dan Dr. Zurmailis. "Selamat kepada kedua doktor. Semoga ilmu yang telah didapatkan diberkahi Allah," ujar Dr. Gusdi Sastra.

Dalam sambutan ini, Dr. Gusdi Sastra mengucapkan terima kasih kepada pimpinan FIB dan ketua program studi di lingkungan FIB yang berkenan hadir. Terkhusus kepada Dekan FIB, Prof. phil. Gusti Asnan, Dr. Gusdi Sastra menyampaikan hormat karena telah diizinkan untuk menyelenggarakan buka bersama di fakultas. Menurut Dr. Gusdi Sastra, dipilihnya Ruang Seminar FIB sebagai tempat berbuka agar seluruh dosen, pimpinan FIB, dan anggota keluarga dapat merasakan kebersamaan dan dapat menjalani ibadah tarawih berjamaah.

"Sengaja tidak kami laksanakan di restoran, tidak lain tujuannya agar kita bisa merasakan kebersamaan sekaligus ibadah tarawih dapat dilaksanakan dalam ukhuwah kekeluargaan dan kenyamanan seperti yang kita rasakan saat ini," jelas Dr. Gusdi Sastra.

Menyambut sambutan Ketua Jurusan Sastra Indonesia tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. phil. Gusti Asnan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Ketua Jurusan Sastra Indonesia, khususnya dalam mempertemukan anggota jurusan dengan seluruh anggota keluarga.

"Saya ikut berbahagia karena Dr. Gusdi Sastra telah mempertemukan seluruh anggota keluarga besar jurusan. Semoga kegiatan ini dapat terselenggara hingga tahun-tahun berikutnya," ujar Prof. phil. Gusti Asnan.

Dalam kesempatan itu, Prof. phil. Gusti Asnan juga menyampaikan rasa terima kasih atas segenap kerja sama dosen, ketua prodi, dan pimpinan FIB dalam menjalankan amanah di Fakultas Ilmu budaya. Selama menjalani amanah sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. phil. Gusti Asnan juga menyapampaikan permintaan maaf jika pernah melakukan kesalahan.

"Tahun ini merupakan tahun terakhir saya sebagai dekan. Banyak yang telah dilakukan, tentu banyak juga kesalahan yang tidak sengaja diperbuat. Oleh karena itu, saya mohon maaf kepada Bapak dan Ibu dosen di FIB Unand, khususnya Jurusan Sastra Indonesia. Kita berharap ke depannya FIB semakin berjaya," ungkapnya.

Sambutan Dekan Fakultas Ilmu Budaya tersebut kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan diakhiri dengan shalat isya dan shalat tarawih berjamaah.

 

Humas FIB: Ria Febrina dan Gading Rahmadi