Items filtered by date: Juni 2017
21 Juni 2017 In Pengumuman

Berdasarkan surat Rektor Universitas Andalas Nomor 7450/UN16.R/KP/2017 tanggal 15 Juni 2017 perihal Pemberitahuan Hari Libur Idul Fitri 1438 H dan sehubungan dengan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama Tahun 2017, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Hari Raya Idul Fitri 1438 H tanggal 25 dan 26 Juli 2017  
2. Cuti Bersama Idul Fitri 1438 H tanggal 23, 27 28 29 dan 30 Juni 2017 (Jum'at, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jum'at)  
3. Kegiatan kantor dan perkuliahan dilaksanakan kembali pada hari Senin tanggal 3 Juli 2017.  
     

Demikian disampaikan dan diharapkan Saudara dapat menginformasikan hal ini kepada Pegawai Negeri Sipil dilingkungan unit kerja Saudara, atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Rektor

ttd.

Prof. Dr. Tafdil Husni, SE., MBA

NIP 196211201987021002

20 Juni 2017 In Berita

FIB--Ketua Jurusan Sastra Indonesia mengadakan buka bersama keluarga besar. Tak hanya mengundang dosen-dosen Jurusan Sastra Indonesia, anggota keluarga dosen, seperti suami, istri, dan anak-anak juga diundang untuk mempererat silaturahmi. Bahkan, Ketua Jurusan Sastra Indonesia juga mengundang Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unand, Prof. phil. Gusti Asnan beserta wakil dekan, yaitu Prof. Oktavianus, Dr. Nopriyasman, dan Dr. Hasanuddin, serta ketua prodi di lingkungan FIB. Buka bersama ini diadakan di Ruang Seminar FIB Unand pada Selasa, 11 Juni 2017 lalu.

Sebelum berbuka bersama, Siti Ainur Rahim, mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia yang menjadi pemenang pertama Lomba Tilawatil Qur'an yang diadakan RRI Padang pada bulan Mei 2017 hadir membaca kalam ilahi untuk para undangan. Selanjutnya, Ronidin, S.S., M.A., dosen Jurusan Sastra Indonesia, memberikan tausiyah kepada seluruh tamu undangan mengenai pentingnya memperkuat iman dengan membaca al'quran dan Dr. Fajri Usman, juga dosen Jurusan Sastra Indonesia, mengimami shalat maghrib, shalat isya, sekaligus shalat tarawih berjamaah.

Setelah berbuka bersama, Ketua Jurusan Sastra Indonesia memberi sambutan sembari menunggu waktu shalat isya. Dalam sambutannya, Dr. Gusdi Sastra menyampaikan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Jurusan Sastra Indonesia karena dapat hadir pada acara buka bersama. Ia berharap acara tersebut dapat mempererat hubungan silaturahmi antara seluruh anggota keluarga Jurusan Sastra Indonesia dan juga pimpinan Fakultas Ilmu Budaya.

"Melalui buka bersama ini, kita juga dapat bersilaturahim antara keluarga agar bisa saling mengenal, terutama anak-anak agar kelak dapat menjadi anak yang shaleh dan shaleha dan dapat mempertalikan hubungan silaturahim orang tuanya sampai kapan pun," ujar Dr. Gusdi Sastra, M.Hum.

Dalam acara buka bersama ini, Dr. Gusdi Sastra juga kembali mengingatkan bahwa selama tiga tahun terakhir Jurusan Sastra Indonesia telah kehilangan dua dosen, yaitu Dr. Zuriati dan Drs. Arinal, M.Hum. yang meninggal dunia karena sakit.

"Selama tiga tahun terakhir, kita telah kehilangan dan tidak akan kembali lagi, dosen Jurusan Sastra Indonesia, yaitu almarhum Arfinal dan alamrhumah Zuriati. Marilah kita sampaikan alfatihah untuk keduanya," ajak Dr. Gusdi Sastra.

Meskipun demikian, Ketua Jurusan Sastra Indonesia ini juga berbangga bahwa pada tahun 2017, dua orang dosen Jurusan Sastra Indonesia yang telah menyelesaikan S-3 telah kembali, yaitu Dr. Aslinda dan Dr. Zurmailis. "Selamat kepada kedua doktor. Semoga ilmu yang telah didapatkan diberkahi Allah," ujar Dr. Gusdi Sastra.

Dalam sambutan ini, Dr. Gusdi Sastra mengucapkan terima kasih kepada pimpinan FIB dan ketua program studi di lingkungan FIB yang berkenan hadir. Terkhusus kepada Dekan FIB, Prof. phil. Gusti Asnan, Dr. Gusdi Sastra menyampaikan hormat karena telah diizinkan untuk menyelenggarakan buka bersama di fakultas. Menurut Dr. Gusdi Sastra, dipilihnya Ruang Seminar FIB sebagai tempat berbuka agar seluruh dosen, pimpinan FIB, dan anggota keluarga dapat merasakan kebersamaan dan dapat menjalani ibadah tarawih berjamaah.

"Sengaja tidak kami laksanakan di restoran, tidak lain tujuannya agar kita bisa merasakan kebersamaan sekaligus ibadah tarawih dapat dilaksanakan dalam ukhuwah kekeluargaan dan kenyamanan seperti yang kita rasakan saat ini," jelas Dr. Gusdi Sastra.

Menyambut sambutan Ketua Jurusan Sastra Indonesia tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. phil. Gusti Asnan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Ketua Jurusan Sastra Indonesia, khususnya dalam mempertemukan anggota jurusan dengan seluruh anggota keluarga.

"Saya ikut berbahagia karena Dr. Gusdi Sastra telah mempertemukan seluruh anggota keluarga besar jurusan. Semoga kegiatan ini dapat terselenggara hingga tahun-tahun berikutnya," ujar Prof. phil. Gusti Asnan.

Dalam kesempatan itu, Prof. phil. Gusti Asnan juga menyampaikan rasa terima kasih atas segenap kerja sama dosen, ketua prodi, dan pimpinan FIB dalam menjalankan amanah di Fakultas Ilmu budaya. Selama menjalani amanah sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. phil. Gusti Asnan juga menyapampaikan permintaan maaf jika pernah melakukan kesalahan.

"Tahun ini merupakan tahun terakhir saya sebagai dekan. Banyak yang telah dilakukan, tentu banyak juga kesalahan yang tidak sengaja diperbuat. Oleh karena itu, saya mohon maaf kepada Bapak dan Ibu dosen di FIB Unand, khususnya Jurusan Sastra Indonesia. Kita berharap ke depannya FIB semakin berjaya," ungkapnya.

Sambutan Dekan Fakultas Ilmu Budaya tersebut kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan diakhiri dengan shalat isya dan shalat tarawih berjamaah.

 

Humas FIB: Ria Febrina dan Gading Rahmadi

19 Juni 2017 In Berita

FIB—Dua mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas berhasil berhasil melaju ke tingkat nasional dalam Tilawatil Quran (PTQ) yang diselenggarakan di RRI Surakarta pada tanggal 2—8 Juni 2017. Mereka membawa nama harum FIB Unand setelah berhasil meraih peringkat pertama dalam Tilawatil Quran (PTQ) RRI Padang yang digelar pada 26 hingga 27 Mei 2017 kemarin.

Siraajul Uhad, mahasiswa semester dua angkatan 2016 dari Jurusan Sejarah Unand berhasil keluar sebagai Juara 1 Lomba Tilawah Kategori Putra. Sementara itu, Siti Ainur Rahim, mahasiswi semester dua angkatan 2016 dari Jurusan Sastra Indonesia berhasil meraih Juara 1 Lomba Tilawah Kategori Putri.

PTQ tahun ini diikuti oleh sekitar 40 qori dan qoriah dari berbagai wilayah di Sumatera Barat. Selain piala dan piagam penghargaan, Siraajul Uhad dan Siti Ainur Rahim juga memperoleh Tabanas, serta diutus mengikuti PTQ tingkat nasional tersebut.

Pada masa perlombaan TQ tingkat nasional tersebut, Sirajul Uhad yang berhasil diwawancarai melalui ponsel menyatakan, “Ajang tahunan RRI ini, diikuti oleh qori dan qoriah se-Indonesia. Saya sebelumnya tidak memasang target sebab para peserta sudah ada yang pernah melaju di tingkat nasional. Alhamdulillah, kebetulan saya tampil maksimal sehingga mendapat hasil yang memuaskan pula.”

Siraajul Uhad mengungkapkan bahwa pada tingkat nasional ini, saingan juga semakin berat, “Para peserta ada yang pernah meraih juara tiga tingkat internasional. Saya kebetulan mengikuti PTQ untuk cabang dewasa. Sejauh ini, alhamdulillah, saya sudah mengikuti lomba dan meraih juara untuk MTQ propinsi, serta juga sudah mengikuti tingkat nasional sebanyak dua kali. Namun, untuk PTQ tingkat nasional baru sekali ini. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih baik lagi.”

Siraajul Uhad dan Siti Ainur Rahim sudah tampil dalam PTQ RRI di tingkat nasional pada 5—8 Juni 2017 lalu. Mereka tampil bersama 128 orang. Dalam satu hari, peserta yang tampil dibatasai untuk 45 orang. Meskipun keduanya tidak meraih posisi pertama, mereka senang berhasil menjadi wakil Sumatera Barat dalam pentas nasional. Bahkan, Siraajul Uhad meminta doa dan dukungan untuk perlombaan MTQ tingkat mahasiswa yang akan diikutinya pada Juli mendatang.

 

Reporter: Dini Alvionita, Editor: Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi

13 Juni 2017 In Profil

Koordinator: Dr. Drs. Hasanuddin, M.Si.

LATAR BELAKANG

Berbagai persoalan sosial humaniora dalam skala lokal, nasional dan global yang begitu kompleks memerlukan solusi berbasis kajian budaya. Kajian budaya adalah disiplin ilmu yang menerapkan pendekatan kritis dan eklektik dalam elaborasi keilmuannya. Pendekatan kritis meniscayakan kajian yang tidak sekadar studi kebudayaan (studi yang diarahkan menghasilkan deskripsi atau des sein kebudayaan) melainkan meliputi kajian kritis budaya (kajian yang menghasilkan preskripsi atau des solen kebudayaan). Dengan kata lain, kajian budaya tidak ditujukan bagi pengembangan kemampuan mendeskripsikan kebudayaan sebagaimana “apa adanya” akan tetapi juga menjelaskan bagaimana kebudayaan “seharusnya ada”. Dengan begitu, kajian tentang kebudayaan, meliputi keseluruhan wujud dan unsur kebudayaan, menjadi lebih hidup dan energik.

Program Studi S2 Magister Kajian Budaya PPs FIB Universitas Andalas dibuka berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor: 238/ KPT/I/2017, tanggal 3 Mei 2017, tentang Izin Pembukaan Program Studi Kajian Budaya Program Magister pada Universitas Andalas di Kota Padang.

 

VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi

Menjadi pusat pendidikan Kajian Budaya terkemuka dan bermartabat dalam pengembangan kajian multidisiplin dan interdisiplin ilmu bahasa, sastra, sosial humaniora, dan seni untuk melahirkan cendikiawan, seniman, budayawan, aparatur, dan profesional yang cerdas, kritis, arif dan bijaksana.

Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berdaya saing tinggi dan bermartabat dalam bidang Kajian Budaya.
  2. Menghasilkan SDM peneliti dan produk Penelitian berupa ilmu, pengetahuan, teknologi, seni dan budaya (IPTEKSB) yang berkualitas dalam kajian budaya.
  3. Menghasilkan SDM Pengabdi dan produk darma bakti IPTEKSB berkualitas, berbasis kajian budaya kepada msyarakat.
  4. Menghasilkan sinergi kolaborasional internal dan pemangku kepentingan eksternal secara baik dan berkesinambungan.

 Tujuan

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi dan berorientasi lulusan yang terstandar secara nasional dan internasional, yang memiliki daya saing tinggi dalam penguasaan keilmuan Kajian Budaya, baik dalam tataran konsep, teori, penelitian, penerapan dan perilaku.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualtas SDM peneliti dan kegiatan penelitian berbasis Kajian Budaya, berorientasi pengayaan akademik/ bahan ajar, penciptaan IPTEKSB, model kebijakan dan perekayasaan sosio kultural
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualtas SDM pengabdi dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pencerdasan, pemberdayaan modal sosial budaya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menguatkan pondasi sinergitas internal dan melaksanakan kerja sama kolaboratif lintas bidang dan lintas instituional dalam upaya peningkatan kinerja program studi secara berkesinambungan, kemanfaatan mitra, kemajuan stake holder dan masyarakat.

 

DOSEN

Prodi S2 Magister Kajian Budaya  PPs FIB Unand diampu oleh dosen berpengalaman di bidang ilmu kajian budaya, sebagai berikut.

  • Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt.
  • Prof. Dr. Afrizal, M.A.
  • Dr. Drs. Hasanuddin, M. Si.
  • Dr. Drs. Syafril, M. Si.
  • Pramono, S.S., M.Si., Ph. D.
  • Diah Tjahaja Iman, M. Litt., Ph.D.
  • Dr. Sawirman, S. Pd., M. Hum.
  • Dr. Drs. Maizufri, M. S.
  • Dr. Drs. Nopriyasman, M.Hum.
  • Dr. Drs. Zaiyardam, M.Hum.
  • Dr. Khanizar, S.Sn., M.Si.
  • Dr. Asrinaldi, S.Sos., M.Si.
  • Dr. Kurniawarman, S.H., M.H.
  • Sari Lenggogeni, Ph.D.

KURIKULUM

Kode MK

MATA KULIAH

SKS

W/U/P

 
 

Semester I

13

 

 

MKB 801

Filsafat ilmu

3

W

 

MKB 803

Ideologi Kebangsaan

3

W

 

MKB 805

Kajian Budaya

3

W

 

MKB 807

Teori Kritis I

2

W

 

MKB 816

Kearifan Lokal, Pernaskahan& Tradisi lisan*

2

P

 

MKB 817

Gender dan Matrilinealisme*

2

P

 

 

Semester II

13

 

MKB 802

Filsafat Budaya

3

W

MKB 804

Budaya dan Pembangunan

3

W

MKB 806

Multikultualisme

3

W

MKB 808

Teori Kritis II

2

W

MKB 818

Budaya, Politik dan Kekuasaan*

2

P

MKB 819

Semiotika dan Hermeneutika*

2

P

Semester III

8

 

MKB 809

Metode Penelitian Kajian Budaya

3

W

MKB 813

Estetika dan Etika**

3

U

MKB 814

Kepemimpinan dan Pengendalian Sosial/ Budaya**

3

U

MKB 814

Globalisasi dan Pariwisata Budaya**

3

U

MKB 815

Wacana Kritis  dan media*

2

P

MKB 821

Pendidikan kritis*

2

P

MKB 822

Sejarah Kritis*

2

P

MKB 823

Diplomasi Minangkabau*

2

P

Semester IV

8

 

MKB 810

Kolokium

1

W

MKB 811

Seminar Hasil Riset

1

W

MKB 812

Tesis

6

W

 

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Magister (S2) Kajian Budaya Universitas Andalas adalah pendidik, peneliti, aparatur dan profesional yang cerdas, kritis, arif dan bijaksana dalam berbagai profesi, sebagai berikut.

  1. Pendidik (dosen, guru, lainnya).
  2. Peneliti (di lembaga-lembaga riset dan/atau survey seperti: Pusat Bahasa, LIPI, Bapeda, Balai Bahasa, Balai Pelestarian Nilai Budaya, Balai Pelestarian Benda Cagar Budaya dan lainnya).
  3. Aparatur, Praktisi, dan Profesional dalam bidang-bidang sebagai berikut.
  1. ASN Pusat/ Daerah, Staf Ahli Pemerintahan Pusat/ Daerah, Pengelola/ Operator/ Staf Kepariwisataan
  2. Tenaga Ahli Kebudayaan/ Analis budaya/ Kritikus Sastra/ Seni, Budayawan/ Sastrawan/ Seniman
  3. Pemimpin Formal dan Informal (Pengendali Sosial/ Budaya)
  4. Diplomat/ Negosiator/ Governance relation officer/ Staf Kedutaan.
  5. Praktisi/ Jurnalis/ Profesional/ Pekerja lembaga non-Pemerintah/ Internasional
  6. Politisi/ Praktisi Politik (dalam partai politik atau organisasi kemasyarakatan),
  7. Wirausahawan/ Pekerja sosial/ pekerja organisasi nirlaba, dan lainnya.
  8. Para pengambil kebijakan, relawan, dan pelaku dalam dinamika, dialektika, dan transformasi sosial humaniora di masyarakat.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian pembelajaran (Learning outcomes) Program Studi Magister (S2) Kajian Budaya PPs FIB Unand sesuai dengan profil lulusan dan jenjang KKNI level 8 terdiri atas sikap, penguasaan pengetahuan, keterampilan khusus, dan keterampilan umum. Capaian pembelajaran yang diharapkan dicapai oleh lulusan Program Studi S2 Magister Kajian Budaya PPs FIB Unand.

Rumusan capaian pembelajaran sesuai Level 8 KKNI dan SN-Dikti adalah sebagai berikut.

  • Mampu mengembangkan pengetahuan Kajian Budaya berbasis kearifan lokal, kecerdasan kontekstual (lokal, nasional dan global) serta keorientasian masa depan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner
  • Mampu menghasilkan karya inovatif pemecahan masalahsains budaya(bahasa, sastra, seni, dan sosial humaniora) dan kemasyarakatan secara deskriptif dan preskriptif dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner, serta mendapat pengakuan nasional atau internasional
  • Mampu mengelola riset teruji dan pegembanganpengetahuan Kajian Budaya berbasis kearifan lokal, kecerdasan kontekstual (lokal, nasinal dan global) serta keorientasian masa depan;
  • Menguasai IPTEKSB berbasis kearifan lokal, kecerdasan kontekstual (lokal, nasional dan global) serta keorientasian masa depan, bersifat inovatif, untuk memecahkan masalah budayadalam praktik profesional berdasarkan riset ilmiah yang teruji dengan pendekaatan interdisipliner dan multidisiliner dan bermanfaat dalam praktik profesional dan bagi masyarakat.
  • Menguasai IPTEKSB berbasis kearifan lokal, kecerdasan kontekstual (lokal, nasional dan global) serta keorientasian masa depan, untuk melahirkan karya-karya Kritik/ kreatif/ inovatif dalam bidang bahasa, sastra, seni, dan sosial humaniora berdasarkan riset ilmah yang teruji dengan pendekaatan interdisipliner dan multidisiliner dan bermanfaat dalam praktik profesional dan bagi masyarakat.

 

Pada ranah afeksi, capaian pembelajaran adalah sebagai berikut.

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
  • Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain
  • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

Uang Kuliah Tunggal (UKT) : Rp. 6.000.000,-/Semester

 

Informasi Lebih Lanjut

Pengelola Program Studi S2 Magister Kajian Budaya Program Pascasarjana, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas

Kampus Limau Manih, Padang, Fax. (0752) 71227

E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.,; Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website : http://fib.unand.ac.id

Informasi pendaftaran : http://pasca.unand.ac.id/id/berita/item/314-penerimaan-mahasiswa-baru-pascasarjana-universitas-andalas-gelombang-i-tahun-2017