Items filtered by date: Mei 2018
25 Mei 2018 In Berita

FIB - Bertempat di Ruang Sidang Dekanat FIB Unand pada Senin, (21/5/2018), Dekan FIB Unand, Dr. Hasanuddin, M.Si. menyerahkan sertifikat kepada tujuh orang mahasiswa Darmasiswa yang belajar di FIB Unand pada tahun akademik 2017-2018, sekaligus melepasnya secara resmi . 

24 Mei 2018 In Berita

FIB- Ronidin, S.S., M.A., memberikan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) tentang “Pentingnya Saling Berbagi Selama Bulan Ramadhan” pada jama’ah Shalat Dzuhur di Mesjid Al-Munir FIB Unand pada Senin, (21/5/ 2018).

24 Mei 2018 In Berita

FIB - Unit Kegiatan Olahraga (UKOS) mahasiswa FIB Unand mengadakan Open Recruitment (OR) mulai dari tanggal 21 Mei - 05 Juni 2018 bertempat di koridor Ruang Seminar FIB Unand.

23 Mei 2018 In Berita

FIB – Humas FIB Unand, Ayendi, S.S., M.Hum., mengikuti pelatihan atau sosialisasi pemahaman dan penggunaan repository untuk admin multimedia fakultas  yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Unand. Bertempat di Labor LPTIK Unand, pelatihan dan sosialisasi ini diadakan pada 27/3/2018 lalu. Pelatihan  dan sosialiasi ini dihadiri oleh beberapa orang dosen dan staf admin multimedia yang ditunjuk oleh masing-masing fakultas dan perpustakaan.

Prama Wahyudi, S.Kom., staf multimedia LPTIK menjadi pembicara pada pelatihan itu. Menurutnya, pada tahun lalu, sudah dilakukan beberapa kali pelatihan, tapi kurang efektif. “Dulu ada Sinta sehingga dosen sibuk buat Google Scholar. Akibatnya, repository ini dilupakan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prama Wahyudi, S.Kom. menambahkan bahwa repository Unand sudah mengalami perubahan. “Waktu dulu itu namanya repository.unand.ac.id. Sekarang sudah bermigrasi menjadi repo.unand.ac.id dengan server baru Eprints 3 yang dikembangkan oleh Universitas Southampton. Sesungguhnya bahan fisik yang ada pada server lama tidak diganggu, tapi karena sudah penuh dan banyak selain user Unand yang menggunakan, perlu dilakukan migrasi.”

Prama Wahyudi, S.Kom. juga menjelaskan bahwa dengan adanya repository baru ini, dosen diminta untuk meng-upload karya tulis ilmiah, laporan penelitian, laporan digital, SK dekan, peraturan, dan lain-lainnya. “Repository ini diperuntukkan bagi dosen, bukan untuk mahasiswa. Mahasiswa masih menggunakan repositiry lama. Semua dosen bisa membuat akun dengan membuka website lptik.unand.ac.id dan membuka menu layanan. Pembuatan ini dibebaskan dari biaya,” jelasnya.

Terkait dengan lokasi penyimpanan data, Prama Wahyudi, S.Kom. menerangkan bahwa dosen dapat memilih lokasi penyimpanan data sesuai dengan nama fakultas yang diinginkan, seperti FIB Unand, bisa lebih spesifik lagi menjadi Jurusan Sastra Inggris atau Jurusan Ilmu Sejarah.

Salah seorang staf multimedia LPTIK dan juga dosen yang baru diangkat di FIB Unand, Handoko, M.Hum. menjelaskan bahwa repo tersebut merupakan tempat untuk menyimpan dokumen data sehingga memudahkan dalam mendokumentasikan file.

“Kita tidak perlu lagi menampilkan file-file tersebut dalam website kita, tetapi diletakkan di repo, kemudian dikoneksikan melalui website sehingga website tidak terbebani. Selain itu, dengan adanya repo, tentunya memungkinkan untuk keterbukaan dokumen sehingga nanti webometric meningkat,” ungkapnya.

Menurut Handoko, M.Hum., untuk aktivitas repo itu, LPTIK tidak bisa bekerja sampai ke lapisan paling bawah, seperti jurusan. “Fakultas bisa menunjuk seseorang sebagai admin atau editor yang nantinya akan memberikan pelatihan  kepada dosen-dosen di jurusan sehingga dengan demikian pemanfaatan repository bisa maksimal. Kalau diharapkan dari LPTIK saja, tentu adanya keterbatasan tenaga maupun SDM,” pungkasnya.

Humas FIB: Ayendi, Editor: Ria Febrina, Admin: Gading Rahmadi