Rabu, 06 Maret 2019 10:13

Rafiqatul Afwa, Mahasiswa Ilmu Sejarah FIB Unand, Jadi Pembicara di Pondok Tahfiz Negara Malaysia dan Thailand

Foto 1: Rafiqatul Afwa saat menyampaikan materi publik speaking di Pondok Madrasah Tahfiz Darul Bahrin (Mutadabbir) Kedah, Perlis, Malaysia Utara

FIB—Rafiqatul Afwa, Mahasiswa Ilmu Sejarah FIB Unand angkatan 2015, menjadi salah seorang pembicara di Pondok Madrasah Tahfiz Darul Bahrin (Mutadabbir) Kedah, Perlis (Malaysia Utara) dan Pondok Tahfiz Perempuan di Satun, Thailand Selatan. Gadis yang sering disapa Fiqa ini menyampaikan materi “Public Speaking (Lets Speak Up)”. Fiqa dan tim berada di kedua Pondok Tahfiz itu pada 13 s.d. 22 Februari 2019 lalu.

Sejatinya, menjadi mahasiswa tidak sebatas kuliah di dalam kelas dengan dosen dan berkutat dengan buku-buku kuliah serta tugas dari dosen. Mahasiswa mesti sebagai agent of change yang menjembatani berbagai kalangan untuk sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Inilah yang Fiqa dan timnya coba lakukan dengan Program Traveling and Sharing.

Sebenarnya, kegiatan ini dibentuk oleh individu yang membawa nama komunitas masing-masing. Tim ini dikoordinatori oleh Nasriati Abdul Muthalib dari Komunitas Forum Halaqah Quran (FHQ) Nurul Hikmah, Medan yang juga bekerja di Yayasan/LSM KKSP (yayasan yang berkaitan dengan pendidikan dan anak, terutama untuk anak-anak jalanan dan terlantar dan korban bencana alam). Fiqa sendiri berangkat atas nama Kelompok Literasi Sumbar, yakni sebuah komunitas literasi yang digagas oleh salah seorang Alumni Sastra Indonesia FIB Unand pada 2018 lalu.