Selasa, 19 Maret 2019 08:11

Rapat Senat Terbuka Dies Natalis FIB Unand ke 37

Foto 1: Ketua Senat FIB Unand, Dr. Sulastri, M.Hum. membuka Rapat Senat Terbuka FIB Unand dalam rangka Dies Natalis FIB Unand ke-37

FIB - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand mengadakan Rapat Senat Terbuka dalam rangkaian acara Dies Natalis FIB Unand yang ke 37 tahun pada 13 Maret 2019 bertempat di Ruang Seminar FIB Unand. Rapat Senat Terbuka kali ini dipimpin langsung oleh Dr. Sulastri, M.Hum. selaku Ketua Senat FIB Unand. Rapat ini tampak dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, anggota senat, dosen, civitas akademika, awak media, mitra kerja, dan mahasiswa di lingkungan FIB Unand.

Rapat Senat Terbuka yang dilaksanakan sekali dalam setahun tersebut dibuka oleh Ketua Senat FIB Unand, Dr. Sulastri, M.Hum. “Dengan mengucapkan ‘bismillahirrohmanirrohim’ Rapat Senat Terbuka FIB Unand dalam rangka Dies Natalis ke-37 dengan ini dibuka dan terbuka untuk umum,” Dr. Sulastri, M.Hum. menyatakan.

Acara selanjutnya adalah laporan Dekan FIB Unand, seperti yang dibacakan oleh moderator. Dr. Hasanuddin, M.Si., selaku Dekan FIB Unand dalam pidatonya pada Rapat Senat Terbuka tahun ini menyampaikan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan FIB Unand, mulai dari sejarah berdirinya FIB Unand, program studi yang ada di FIB Unand, dan rencana strategis ke depan.

“Hari lahir Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas yang sebelumnya bernama Fakultas Sastrasebenarnya adalah pada tanggal 7 Maret, akan tetapi karena pada 7 Maret 2019 bertepatan dengan Hari Libur Nasional, yakni Hari Raya Nyepi, maka peringatan Dies Natalis Fakultas Ilmu Budaya kali ini diundur menjadi hari ini, 13 Maret 2019,” ujarnya.

Kemudian ia melanjutkan bahwa Hari lahir Fakultas Sastra/FIB Unand ini juga memiliki historis yang unik.  “Tanggal 7 Maret ditandai sebagai titik awal usaha konkrit perwujudan gagasan untuk mendirikan fakultas ini secara legal-formal pada 1980.Oleh sebab itu, tanggal tersebut dipilih para pendiri fakultas ini sebagai hari lahir yang diperingati sebagai hari Dies Natalis. Akan tetapi, tahun yang digunakan bukan 1980 melainkan tahun 1982 karena mengacu kepada tahun pertama fakultas ini resmi menerima mahasiswa baru,” jelasnya.