Selasa, 19 Maret 2019 08:14

Hima Jurusan Sastra Inggris FIB Unand adakan Mubeslub sebagai Lanjutan dari Acara Mubes

Foto: Foto bersama Hima Jurusan Sastra Inggris dengan Ketua Jurusan, Wakil Dekan II FIB Unand, dan Pembina Hima saat Mubes pada tanggal 19 Desember 2018

FIB - Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Sastra Inggris mengadakan Musyawarah Luar Biasa (MubesLub) pada tanggal 7 Maret 2019 sebagai kelanjutan dari acara Mubes yang dilaksanakan pada tanggal 19 s.d. 20 Desember 2018. Dalam MubesLub ini ada dua agenda yang dibahas seperti Anggaran Rumah Tangga (ART) ESA dan Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) ESA.

“MubesLub diadakan untuk melanjutkan pembahasan yang belum terselesaikan pada tanggal 19 s.d. 20 Desember 2019 kemarin, “ ujar Edo Sapraja (angkatan 2017) selaku Ketua pelaksana. 

Edo Sapraja juga menjelaskan bahwa setelah melakukan Mubes dan MubesLub, kini nama Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Sastra Inggris FIB Unand telah berganti nama dari English Department Student Associataion (EDSA) menjadi English Student Associataion (ESA).

“Pergantian nama Hima ini sudah disepakati oleh seluruh anggota aktif dan pasif Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris FIB Unand dalam kegiatan Mubes dan MubesLub,” jelasnya.

Terkait dengan informasi Mubes sebelumnya, Himpunan mahasiswa (Hima) Jurusan Sastra Inggris FIB Unand, English Department Student Associataion (EDSA) melakukan Musyawarah Besar (Mubes) pada tanggal 19 s.d. 20 Desember 2018 di Ruang Seminar FIB Unand. Kegiatan itu dihadiri oleh Drs. Rumbardi, M.Sc., selaku Wakil Dekan II FIB Unand; Ketua Jurusan Sastra Inggris, Hanafi, M.App. Ling., Ph.D.; Pembina English Department Student Associataion (EDSA), Donny Eros, M.A.; alumni, dan mahasiswa Jurusan Sastra Inggris FIB Unand dari angkatan 2014 s.d. 2017.

Edo Sapraja pada acara Mubes mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan acara Mubes itu dan berharap semoga kegiatan Mubes dapat berjalan dengan lancar.

Dekan FIB Unand yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan II FIB Unand, Drs. Rumbardi, M.Sc secara resmi membuka Mubes HimaJurusan Sastra Inggris FIB Unand. Ia menyampaikan bahwa Himpunan Mahasiswa (Hima) memegang peranan penting disetiap universitas karena disinilah tempat berkumpulnya para mahasiswa dalam menuangkan ide dan gagasan mereka, berkarya, kreatif, inovatif, mengembangkan potensi, talenta, dan minat mereka dalam berbagai bidang.

“Ada tiga dasar untuk melihat organisasi kemahasiswaan. Pertama, secara yuridis (peraturan perundang-undangan). Payung hukum dari keberadaan Himpunan Mahasiswa (Hima) adalah PP No. 66 tahun 1999 tentang perguruan tinggi. Kemudian, secara teknis diatur oleh Kepmen PDK RI NO. 155/U/1998, yang mengatur tentang kedudukan, fungsi, tanggung jawab, dan pendanaan. Kedua, secara filososfis bahwa mahasiswa dituntut berpikir kritis terhadap persoalan yang dihadapi sehari-hari minimal di lingkungan kampus dan mampu menyuarakan sesuatu demi perbaikan. Ketiga, secara sosiologis (kemanfaatan bagi masyarakat) yaitu dasar kegiatan organisasi mahasiswa adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi (pemdidikan, penelitian dan pengabdian). Jadi, EDSA semestinya membuat kegiatan-kegiatan yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga dapat bermanfaat bagi anggota dan masyarakat luas,” tuturnya.

Disamping itu, Dr. Rumbardi, M.Sc. juga melakukan beberapa himbauan untuk EDSA, yaitu EDSA sebagai organisasi mahasiswa diharapkan dapat membuat program yang dapat meningkatkan prestasi anggota dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. EDSA bukanlah NGO (LSM) yang bergerak bebas. EDSA merupakan bagian dari jurusan dan fakultas, dan EDSA harus mendukung peraturan akademik dan tata tertib kehidupan kampus.

“Mudah-mudaha apa yang saya sampaikan dapat menjadi frame work dan masukan untuk Mubes ini. Saya berharap semoga kegiatan Mubes EDSA tahun ini dapat mencapai hasil yang maksimal,” ucapnya.

Mubes yang dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2018 membahas mengenai Musyawarah Pleno I (penetapan presidium, pembahasan agenda acara, dan tata tertib mubes), Musyawarah Pleno II (pembacaan dan pembahasan serta penilaian LPJ Pengurus EDSA 2018). Pada hari pertama ini pimpinan sidang Mubes terdiri dari: Presidium I dipimpin oleh Hanafi, M.App.Ling., Ph.D., Presidium II oleh Donny Eros, S.S., M.A., dan Presidium III dipimpin oleh Edo Sapraja.

Terdapat beberapa perubahan dalam Tata Tertib Pelaksanaan Mubes EDSA tahun ini seperti: terjadi penggantian nama Hima Jurusan Sastra Inggris FIB Unand.  Penggantian nama ini diusungkan oleh Hanafi, M.App.Ling., Ph.D.,selaku alumni Jurusan Sastra Inggris FIB Unand dan juga Ketua Jurusan Sastra Inggris FIB Unand periode 2018 s.d. 2023. Nama Hima Jurusan Sastra Inggris FIB Unand yang pada awalnya bernama English Department Student Associataion (EDSA) diubah menjadi English Student Associataion (ESA). Menurutnya, hal itu dikarenakan nama ESA berhubungan historis dengan para alumni.

“Jadi alasan saya mengajukan pergantian nama ini adalah bahwa alumni-alumni dari Jurusan Sastra Inggris FIB Unand merasa lebih dekat dan familiar dengan nama English Student Associataion (ESA) ketimbang EDSA. Sebelum EDSA, nama Hima Jurusan Sastra Inggris sebelumnya juga ESA.  Para alumni tersebut merasa agak asing dengan nama EDSA, kecuali alumni-alumni baru. Jika mereka merasa asing dengan EDSA, otomatis tidak terjadi hubungan yang begitu dekat antara alumni dengar junior-juniornya. Saya berharap semoga dengan pergantian nama Hima ini ke nama yang lama dapat membuat Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris FIB Unand lebih dekat dengan para alumninya,” ungkapnya.

Mubes hari kedua membahas mengenai pembacaan LPJ dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara serta masing-masing divisi di EDSA yaitu divisi HROD, SAA, Kesekretariatan, PR dan Kominfo. Selain itu, pada hari itu juga membahas tentang Anggaran Dasar (AD) EDSA.

Reporter: Mita Handayani, Editor: Ayendi, Admin: Tri Eka Wira

Read 57 times