Foto: Spanduk acara seminar bulanan Jurusan Ilmu Sejarah FIB Unand

FIB - Jurusan Ilmu Sejarah Universitas Andalas pada Rabu, 10 Juli 2019 yang bertempat di Ruang Dekanat FIB Unand kembali mengadakan seminar bulanan jurusan yang bersamaan dengan acara Malapeh Rang Ka Pai, yaitu pelepasan salah seorang dosen Sejarah FIB Unand, Drs. Sabar, M. Hum., yang pindah tugas ke Jawa Tengah, Semarang.

Seminar kali itu diisi oleh Pembicara pertama, Prof. Dr. Phil. Gusti Asnan dengan makalahnya yang berjudul “Pergilah Nak, Pergilah Sayang: Catatan Historis Melepas Orang Pergi di Minangkabau Pada Akhir Abad Ke-19 dan Awal Abad ke-20,” dan Pembicaa Kedua, Dr. Zulqoyyim, M. Hum., dengan makalahnya yang berjudul “Profanisasi dan Sakralisasi Ruang Sosial Kota Jambi 1850-an – 1940-an.”

Prof. Dr. Herwandi, M. Hum. selaku penggagas dan penanggung jawab acara seminar bulanan Jurusan Ilmu Sejarah menyatakan Jurusan Ilmu Sejarah sebetulnya memang sudah memiliki rancangan untuk mengadakan seminar bulanan jurusan. “Saya berharap ke depan, ini akan terus terlaksana dan juga target seminar untuk tahun ini ialah semua dosen akan menulis makalah yang nantinya akan dijadikan buku di akhir tahun nanti,” ucap Prof. Herwandi.