Items filtered by date: Selasa, 26 Februari 2019
26 Februari 2019 In Berita & Peristiwa

                                 Foto: Penampilan BSTM saat membuka kegiatan Sentak Art Festival

FIB - Bengkel Seni Tradisional Minangkabau (BSTM) sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) di FIB Unand yang bergerak dalam bidang kesenian Minangkabau ikut menyumarakkan kegiatan masyarakat Kenagarian Balai Gurah, Kecamatan IV Angkek, Kab. Agam yang menggelar pertunjukan kesenian Minangkabau Sentak Art Festival. Kegiatan ini berlansung pada 23 Februari 2019 di Medan Nan Bapaneh Balai Mudiak, IV Angkek, Agam.

Tak tanggung-tanggung acara itu dibuka langsung oleh BSTM dengan menampilkan pertunjukan  Riak Galembong. “Kita diundang oleh Panitia Sentak Art Festival dan mereka meminta langsung BSTM untuk membuka acara ini,” ujar Yogi Arian selaku asisten koreografer.

Sebelumnya, BSTM sendiri pernah tampil ditempat yang sama bersama Teater Langkah dalam acara Baandai-andai(berandai-andai). Bisa dikatakan BSTM adalah salah satu penggagas terwujudnya kegiatan Sentak Art Festival ini.

Berangkat dari tujuan kegiatan Sentak Art Festival ini diadakan, yaitu untuk mempersatukan masyarakat Kenagarian Balai Gurah, Satria Erlangga selaku koreografer membungkusnya dalam satu bentuk kesenian yaitu Riak Galembong. “Riak Galembong merupakan kesenian Minangkabau, sejenis randai tetapi bukan randai.Riak Galembong menyajikan tepukan-tepukan endong yang mempunyai bunyi dan irama yang enak didengar, atau kumpulan pola-pola tepukan endong yang disambung-sambung,” ujarnya.

Sebanyak 19 orang pemain dilibatkan dalam Riak Galembong, yang terdiri dari 4 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Tak hanya dari BSTM, kelompok kesenian Studio Merah dari Fakultas Hukum pun turut berkolaborasi “Bukan hanya dari anggota BSTM, kita juga ambil empat orang dari teman-teman Studio Merah, dua orang perempuan dan dua orang laki-laki,” ujar Yogi.

Setelah menjalani proses latihan selama satu bulan lebih, BSTM berhasil memukau penonton Sentak Art Festival. “Pembukaan keren, bagus dan jujur saya belum pernah melihat ini sebelumnya, paling pernahnya cuma di randai, tapi ini beda kan,” ujar Diva salah seorang penonton.

Selain BSTM, banyak grup-grup kesenian Sumatera Barat yang juga turut berpartisipasi dalam kegiatan itu, diantaranya; Komunitas Maiang dan Saraso Badunsanak dari Nagari Balai Gurah, Komunitas Kiek Legusa, Puti Ambang Bulan, Tanah Ombak, Kampuang Ijuak, dan masih banyak lagi. Acara itu ditutup dengan sumarak saratuih tambua yang juga diramaikan oleh BSTM.

Reporter : Aisya Rizano Putri, Editor: Ayendi, Admin: Tri Eka Wira

26 Februari 2019 In Berita & Peristiwa

Foto 1: Wisudawan Peraih "Bintang Aktifis Kampus"dan"Aktifis Kampus"serta “Relawan Reporter” pada Wisuda Itahun 2019 berfoto bersama dengan Dekan dan Wakil Dekan III FIB Unand

FIB -Berdasarkan keputusan Presiden Negara Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (NMFIB) Universitas Andalas (Unand) tentang pengangkatan Bintang Aktivis Kampus (BAK) dan Aktifis Kampus (AK) pada Wisuda I Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas tahun 2019, maka dipilihlah 11 orang sebagai Bintang Aktifis dan Aktifis Kampus.Pada saat acara yang sama, pimpinan FIB Unand juga turut memberikan sertifikat penghargaan terhadap Relawan Reporter Humas FIB.

 

Dua jenis pengangkatan “Bintang Aktivis Kampus (BAK)” dan “Aktifis Kampus (AK)”tersebut berdasarkan kriteria BEM FIB Unand yang dilansir pada WEB fib.unand.ac.id.Disanadisebutkan bahwa kriteria “Bintang Aktifis Kampus” seperti yang disebutkan Aswendi Hanafi pada pidato kata sambutannya mewakili Presiden BEM pada Wisuda IV tahun 2018 dan dilansir pada berita WEB FIB Unand pada Minggu, 26 Agustus 2018, yaitu para wisudawan/i tersebut pada keorganisasian memiliki posisi atau jabatan yang penting atau utama, sedangkan pada “Aktifis Kampus” untuk posisi atau jabatan pada level dibawah itu.

 

Berikut ini adalah  nama-namaWisudawan/i“BintangAktivisKampus” pada Wisuda I FIB Unand pada tahun 2019:

 

  1. RizkiMuhadi, Jurusan Sastra Minangkabau

Prestasidankeorganisasian :

  • PernahmenjabatsebagaiKoordinator Divisi Randai BSTM FIB Unand 2015-2018
  • Pernah menjabat sebagai Koordinator Divisi Kebudayaan LMJ 2016-2018
  • Ketua Festival Kesenian Minangkabau IV 2017
  • Ketua KPPM Sastra Daerah Minangkabau 2017
  • Juara 1 Festival Pencak Silat Internasional 2016

 

  1. WahyuGusrizal, (BP 1410732019), Jurusan Sastra Inggris

Prestasi dankeorganisasian :

  • Pernah menjabat sebagai Koordinator Divisi UKM Komunitas Cermin FIB Unand periode 2017-2018
  • Pernahmenjabat sebagai Wakil Ketua UKM Komunitas Cermin FIB Unand periode 2018-2019
  • Pernahmenjabat sebagai Ketua DLM FIB Unand periode 2017-2019
  • KetuaPanitia "One Act Conquest" 2018
  • Pemateri LAD untukKelas Drama 2017

 

  1. Lastry Monika, (BP 1410721012), Sastra Indonesia

Prestasidankeorganisasian :

  • Pernahmenjabat sebagai KepalaBidangKonservasiSumberDayaAlam di UKM MAPASTRA periode 2016/2017
  • Pernahmenjabat sebagai Ketua di UKM MAPASTRA periode 2017/2018
  • Ketua pelaksanapadaKegiatan "Penanaman 1000 Pohon" 2017
  • Ketuapelaksana Seminar Konservasi "BudayaKonservasi di Daerah RawanBencana" 2017
  • PenulisterbaikSayembaraPenulisanCeritauntukNaskahLiterasi Tingkat SekolahDasar se-Sumatra Barat 2017
  • 10 PenulisTerbaikSayembaraPuisidanCerpen Rakyat Sumbar Tingkat Nasional tahun 2017

 

  1. Ahmad Siddiq Faruqi, Sastra Jepang

Prestasidankeorganisasian :

  • Kordinator Divisi FSI Fakultas Ilmu Budaya Unand 2015-2016
  • Ketua FSI Fakultas Ilmu Budaya Unand 2016-2017
  • Ketua HIMA Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Unand 2017-2018
  • Ketua MOZAIC FSI Unand 2015
  • Berkontribusi dalam antologi bersama event nasional bertemakan “Ungkapan Hati Untuk Seseorang” bersama Rumah Kayu Indonesia dan diterbitkan dalam buku berjudul ‘Kamu”.