Items filtered by date: Senin, 15 April 2019
15 April 2019 In Berita & Peristiwa

Foto 1: Defika saat menjadi moderator diskusi antara relawan TIK dan siswa SMAN 16 Padang mengenai penggunaan internet sehat

FIB – Salah seorang mahasiswa Jurusan Sastra Inggris FIB Unand, Defika, mengabdikan diri sebagai salah seorang relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMAN 16 Padang dengan terlibat sebagai panitia pengenalan internet sehat kepada siswa-siswi pada 9 Maret 2019 lalu.

RTIK atau lebih dikenal dengan relawan TIK merupakan sebuah organisasi volunteer yang bergerak di bidang TIK yang berdiri pada tanggal 4 Juli 2011 di Bogor dalam acara Forum Koordinasi, Komunikasi, Kolaborasi, dan Kerjasama Komunitas TIK.

“RTIK sendiri merupakan kepanjangan dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi. RTIK  merupakan organisasi berbasis komunitas yang sudah berbadan hukum, dan merupakan perpanjangan tangan dari Kemkominfo untuk membantu negeri ini agar melek dengan teknologi. Di Unand sendiri, RTIK baru berdiri sejak tanggal 5 Desember 2018 bertepatan dengan hari relawan nasional dan mempunyai anggota sebanyak 22 mahasiswa dari berbagai fakultas, salah satunya FIB,” tutur Angga, Ketua RTIK Unand.

Defika menyampaikan, sebagai mahasiswa sastra yang cenderung bergelut dengan bahasa, ia cukup prihatin dengan konten-konten tidak pantas yang tersebar luas di internet dan berhubungan dengan penggunaan bahasa yang tidak baik dan tidak pada tempatnya.

“Saya ikut serta dalam kegiatan vounteering ini, karna saya ingin ikut serta dan turut andil dalam menyadarkan masyarakat tentang penggunaan internet yang benar khususnya penggunaan bahasa yang tepat dalam berkomunikasi di media sosial,” ucap Defika.

Zaman sekarang, penggunaan internet memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap golongan masyarakat terutama siswa dan mahasiwa. Sayangnya, masih banyak di antara pengguna internet yang belum bisa menggunaan internet secara sehat dan cerdas. Banyak di antara masyarakat yang tidak memilih dan memilah bahasa yang akan mereka sampaikan pada khalayak, apakah pantas dibaca oleh semua orang atau tidak

“Sebagai mahasiswa yang tidak kuliah di Jurusan Komputer, saya mungkin cukup tertinggal dalam ilmu teknologi atau hal yang berhubungan dengan teknologi, namun di sini saya akan belajar dan ingin turut serta dalam menyadarkan masyarakat dalam bagaimana berbahasa yang tepat dan juga berbudaya di sosial media,” imbuh Defika.

Sebelumnya Defika juga sudah turut serta dalam kegiatan volunteer bersama RTIK pada acara Car Free Day di Jl. Khatib Sulaiman, Padang, dengan mengadakan permainan ular tangga literasi yang bertujuan untuk memberi pengenalan internet yang baik kepada masyarakat.

Defika turut menyampaikan bahwa sampai saat ini keanggotaan mahasiswa FIB sendiri sangat minim di RTIK Unand, terbukti dengan hanya seorang anggota yang merupakan mahasiswa FIB Unand. Angga selaku ketua RTIK Unand pun turut berharap agar untuk ke depannya mahasiswa FIB mau bersedia mengabdikan diri sebagai relawan TIK.

“Harapannya, semoga mahasiswa FIB tertarik untuk berkontribusi di dalam RTIK Unand ini. Di sini, kita tidak harus paham dengan teknologi karna kita juga sama-sama akan belajar mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Yang penting di sini adalah komitmen untuk berkontribusi terhadap negara dan bangsa, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” ucap Angga.