Foto 1: Sesi foto bersama setelah berbuka bersama di Clayton Kafe yang terletak sebelum Kampus Unand dari arah Pasar Baru

FIB - Keluarga Besar Humas FIB Unand untuk pemberitaan WEB online, yang terdiri dari editor, reporter, admin, dan staf keuangan mengadakan kegiatan berbuka bersama (bukber)pada Kamis, 16 Mei 2019 bertempat di Clayton Kafe.

Kegiatan berbuka bersama ini tutur Ayendi, M.Pd., M.Hum., selaku editor, adalah untuk menjalin keakraban di dalam tim sambil memotivasi kinerja ke depannya agar produktifitas, kualitas, dan kuantitas berita yang dibuat semakin meningkat.

“Kegiatan buka bersama ini merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Humas FIB setiap tahunnya. Kegiatan buka bersama pada tahun ini dihadiri oleh Pak Rahmadi, Pak Roni Saputra, Bu Ria Febrina, Bu Sari Suryani. dan seluruh reporter FIB Unand. Khusus untuk Pak Rahmadi, ini adalah kali terakhir dia berkumpul dengan kita-kita karena awal Mei ini dia sudah diberi tugas jabatan baru di LPPM Unand. Untuk itu kita mengucapkan terimakasih kepada Pak Rahmadi atas bantuannya selama ini kepada Humas FIB yang bertindak sebagai admin. Sebagai gantinya yang baru adalah Pak Tri Eka Wira yang dikenal dengan Pak Oka yang berhalangan hadir pada acara berbuka ini,” katanya.

Kemudian Ayendi, M.Pd., M.Hum. menyampaikanada beberapa persamaan antara buka puasa bersama pada tahun ini dengan tahun lalu. Menurutnya, hal itu bisa terlihat dari apa saja yang diperoleh oleh para reporter atas penghargaan dan bantuan penuh dari pimpinan FIB Unand atas jerih payah yang telah mereka lakukan empat bulan belakang ini, yaitu berupa honor dan hadiah parsel. Lalu sebutnya ada kegiatan sharing serta evaluasi antara sesama reporter, editor, dan admin.

“Buka puasa tahun dulu itu ada 18 orang yang ikut buka puasa bersama. Sementara pada tahun ini, jumlah peserta yang ikut buka puasa berjumlah 23 orang. Reporter bertambah jumlahnya karena kita melakukan perekrutan anggota baru pada tahun ini. Kemudian, selain merekrut reporter baru, kita juga melakukan perekrutan untuk anggota protokoler Humas FIB Unand, tetapi mereka masih dalam proses persiapan untuk dilibatkan pada acara-acara ynag ada di FIB. Maka dari itu Tim Protokoler belum diundang. Mudah-mudahan tahun depan bisa kita libatkan. Sekarang artinya Humas FIB Unand tidak hanya memiliki tim reporter, tetapi juga tim protokoler,” ujarnya saat diwawancarai sesaat sebelum berbuka puasa bersama.

Ummul Hafizhah, salah seorang reporter baru di Humas FIB Unand memberikan tanggapan positif mengenai kegiatan buka bersama tahun ini. Ia berpendapat bahwa kegiatan ini dapat mendekatkan hubungan antara satu reporter dengan reporter lainnya.

“Acaranya seru dan makanannya juga enak. Saya nggak nyangka akan dapat parsel. Saya kira hanya buka puasa biasa saja. Eh, tiba-tiba editor memberi tahu kalau reporter diberi parsel. Perasaan saya senang sekali ketika dapat parsel ini,” ungkapnya.

Senada dengan  Ummul Hafizhah, Nabilla Hanifah yang juga merupakan reporter baru di Humas FIB Unand merasa sangat senang mengikuti kegiatan buka bersama ini. Ia berharap agar semua reporter makin kompak dan semangat dalam membuat berita untuk kedepannya.

Sonia, reporter senior FIB Unand berpesan kepada para reporter junior agar menjadikan Humas FIB Unand sebagai tempat untuk melatih keterampilan menulis dan skill berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain.

“Jadikan Humas sebagai tempat untuk mengembangkan diri teman-teman dalam menulis dan berkomunikasi dengan orang lain terlepas dari apakah teman-teman akan berkarir di dunia jurnalistik atau tidak nantinya. Menulis dan berbicara itu adalah dua hal yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Ini adalah dua komponen penting yang harus teman-teman miliki di dalam diri teman-teman, ” ujarnya.