""
Sabtu, 25 Jun 2022 00:52

Debby Noviana Rifani, Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Juara 1 Cik Uniang Cik Ajo Duta Wisata Kabupaten Padang Pariaman 2022

FIB-Debby Noviana Rifani Mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2018 meraih gelar Cik Uniang Duta Wisata Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2022 yang diselenggarakan pada 20 Juni 2022 di Hall IKK Kantor Bupati Padang Pariaman. Sebelumnya, Debby pernah terpilih sebagai salah satu mahasiswa berprestasi ketiga Fakultas Ilmu Budaya Tahun 2021. Ia merupakan salah satu anggota Humas Mahasiswa FIB yang aktif dalam kegiatan fakultas, baik kegiatan protokoler maupun MC pada berbagai acara. Tahun ini, ia kembali mengukir prestasi dengan predikat Cik Uniang Duta Wisata Kabupaten Padang Pariaman 2022 sebagai juara 1.

Saat diwawancarai melalui WhatsAppp Debby mengatakan bahwasannya Pemilihan Cik Uniang Cik Ajo Duta Wisata Kabupaten Padang Pariaman membuat ia belajar mengenai banyak hal tentang budaya dan pariwisata. Dalam prosesnnya, berhasil menjadi Cik Uniang Duta Wisata Padang Pariaman 2022, ia mengikuti berbagai tahapan seleksi dari pengumpulan berkas, wawancara, technical meeting mengenai duta wisata selama dua hari, belajar pengetahuan pariwisata dan ekonomi kreatif hingga ia bisa maju di Grand Final 20 Juni lalu dan meraih juara satu.

Debby menjelaskan perihal pengetahuan yang semestinya dimiliki oleh Cik Uniang Cik Ajo Duta Wisata Kabupaten Pariaman. Cik Uniang ini memiliki tugas melakukan penggerakan dan promosi dalam bidang pariwisata, baik itu pengembangan pariwisata dan hubungannya dengan ekonomi kreatif. “Pariwisata itu berhubungan dengan banyak hal, misalnya dengan perekonomian, sosial budaya, adat, dan budaya serta pendidikan. Jadi, wawasan yang luas terkait pariwisata, ekonomi kreatif, industri kreatif, dan memiliki kemampuan lainnya seperti etika dan kepribadian, public speaking dan kemampuan berbahasa inggris sangat diperlukan dalam ajang perlombaan ini” ungkapnya.

Motivasi Debby dalam mengikuti pemilihan Cik Uniang Cik Ajo Duta Wisata Kabupaten Pariaman. Ia berkeinginan mengasah kemampuan public speaking yang telah ia miliki sebelumnya. Debby juga termotivasi dengan latar belakangnya berkuliah di Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya yang mempelajari budaya Inggris. Ia berkeinginan untuk mengembangkan Pariwisata dan Kebudayaan lokal dalam bahasa inggris. “Aku juga belajar pariwisata, aku juga belajar bagaimana mempromosikan pariwisata dalam bahasa inggris. Aku juga pengen mengembangkan dan belajar lebih banyak bagaimana mengembangkan promosi wisata apalagi yang ada di daerah kita, bagaimana mengembangkan pariwisata menjadi lebih baik dan lebih dikenal bukan hanya kalangan domestik tapi juga kalangan mancanegara” ucap Debby. Selain itu, Debby termotivasi dari dirinya secara internal bahwa ia bagian dari masyarakat dan ingin berkontribusi, membantu mensejahterakan dan mendedikasikan diri kepada masyarakat dalam hal ini dibidang pariwisata dan budaya terutama di kampungnya Kabupaten Padang Pariaman.

Setelah dinyatakan sebagai juara satu Debby tidak menyangka dan senang dengan hal itu. Ia dapat menggapai cita-citanya dan dapat membuat bangga kedua orang tua nya. Sebelumnya, ia pernah mengikuti dunia perdutaan pertama kali tahun 2017 yaitu Duta GenRe Padang Pariaman. Namun, ia tidak memenangkan pemilihan itu dan terpilih menjadi Duta GenRe Photogenic. Selama tahun 2018 hingga saat ini ia vakum mengkuti ajang perdutaan dan akhirnya mengikuti kembali di tahun 2022 dan berhasil meraih gelar juara.

Debby berharap setiap bidang yang ia ikuti dapat bermanfaat. “Sedikit dan banyaknya pasti bermanfaat bagi aku dan orang lain. Jadi, aku memberanikan diri untuk mencoba hal apapun dan memberanikan diri untuk mengambil risiko. Karena aku percaya setiap hal yang kita lakukan risikonya ada dan itu yang akan menjadi pengalaman dan menjadi pelajaran untuk kita. Sehingga kita tahu hikmah apa yang ada dalam kegiatan yang kita lakukan. Jadi why not? untuk mencoba. We never know if we never try. Jadi coba aja” ujarnya.

Sebagai Cik Uniang Kabupaten Padang Pariaman, Debby memiliki amanah untuk mempromosikan pariwisata, budaya, dan membantu pemerintah melestarikan budaya serta membantu pengembangan ekonomi kreatif. Ia mengungkapkan kedepannya akan menjadi perwakilan Kabupaten Padang Pariaman mengikuti pemilihan Uda Uni Sumatera Barat Tahun 2022.

 

Reporter: Yeny Dwi Lestari

Read 88 times