""
Selasa, 05 Juli 2022 18:11

26 Usulan Penelitian Dosen FIB Didanai untuk Tahun 2022

26 Usulan Penelitian Dosen FIB Didanai untuk Tahun 2022

 

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas meluncurkan dana penelitian untuk tahun 2022. Untuk itu, bertempat di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, sekitar 26 orang Dosen FIB berserta timnya diundang untuk menandatangani kontrak perjanjian penelitan.

Dalam sambutannya Dekan FIB menyebutkan bahwa saat ini FIB membutuhkan penambahan Guru Besar karena dalam beberapa tahun terakhir, untuk itu diperlukan adanya percepatan yang cukup signifikan. Melalui Skim Publikasi Internasional Bereputasi, peningkatan jumlah Guru Besar berpotensi untuk dilakukan. ‘Salah satu bentung tanggung jawab fakultas adalah menambah Guru Besar. Oleh karena itu, dosen perlu didorong agar dapat mempublikasi artikel mereka di jurnal internasional bereputasi’, jelas Prof.Dr. Herwandi, M.Hum.

Terdapat 8 skim penelitian di FIB, yakni Tim Penelitian Dosen Muda (TPDM),  Tim Pemetaan dan Rintisan Bidang Ilmu (TPRI), Tim Penelitian Dasar Keilmuan (TPDK), Tim Penelitian Penciptaan dan Penyajian Sastra (TP3S), Tim Penelitian Pascasarjana (TPPs), Tim Penelitian Unggulan Fakultas (TPUF), dan  Publikasi Internasional Bereputasi. Satu skim baru ditambahkan, yaitu   Kerjasama Internasional. Tujuan penambahan skim ini adalah salah satunya untuk mengakomodir dosen yang berpotensi untuk memgusulkan Guru Besar sehingga dosen-dosen ini bisa bergabung dalam skim tersebut. Saat ini sudah ada kerjasama dilakukan dengan Prof. Hanafi dari Universiti Malaya Malaysia dan Prof. Rafeah Legino dari UiTM Malaysia.

Senada dengan ini, Wakil Dekan 1 FIB, Dr. Ike Revita, M.Hum. menyebutkan bahwa untuk memutuskan proposal yang akan didanai melalui tahap desk evaluation  oleh Tim dari Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPkM), review oleh tim revierwer yang sudah tersertifikasi, serta verifikasi oleh tim verifikator. Dari 41 proposal yang diusulkan, 26 diantaranya dapat didanai.

Untuk memberikan feed back  kepada pengusul, semua catatan dari reviewer dikirimkan kepada dosen pengusul untuk dijadikan bahan pembelajaran agar proposal yang didisainbisa lebih baik dan memenuhi persyaratan untuk didanai.  Fakultas akan melakukan pendampingan dalam menulis artikel agar luaran penelitian berupa publikasi di jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi bisa dipenuhi.’Kita berencana akan melakukan semacam workshop  penulisan artikel ini yang dilakukan secara berkala dengan mengundang ahli yang bisa memastikan bahwa artikel Dosen FIB layak untuk dipublikasi,’ tambah Dr. Ike Revita.

Dalam pertemuan itu juga diinformasikan bahwa pada Bulan Oktober akan dilakukan monev serta di November, laporan 100% serta luaran yang diminta sudah bisa dilaporkan oleh peneliti. ‘Kita akan selalu mendorong Dosen FIB untuk melakukan penelitian baik yang didanai oleh fakultas, universitas, Dikbud Ristek, atau pun mandiri’, tutup Dekan FIB.

 

Read 80 times