""
Kamis, 28 Juli 2022 11:42

Kuliah Umum Sastra FIB Unand Kembali Diadakan secara Offline Bertemakan Problematika Alih Wahana Sastra Indonesia

FIB – Kuliah Umum Sastra kembali diadakan secara offline pada Senin, 4 Juli 2022 kemarin. Kuliah umum yang mengangkat tema Problematika Alih Wahana Sastra Indonesia ini diisi oleh dosen tamu dari Universitas Negeri Malang (UNM), Bapak Dr. Karkono, S.S., M.A. Acara berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga selesai di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.

Kuliah umum diawali dengan kata sambutan oleh Ibu Dr. Aslinda, M.Hum., sebagai Ketua Jurusan Sastra Indonesia FIB yang menyambut baik kedatangan rombongan Departemen Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Kemudian acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Bapak Prof. Dr. Herwandi, M.Hum. sekaligus berterima kasih dengan rombongan tamu undangan yang telah datang serta para peserta yang menghadiri kuliah umum hari itu. Ruang seminar juga diisi oleh dosen Jurusan Sastra Indonesia beserta para mahasiswa. Pembukaan dilengkapi dengan pengenalan secara umum Fakultas Ilmu Budaya dengan diputarkannya profil fakultas di hadapan peserta. Pengenalan ini dipandu oleh salah satu dosen Jurusan Sastra Indonesia, yaitu Bapak Drs.  M. Yusuf, M.Hum.

Kunjungan Bapak Dr. Karkono, S.S., M.A. ke Fakultas Ilmu Budaya dalam rangka mengisi materi kuliah umum merupakan yang pertama secara luring di dalam ruang seminar FIB setelah sebelumnya semenjak pandemi dilakukan secara daring. Hal ini tentu membangkitkan semangat dan awal yang baru kembali untuk kegiatan yang akan dilakukan secara luring lainnya.

Dalam penyampaian materinya mengenai Problematika Alih Wahana Sastra Indonesia, Dr. Karkono, S.S., M.A. menyinggung masalah alih wahana karya sastra yang disebabkan oleh budaya yang tidak statis dan dinamis, sesuai dengan zaman dan pengaruh dari perkembangan teknologi yang ada sampai saat sekarang ini. Lebih lanjut pembahasan mengenai alih wahana disambung dengan adanya sesi diskusi antara Bapak Karkono dengan para peserta. Tidak terkecuali para dosen yang hadir menyampaikan beberapa pertanyaan dan memanfaatkan kesempatan ini untuk berdiskusi bersama.

Adanya kuliah umum ini tentunya diharapkan bisa menambah wawasan di luar materi perkuliahan mahasiswa, menjalin komunikasi dan kerja sama sesama fakultas di luar kampus, serta menjadikan wadah untuk berdiskusi bersama mengenai sastra dengan menghadirkan pembicara dari luar umumnya. “Kuliah umum ini memberikan bekal baru kepada saya tentang perubahan karya sastra menjadi bentuk yang lebih konkret. Karya sastra tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai komodifikasi yang bernilai ekonomi, sepeti novel yang difilmkan.” Ujar Ahmad Zikri sebagai salah satu peserta Kuliah Umum Sastra yang hadir.

 

 

Reporter: Nadiati Husna

Dokumentasi:

Read 41 times