""

SMAN 2 Bukittinggi Adakan Kunjungan ke FIB Unand

30 November 2022

FIB – Rabu, 23 November 2022, para siswa jurusan bahasa dari SMAN 2 Bukittinggi, didampingi oleh dua orang guru, berkesempatan untuk mengunjungi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Agenda kunjungan ini diadakan di ruang sidang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, sekitar pukul 14:00 WIB. Rombongan siswa dan guru dari SMAN 2 Bukittinggi ini disambut di Convention Hall Universitas Andalas terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Dr. Reniwati, M.Hum. selaku wakil dekan III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas memberikan kata sambutan dalam agenda kunjungan ini. “Selamat datang kepada ananda Kita semua. Sekarang ananda menjadi tamu dan mudah-mudahan tahun depan sudah menjadi mahasiswa kami,” tutur Dr. Reniwati, M.Hum. dalam kata sambutannya.

Dalam agenda ini, para siswa diperkenalkan dengan hal terkait profil Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Dr. Reniwati menjelaskan bahwasanya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas memiliki 5 prodi untuk jenjang strata satu, di antaranya prodi Ilmu Sejarah, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Indonesia, dan Sastra Minangkabau. Ia menambahkan bahwa terdapat 4 prodi untuk jenjang strata dua, di antaranya prodi Sejarah, Linguistik, Sastra, dan Kajian Budaya. Dalam sesi pengenalan ini, Dr. Reniwati juga menjelaskan tentang sejarah berdirinya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, fasilitas yang tersedia, jumlah mahasiswa dan tenaga pengajar, hingga prestasi-prestasi yang diraih oleh civitas Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas..

Salah seorang guru dari SMAN 2 Bukittinggi juga turut memberikan kata sambutan dalam acara ini, “Kegiatan kami ke sini sesuai prosedur resmi, dari IPA diarahkan ke Fakultas Teknik, dari IPS menuju Fakultas Ekonomi, dan dari bahasa berkunjung ke Fakultas Ilmu Budaya. Mudah-mudahan dari kegiatan ini anak-anak kami mendapatkan motivasi dan inspirasi untuk menatapkan pilihan jurusan karena jika kita memilih sesuai dengan minat,” tutur salah seorang guru tersebut.

Acara ini dilanjutkan dengan sharing session yang dipandu langsung oleh Rizki Junando Sandi, mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2019. Dalam sharing session ini Nando memperkenalkan beberapa organisasi yang ada di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, seperti Mapastra, Teater Cermin (teater berbasis bahasa Inggris), Teater Langkah (teater berbasis bahasa Indonesia), dan lain-lain. Selain itu, ia turut menyinggung program pertukaran credit earning dan juga program fast track yang ada di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Setelah sharing session ini para siswa terlihat menunjukkan ketertarikannya kepada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas yang terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh siswa SMAN 2 Bukittinggi.

Reporter: Fithryah Amirah Karini