""

FIB Unand adakan Workshop Pendampingan Penulisan Ilmiah

13 Desember 2022

FIB – FIB Unand baru saja mengadakan agenda workshop pendampingan penulisan ilmiah di ruang seminar FIB. Agenda ini berlangsung dari tanggal 21 November 2022 sampai dengan 22 November 2022. Dalam agenda ini FIB Unand menghadirkan seorang narasumber yakni Assoc. Prof. Dr. Rafeah Legino dari Universiti Teknologi MARA Shah Alam Malaysia. Acara ini dihadiri langsung oleh para dosen FIB Unand.

Dalam agenda ini, para peserta diberikan arahan tentang cara menulis sebuah artikel di jurnal. Terdapat kurang lebih tiga belas peserta yang ikut menulis artikel jurnal dalam agenda ini. Para peserta tersebut berasal dari berbagai prodi yang ada di FIB Unand. Peserta-peserta yang terlibat tersebut diminta untuk menulis artikel ilmiah sesuai dengan bidang keahlian mereka serta sudah menyiapkan draft artikel sebelum kegiatan menulis di ruang seminar FIB tersebut berlangsung. Dalam proses menulis artikel ilmiah ini, para peserta didampingi langsung oleh narasumber. Mereka dibantu satu per satu ketika menghadapi kendala dalam menulis artikel ilmiah tersebut.

Dalam agenda ini, Prof. Rafeah Legino memaparkan beberapa tahap dalam menulis artikel ilmiah mulai dari penulisan nama judul hingga pada tahap kesimpulan. Ia menjelaskan bahwa penulisan judul artikel idealnya tidak melebihi dua baris dan tidak menggunakan huruf kapital secara penuh. Ia juga menyinggung perihal authorship dimana jumlah penulis dalam artikel jurnal maksimalnya berjumlah empat orang yang terdiri dari main penulis pertama, penulis kedua, penulis ketiga, dan penulis keempat. Dalam hal menuliskan abstrak, Prof. Rafeah Legino menekankan bahwa isi abstrak hendaknya mencakup beberapa hal seperti tujuan dari penelitian, metode yang digunakan dalam penelitian, hasil penelitian, kesimpulan yang dapat ditarik dari proyek penelitian tersebut, dan rekomendasi untuk penelitian berikutnya. Ia juga mengingatkan para peserta agar tidak menuliskan kata kunci abstrak lebih dari empat kata.

Lebih lanjut, Prof. Rafeah Legino menjelaskan bahwa menulis bagian pendahuluan artikel ilmiah cukup terdiri dari satu sampai dua paragraf saja yang mana merupakan pengembangan dari bagian abstrak. Selain itu, dalam hal menulis kajian pustaka, Prof. Rafeah Legino menjelaskan pentingnya untuk menjelaskan teori terlebih dahulu sebelum mengulas beberapa literatur. Ia menambahkan bahwa diperlukan enam sampai tujuh paragraf dalam menulis bagian kajian pustaka ini.

Para peserta yang telah selesai menulis artikel ilmiah diperkenankan untuk menggunggah file artikelnya ke Google Drive untuk nantinya direview oleh Prof. Rafeah Legino sebelum akhirnya dikirimkan dan dipublis oleh pihak jurnal target.

Reporter: Fithryah Amirah Karini