""

Mahasiswa Sastra Minangkabau Sukses Menyelenggarakan Seni Pertunjukan Tradisi Minangkabau

19 Desember 2022

Foto: Dok. pribadi (Yeny Dwi Lestari)

FIB—Kamis,  8 Desember 2022 Seni Pertunjukan Tradisi Minangkabau telah diselenggarakan Mahasiswa Sastra Minangkabau dengan tema "Bakucindan dalam Budaya Minangkabau" di Medan Nan Balinduang (MNB) FIB Unand.

Acara Seni Pertunjukan Tradisi Minangkabau dimulai pada pukul 19:30 WIB. Seni Pertunjukan Tradisi Minangkabau dibuka dengan penampilan tari. Acara ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Sastra Minangkabau Yerri Satria Putra, S.S., M.A., dosen, mahasiswa dari berbagai jurusan di lingkungan Universitas Andalas maupun umum. Acara ini, diselenggarakan tanpa pemungutan biaya.

Seni Pertunjukan Tradisi Minangkabau merupakan tugas akhir mata kuliah Seni Pertunjukan Minangkabau dan Randai angkatan 2020. Mata kuliah tersebut diampu oleh Dr. Drs. Khairil Anwar, M.Si. dan Dr. Satya Gayatri, M. Hum. “Kegiatan ini diharapkan menjadi softskill bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Seni Pertunjukan Minangkabau dan Randai. Harapannya, acara pada malam ini membekas dan menjadi keahlian dari mahasiswa-mahasiswa FIB,” tutur Dr. Drs. Khairil Anwar, M.Si. dalam sambutannya. Kegiatan ini telah dipersiapkan selama dua bulan oleh panitia pelaksana.

Ketua Jurusan Yerri Satria Putra, S.S., M.A. memberikan apresiasi dalam sambutannya kepada mahasiswa Sastra Minangkabau, panitia dan dosen pengampu yang telah mengadakan kegiatan Seni Pertunjukan Tradisi Minangkabau. Ia menyampaikan bahwa sebelum Covid-19 Mahasiswa Sastra Minangkabau sering mengadakan kegiatan seperti seni pertunjukan, tari, randai, dll. “Pada saat Covid kegiatan seperti ini sempat terhenti dan mudah-mudahan kegiatan yang mempertunjukan Seni Pertunjukan Minangkabau bisa kita laksanakan lagi” tutur ketua Program Studi Sastra Minangkabau.

Seni Pertunjukan Tradisi Minangkabau diisi oleh Mahasiswa Sastra Minangkabau, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkungan FIB Unand seperti Bengkel Seni dan Tari Minangkabau (BSTM), Teater Langkah, UKOS. Permainan tradisional anak nagari berupa tari dan penampilan randai dengan judul “Randai Kian Antah Kamari” dibawakan oleh Mahasiswa Sastra Minangkabau, Tari Piring ditampilkan oleh UKM BSTM. Penampilan teatrikal mengenai kekerasan seksual ditampilkan oleh UKM Teater Langkah, Tari Bagurau dibawakan mahasiswa Sastra Minangkabau angkatan 2021, penampilan oleh Mabes (Mahasiswa Belakang Sastra), dan penonton dibuat bernyanyi bersama dengan penampilan UKOS yang membawakan lagu Dewa 19 dengan judul Roman Picisan. Penampilan Seni Pertunjukan Tradisi Minangkabau ditutup dengan Penampilan Randai dengan bercerita “Abih Cakak Silek Takana.

Reporter: Yeny Dwi Lestari