""

Kegiatan Wisuda Periode V Fakultas Ilmu Budaya Tahun 2022

20 Desember 2022

(dokumentasi probadi : Ina Widya)

 

FIB – Wisuda periode V di Universitas Andalas dan Fakultas Ilmu Budaya berjalan lancar pada hari Sabtu, 5 November 2022. Kegiatan ini sudah dilakukan setiap tahun oleh Universitas Andalas dan dilakukan guna untuk meluluskan para Mahasiswa dan Mahasiswi yang sudah memenuhi kriteria lulus. Kegiatan wisuda Fakultas Ilmu Budaya ini dilakukan di Ruang Seminar FIB yang dihadiri oleh para Wisudawan dan Wisudawati, dan tentunya juga dihadiri oleh para orangtua, dosen, dan juga lainnya. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh hadirin, dan kemudian mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Ilmu budaya.

Pembukaan Acara Wisuda Tingkat Fakultas Ilmu Budaya Periode V Tahun 2022 dilakukan oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, yang kemudian dilakukan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Saudari Osfi. Setelah pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilakukan pembacaan nama-nama Wisudawan dan Wisudawati oleh Ketua Prodi, Pemindahan Jambul dilakukan oleh Dekan, dan Penyerahan Ijazah oleh Wakil Dekan I. Setelah melakukan beberapa kegiatan tersebut, dilakukan pembacaan nama-nama Wisudawan dan Wisudawati terbaik tingkat Fakultas Ilmu Budaya. Tahun ini Fakultas Ilmu Budaya dalam Wisuda V meluluskan wisudawan dan wisudawati dari masing-masing jurusan yang berasal dari jenjang S2 Linguistik 1 orang, S2 Kajian Sejarah 1 orang, S2 Susastra 2 orang, S2 Kajian Budaya 2 orang, dan dari jenjang S1 Sejarah 19 orang, S1 Sastra Indonesia 9 orang, S1 Sastra Inggris 19 orang, S1 Sastra Minangkabau 12 orang, dan terakhir S1 Sastra Jepang 13 orang.

 

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Surat keputusan tentang Bintang Aktivis Kampus dan Aktivis Kampus. Kemudian diserahkan penghargaan kepada nama-nama yang terpanggil oleh Dekan yang didampingi oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Acara disambung dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri, yang kemudian dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari Wisudawati yang disampaikan oleh saudari Indri Yanti Imelda, “ini adalah awal kita untuk memulai sebuah langkah yang sebenarnya, dalam dunia kerja, tentu kita dituntut untuk lebih inovatif lagi sebagai lulusan kaum muda”, ungkapnya dalam penyampaiannya btersebut (05/11/2022).  Setelah ini, dilakukan beberapa kata sambutan oleh Presiden Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, saudari Vera Yulina, kata sambutan oleh perwakilan dari orangtua Wisudawan dan Wisudawati, perwakilan alumni Universitas Andalas, dan sambutan oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Dalam kata sambutannya,  Dekan Fakultas Ilmu Budaya, yakni Bapak Prof. Dr. Herwandi, M.Hum menyampaikan bahwasanya dalam wisuda kali ini tentunya seluruh civitas akademika yang berada di dalam Fakultas Ilmu Budaya sedang berusaha sebaik baiknya demi mencetak generasi penerus yang berprestasi, dan selalu meningkatkan kualitas yang ada dengan cara menaikkan akreditasi, baik itu dari nasional maupun internasional. Mahasiswa yang telah lulus tentunya harus berbangga karena telah lulus dari fakultas kita yang tercinta ini, tegasnya (05/11/2022).

Sebelum acara diakhiri, dilakukan pembacaan do’a oleh saudara Irvan Endripalwi. Yang kemudian Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Ketua Departemen, dan Ketua Prodi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas dipersilahkan untuk meninggalkan ruangan. Kemudian acara ini ditutup oleh MC, saudari Hafizah “…demikianlah seluruh rangkaian Wisuda Tingkat Fakultas Ilmu Budaya Periode V Tahun 2022…” Hal ini merupakan tanda bahwa acara Wisuda Periode 5 Tingkat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Tahun 2022 telah mencapai akhir acara.

 

Reporter: Ina Widya