""

Wisuda Periode VI Tahun 2022 Tingkat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Sukses Diselenggarakan

18 Januari 2023

 

FIB – Wisuda tingkat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas periode VI tahun 2022 kembali diselenggarakan pada 14 Januari 2023 di ruang seminar FIB. Acara wisuda ini dihadiri langsung oleh para wisudawan/wisudawati beserta masing-masing orangtua, dekan dan jajarannya, para ketua prodi, alumni FIB Unand, dan tamu undangan lainnya.

Acara wisuda ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan disambung dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Dekan FIB Unand, Prof. Dr. Herwandi, M.Hum.

Adapun pembukaan Acara Wisuda Tingkat Fakultas Ilmu Budaya Periode VI Tahun 2022 ini dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Osfi Ulya Azzahra. Rangkaian acara selanjutnya berupa pembacaan nama-nama wisudawan/wisudawati FIB Unand oleh ketua prodi, pemindahan jambul oleh Dekan FIB, dan penyerahan ijazah oleh Wakil Dekan I FIB.

Tercatat terdapat sekitar 76 mahasiswa baik dari jenjang Strata 1 maupun Strata 2 yang lulus pada acara wisuda fakultas periode ini. Pada periode ini, Fakultas Ilmu Budaya meluluskan 10 wisudawan/wisudawati untuk jenjang Strata 2, di antaranya Magister Linguistik sebanyak 4 orang, Magister Kajian Sejarah sebanyak 2 orang, Magister Sastra sebanyak 4 orang. Selain itu terdapat 66 mahasiswa S1 yang lulus pada acara wisuda periode ini, di antaranya Prodi Sastra Inggris sebanyak 23 orang, Prodi Ilmu Sejarah sebanyak 5 orang, Prodi Sastra Indonesia sebanyak 6 orang, Prodi Sastra Minangkabau sebanyak 17 orang, dan Prodi Sastra Jepang sebanyak 15 orang.

Dalam Acara Wisuda Tingkat Fakultas Ilmu Budaya Periode VI Tahun 2022 ini, Sarah Jihan Pasya dari Prodi Sastra Jepang berhasil menjadi wisudawati S1 terbaik pada periode ini dengan skripsi berjudul “Analisis Majas Personifikasi pada Lirik Lagu dalam Album Gates of Heaven kaya Do As Infinity” serta meraih IPK 3,92. Adapun Sufi Anugrah, S.Hum., lulusan Magister Sastra menjadi wisudawati S2 terbaik pada periode ini dengan tesis berjudul “Peran Penampil dalam Sastra Lisan: Analisis Bentuk Pertunjukan Bagurau Saluang Dendang di Kecamatan Lima Kaum” serta memperoleh IPK 3,97. Dua wisudawati terbaik ini kemudian mendapatkan piagam penghargaan dari Dekan FIB Unand dan didampingi oleh Wakil Dekan I FIB Unand.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan tentang Bintang Aktivis Kampus dan Aktivis Kampus. Terdapat 3 mahasiswa yang menjadi Bintang Aktivis Kampus dan 4 mahasiswa yang menjadi Aktivis Kampus. Mereka juga turut memperoleh penghargaan oleh Dekan FIB Unand dan didampingi oleh Wakil Dekan III FIB Unand.

Pada acara wisuda ini, Sarah Jihan Pasya selaku wisudawati terbaik tingkat fakultas periode VI tahun 2022 berkesempatan untuk memberikan kata sambutannya, “Rekan-rekan wisudawan yang berbahagia, hari ini bukanlah akhir dari perjuangan kita. Hari ini bukanlah akhir dari mimpi kita, tapi hari ini adalah awal dari perjuangan lain yang telah menanti kita. Banyak hal yang harus kita garap untuk dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Banyak sekali permasalahan bangsa yang hari ini semakin menumpuk. Kita akan hadir dan menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Apapun profesi yang kita geluti nantinya, berikanlah sebesar-besarnya kontribusi terhadap profesi kita tersebut.” Kata sambutan juga turut diberikan oleh Presiden Negara Mahasiswa FIB Unand, perwakilan orangtua wisudawan, dan perwakilan ikatan alumni FIB.

Adapun Prof. Dr. Herwandi, M.Hum. selaku Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas turut berkesempatan memberikan kata sambutannya, “Saya ucapkan selamat kepada Bapak/Ibu semua dan pesan kepada ananda wisudawan hari ini, jangan takut untuk berhadapan dengan dunia ril di luar sana. Pesan dari alumni kita tadi bahwa banyak sebetulnya peluang yang bisa kita ambil yang sebetulnya berbekal dari kreativitas kita semua. Oleh sebab itu, ananda wisudawan harus kreatif untuk mengembangkan diri,harus kreatif untuk mencari peluang-peluang, dan harus kreatif untuk memanfaatkan peluang yang ada,” tutur Prof. Dr. Herwandi, M.Hum. pada sambutan Wisuda Periode VI FIB Tahun 2022.

Acara Wisuda Periode VI Tingkat FIB Unand Tahun 2022 ini ditutup dengan penyerahan wisudwan/wisudawati oleh Dekan kepada perwakilan alumni S. Metron, S.S. dan doa bersama yang dipandu oleh Muhammad Salim.

 

Dokumentasi lainnya:

Reporter: Fithryah Amirah Karini