Sabtu, 06 Oktober 2018 00:43

Film Aruna & Lidahnya Didiskusikan di FIB Unand Bersama Tim Produksi, Dian Sastro, dan Hana Al-Rasyid

Foto 1:  Tim Produksi, dan Pemeran Utama Film Aruna & Lidahnya, Dian Sastro dan Hana Al-Rasyid, dan pemeran pendamping, beramah-tamah ke Ruang Pimpinan FIB Unand

 

FIB -Berkat alumni Jurusan Sastra Inggris Unand, Elsa Rahmadani, S.Hum., penggiat Relair Cinema, yang telah mengontak tim promo film, dan kawan-kawan, serta UKMF Metasinema sebagai panitia acara, pada Jumat, 5 Oktober 2018, FIB Unand didatangi Tim Produksi Film Aruna & Lidahnya.

Aruna & Lidahnya adalah sebuah film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Laksmi Pamuntjak, yang menceritakan tentang imajinasi investigasi dan petualangan kuliner nusantara .Tak hanya kedatangan Tim Produksi, FIB Unand juga kedatangan pemainnya langsung seperti Dian Satrowardoyo dan Hana Al-Rasyid.

Dalam kesempatan kali ini, diskusi film dibuka untuk umum dan dilaksanakan di Ruang Seminar FIB Unand secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Acara berlangsung dengan tertib, santai dan menyenangkan.

Rangkaian kegiatan yang dimoderatori oleh Donny Eros, M.A., dosen Sastra Inggris FIB Unand, sekaligus pembina UKMF Metasinema,, diawali dengan sesi pengenalan tim produksi yang kali ini datang secara lengkap, seperti produser, sutradara, DOP, dan para pemain film Aruna & Lidahnya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembahasan film.

"Tak seperti film film sebelumnya yang menceritakan tentang permasalahan remaja, kali ini saya mengangkat cerita yang lebih dewasa, yaitu seorang perempuan yang berusia 30-an dan tentang kuliner nusantara" ujar Meiske Taurusia selaku produser film Aruna & Lidahnya.

Foto 2: Acara Diskusi Film Aruna & Lidahnya sedang berlangsung.

Rangkaian diskusi dilanjutkan kepada pemeran utama, Dian Sastro, yang menceritakan karakter yang ia perankan sebagai seorang perempuan bernama Aruna yang suka makan. Kalau ditanya maunya nikah apa makan, dia akan memilih makan. Kemudian, kisah selanjutnya adalah aktivitasnya dengan tiga sahabatnya menelusuri permasalahan kuliner di nusantara dari Aceh hingga Lombok.

Selain Dian Sastro, pemain lain yang berkesempatan hadir adalah Hana Al-Rasyid, pemeran Nad sahabat Aruna. "Kali ini gue dapat peran yang keluar dari zona nyaman gue yang biasanya make (pakai) sendal jepit. Di film ini gue pake hels,yang biasanya nggak pake make up. Di film ini gue pake make up dan biasanya gue dapat peran yang aneh-aneh kayak dikejar setan,kerbau lah. Tapi di film ini gue jadi cewek yang bener jadi seorang wanita karir," ungkap Hana yang sebelumnya bermain di film Buffalo Boys.

Kemudian, sesi berikutnya dilanjutkan dengan tanya jawab. Karena keterbatasan waktu, sesi ini hanya memberi kesempatan untuk tiga penanya saja. Namun, ada kejadian lucu sebelum penanya bertanya, Dian Sastro menceritakan kalau sebelumnya kru film sudah keliling ke beberapa wilayah dan pertanyaannya selalu itu-itu saja Dia merasa bosan dan meminta pertanyaan yang lain. "Jadi sebelum ada yang nanya berat badan gue, gue mau ngasih tau kalau berat badan gue naik kurang lebih 10 kg, dan begitu juga kru film. Tapi sekarang berat badan gue udah normal. "ujarnya dengan ekspresi bahagia menggunakan logat Jakarta.

Salah satu penanya bertanya bagaimana mengontrol emosi dalam bermain film yang biasanya sering di-cut oleh produser, "Jadi sebelum kita syuting, sebagai aktor harus bisa mendalami peran, harus fokus gimana kita mem-project karakter. Jadi kalau misal pas lagi syuting, emosi udah dapat, tapi misal di-cut karena ada masalah lighting atau apa, kita sebagai aktor harus fokus. Jadi nggak boleh ternganggu dengan hal-hal lain, dan juga tergantung dengan produsernya, ada produser yang ngasih naskah jauh-jauh hari sebelum syuting, dan ada juga produser yang ngasih naskah nya tepat sebelum syuting, "Jawab Dian Sastro selaku aktor yang telah membintangi banyak film.

Foto 3: Para mahasiswa penggemar pemeran film Aruna & Lidahnya yang berasal dari dalam dan luar FIB Unand berebut untuk berfoto bersama.

 

Di penghujung acara para peserta yang hadir berkesempatan berfoto bersama dengan Dian Sastro, Hana Al-Rasyid, dan Tim Produksi film Aruna & Lidahnya.

Reporter: Ummul Hafizhah, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 248 times